Kisah Inspirasi Vina Muliana dari Kuliah Salah Jurusan Menjadi Jurnalis Hingga Masuk Forbes

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Kuliah salah jurusan bisa menjadi kunci sukses seperti yang dialami oleh Vina Muliana. Kisah inspirasi Vina Muliana ini bisa dijadikan motivasi diri bagi kalian yang sudah terlanjur mengambil kuliah tapi salah jurusan. Nah, siapa sih ga ga kenal Vina Muliana? Dia seorang konten kreator yang juga memiliki pekerjaan sebagai pegawai di Mining Industry Indonesia yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik negara yang bergerak di bidang pertambangan.

Ternyata menjadi seorang pegawai sekaligus konten kreator itu tidak membuat semangat seorang Vina Muliana untuk selalu positif menghadapi hidup dan bertangung jawab terhadap pekerjaan yang digelutinya sekarang ini. Dia sudah sangat terkenal dengan follower instagramnya sebanyak 1 Juta pengikut dan juga media sosial Tiktok dnegan 7.9 Juta pengikut yang kebanyakan followernya merupakan generasi muda.

Nah, perjalanan panjang yang sudah dilalui oleh seorang Vina Muliana memang tidaklah mudah, salah satunya yaitu ketika menjalani kuliah yang menurutnya tidak sesuai dengan keinginannya atau lebih kenal dengan istilah kuliah salah jurusan. Semua cerita itu dibahas melalui kanal youtube Arsjad Rasjid yang mendapatkan kesempatan ngobrol dengan Vina Muliana. Video podcast dengan tema “Ngobrolin Karir, TikTok, dan Tips Mencari Kerja” itu banyak memberikan inspirasi terutama mengenai perjalanan hidup Vina Muliana.

Kuliah Salah Jurusan hingga menjadi jurnalis
Kuliah Salah Jurusan

Kuliah Salah Jurusan? Jalani Saja!

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Vina Muliani mengakui bahwa ketika mengenyam pendidikan kuliah dia merasa salah jurusan. Dia mengambil jurusan pertanian tapi saat ini pekerjaan utamanya adalah menjadi jurnalis. Lalu kenapa pada saat itu dia memilih jurusan pertanian?

Memang sudah tidak bisa dipungkiri bahwa pemilihan jurusan kuliah ketika masa sekolah menengah atas menjadi suatu hal yang gampang-gampang susah. Pasalnya sebagian besar dari siswa SMA memang belum bisa mengenal potensi diri yang ada di dalam diri sendiri baik yang belum dikembangkan maupun yang sudah dilatih untuk bisa berkembang.

Dia mengakui bahwa ketika masa SMA dia sangat senang dengan pelajaran biologi. Oleh karena itu dia mengambil jurusan Agroteknologi yang memiliki konsentrasi mempelajari bidang teknologi dan budidaya pertanian. Setelah beberapa saat dia menyadari bahwa salah pilih jurusan kuliah, akan tetapi nasi sudah menjadi bubur daripada mengulang kuliah dari nol lagi lebih baik dia menyelesaikan kuliah di jurusan agroteknologi itu sampai selesai.

Tersesat di Jalan yang Benar

Bisa kita bayangkan ketika menjalani kuliah yang semua mata kuliahnya membosankan atau malah tidak kita sukai. Pasti akan menjadi sesuatu hal yang membuat malas untuk berangkat kuliah. Akan tetapi berbeda dengan Vina Muliani, dia melanjutkan belajar pertanian hingga mencari passion yang sekiranya menjadi hobby baginya.

Ternyata selama menjalani kuliah dia menemukan passion di bidang baru yang tidak ada hubungannya dengan pertanian. Dia menyukai ilmu komunikasi dan sumber daya manusia. Dia merasakan hal ini ketika berkomunikasi dengan banyak roang dan memiliki berbagai sifat maupun karakter.

Lama kelamaan kemampuan berkomunikasi dan publik speakingnya meningkat, sampai akhirnya dia mendirikan pers mahasiswa di kampusnya. Selain itu dia juga sering mengisi kegiatan dengan hobinya yaitu fotografi. Di samping itu dia juga terus belajar di passion barunya yaitu media dan komunikasi sembari menyelesaikan kuliahnya di jurusan pertanian.

Akhirnya setelah selesai kuliah dia memiliki perkerjaan pertamanya sebagai jurnalis. Tak hanya itu dia juga mengikuti ajang Abang None Jakarta tahun 2014. Dan tak disangka dia bisa memenangkan ajang itu dan mendapatkan biaya untuk melanjutkan S2 nya di bidang komunikasi. Kali ini program magisternya mengambil jurusan yang sesuai passion yaitu komunikasi.

Mungkin ada istilah yang cocok untuk menggambarkan pengalaman Vina Muliani yaitu “Tersesat di Jalan yang Benar”. Meskipun dia merasa tersesat di jurusan pertanian saat kuliah hingga mencari jati diri yang berpotensi untuk dikembangkan saat perjalanan hidupnya dan akhirnya beralih bdiang menjadi bidang komunikasi yang bisa dibilang sukses.

Inspirasi dari Perjalanan Hidup Vina Muliana

Apa yang bisa kita ambil dari pengalaman Vina Muliana? Dia mengatakan bahwa “Finding purpose is a journey.” Jadi apa yang kita inginkan di kemudian hari itu harus dijalani meskipun jalan yang dilalui sangat berbeda. Vina menjadi sosok yang selalu ingin mencoba hal baru hingga menemukan passionnya di bidang komunikasi.

Pentingnya mencari minat ketika saat kuliah merupakan hal yang harus diperhatikan bagi semua generasi muda yang ada di Indonesia. Karena keahliannya di bidang komunikasi, dia memanfaatkan channel media sosial untuk membagikan perjalanan hidupnya kepada pengikutnya. Dia mulai membuat akun tiktok untuk membagikan pengalamannya di dunia kerja maupun bidang komunikasi.

Follower yang mulai bertambah menjadikan semangat untuk membuat konten lain yang berhubungan dengan dunia kerja maupun komunikasi. Sampai akhirnya forbes memasukkan namanya di nominasi Forbes 30 Under 30 Asia 2022.Sampai saat ini follower tiktoknya mencapai hanpir 8 juta dengan konsistensinya membuat konten.

Apa yang bisa kita petik dari perjalanan hidupnya? Ketika menjalani hidup, kita harus terus menggali potensi diri yang bisa dikembangkan setiap hari. Kombinasi antara hobi dan passion menjadi salah satu senjata bagi kalian yang ingin mengenali diri sendiri dan terus mencoba sesuatu hal yang baru.

Dengan selalu mencoba hal baru dan dapat mengembangkan kemampuan diri adalah sebuah modal agar kita bisa tetap konsisten dalam menjalani hidup meskipun kadangkala tidak yang sesuai kita harapkan. Mari selalu mencoba untuk optimis terhadap segala hal dan selalu semangat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Semoga kisah inspiratif ini bisa bermanfaat dan silakan bagikan kepada teman, ekrabat, sahabat, dan keluarga. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya.

5/5 - (4 votes)

1 thought on “Kisah Inspirasi Vina Muliana dari Kuliah Salah Jurusan Menjadi Jurnalis Hingga Masuk Forbes”

Leave a Comment