Aplikasi Slip Gaji ONline

Budaya remote working mulai populer kembali sejak pandemi COVID-19 merebak di seluruh dunia. Hal ini sengaja diterapkan perusahaan bertujuan untuk mengurangi korban infeksi COVID-19 di lingkungan kantor. Walau bekerja dari rumah masing-masing, semua proses administrasi pengelolaan karyawan harus berjalan seperti biasa dan lancar. Salah satu dari sekian banyak administrasi pengelolaan karyawan adalah penyusunan slip gaji. Kini, mengolah slip gaji pun lebih mudah dengan aplikasi slip gaji online, loh!\

Aplikasi Slip Gaji Online
Aplikasi Slip Gaji Online

Hambatan dalam Mengelola Slip Gaji

Perusahaan pada dasarnya tidak memiliki kewajiban untuk memberikan slip gaji kepada karyawan setiap bulannya. Namun, karyawan berhak untuk meminta slip gaji kepada HRD (Human Resource Department) jika memang diperlukan. Slip gaji memang tampak sederhana, tetapi kegunaannya sangat berharga. Slip gaji dapat digunakan sebagai dokumen pengajuan kredit, pengelolaan keuangan pribadi, dan dokumen pelengkap lamaran kerja.

Bagi HRD, menyusun slip gaji bukan perkara yang besar. Namun, dibutuhkan ketelitian ketika memindahkan data perhitungan komponen gaji ke dokumen baru. Mungkin tidak menjadi masalah ketika jumlah karyawan yang mengajukan slip gaji sedikit. Nah, bagaimana jika jumlah karyawan dalam perusahaan cukup banyak sehingga HRD harus mengolah slip gaji untuk beberapa karyawan sekaligus? Ini yang menjadi cukup merepotkan. HRD seringkali dibuat kewalahan akibat menumpuknya tugas administrasi yang terkenal memakan waktu lama. Akibatnya, justru pekerjaan lain malah terbengkalai.

Baca Juga: Baru Lulus Kuliah? Coba Melamar Program Management Trainee, Yuk!

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Aplikasi Slip Gaji Online?

Karena hambatan dan masalah dalam pengelolaan slip gaji, banyak perusahaan sudah beralih ke slip gaji online. Secara sederhana,  aplikasi slip gaji online adalah sebuah perangkat lunak yang dapat mengolah slip gaji dengan otomatis dan dapat diakses secara online. Akses online inilah yang menjadi pembeda software slip gaji dengan penyusunan slip gaji manual. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan lengkapnya!

Terintegrasi dengan Sistem Penggajian

Hal pertama yang menjadi keuntungan aplikasi slip gaji online adalah terintegrasi dengan sistem penggajian. Karena terintegrasi dengan sistem penggajian, HRD tidak perlu memindahkan data komponen gaji ke dokumen baru secara manual. Cukup klik satu tombol yaitu salary slip, maka slip gaji akan dibuat secara otomatis.

Hemat Waktu

Keuntungan selanjutnya adalah hemat waktu. Coba pikirkan berapa banyak waktu yang dihabiskan HRD untuk memindahkan komponen gaji dan perhitungannya serta mengecek kembali apakah perhitungan tersebut sudah benar atau tidak? Cukup memakan waktu, bukan? Padahal HRD mempunyai tugas yang cukup banyak. Penggunaan aplikasi slip gaji pada akhirnya akan menghemat waktu dan membuat HRD dapat mengerjakan pekerjaan lain dengan tingkat urgensi tinggi.

Fleksibel

Fleksibilitas adalah hal yang sangat dibutuhkan dalam kerja remote. Dengan fleksibilitas, karyawan bisa mengakses suatu hal dimana saja dan kapan saja. Aplikasi slip gaji online dapat digunakan di luar kantor. Sehingga HRD dapat memenuhi permintaan karyawan untuk menyusun slip gaji saat bekerja di rumah. Kemudian, slip gaji yang sudah jadi tinggal dikirim melalui email.

Akurat

Karena terintegrasi langsung dengan sistem penggajian, maka keakuratan data yang tersaji dalam slip gaji dari software slip gaji online pun tak perlu diragukan. Sebab, penyusunannya langsung secara otomatis tanpa campur tangan pemindahan komponen manual yang berisiko terjadinya kesalahan dalam  hitungan atau perpindahan data.

Agar pengelolaan karyawan Anda semakin optimal, LinovHR menyediakan aplikasi slip gaji online dengan tampilan antar muka yang mudah dipahami. Dengan begitu, HRD tidak butuh waktu lama untuk membiasakan diri dengan sistem. Itulah penjelasan singkat mengenai manfaat dari aplikasi slip gaji online. Semoga dapat membantu Anda dalam menambah wawasan seputar pengelolaan karyawan.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here