Mengenal Kubah Galvalum dan Enamel untuk Masjid

0
148

Salah satu komponen arsitektur yang sudah ada sejak jaman dahulu adalah kubah. Kubah merupakan komponen arsitektur yang memiliki bentuk setengah bola dan diberi banyak ornamen untuk estetika visualnya. Kebanyakan kubah digunakan pada bangunan masjid yaitu berbahan kubah galvalum dan enamel. Kubah masjid ini adalah komponen utama dan akan menjadi ciri khas dari bangunan masjid itu sendiri.

Pada Masjid, kubah merupakan komponen arsitektur yang paling utama, Kubah masjid biasanya memiliki kontruksi yang kuat dan diharapkan bisa bertahan lebihd ari 20 tahun. Saat ini sudah banyak kubah masjid yang menjadi icon dan sudah terkenal di mata masyarakat.

Dari berbagai macam bentuk kubah masjid, ada beberapa jenis bahan yang digunakan untuk kontruksi kubah masjid. Sebelum mengenal baja ringan, kubah masjid dibuat oleh cor beton, hal ini menjadikan biaya kontruksi menjadi lebih tinggi, dan memerlukan waktu yang tidak sebentar. Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, kubah masjid bisa dibuat dari bahan baja ringan.

Kubah Galvalum dan Kubah Enamel untuk Masjid
Kubah Galvalum dan Kubah Enamel untuk Masjid

Kubah Masjid Galvalum dan Enamel

Bericara mengenai bahan kubah masjid, yang paling banyak digunakan adalah kubah galvalum dan kubah enamel. Dari 2 jenis bahan tersebut merupakan bagian dari bahan baja ringan yang saat ini lebih banyak digunakan dalam kontruksi kubah Masjid. Selain itu,apa saja kelebihan dari masing masing bahan tersebut? mari kita bahas lebih lengkap berikut ini.

Kubah Galvalum

Kubah galvalum untuk masjid biasanya menggunakan panel atau kubah kotak, dan bagian atasnya terbuat dari galvalum. Sedangkan galvalum merupakan kombinasi seng dan aluminium, dengan komposisi dan proses tertentu. Umumnya, 45% seng dan 55% aluminium digunakan. Beberapa keunggulan dari kubah masjid galvalum adalah sebagai berikut:

Tahan Terhadap Suhu Panas

Kubah masjid galvalum bisa tahan terhadap suhu panas karena bahan Galvalum sangat kuat terhadap cuaca dan bisa memantulkan energi panas dari matahari, bahan galvalum dapat menahan panas sampai dengan temperatur 300°C tanpa terjadi perubahan kontur dan tampilannya. Dengan begitu suhu di dalam masjid akan lebih sejuk.

Anti Karat dan Tahan Terhadap Korosi

Karena bahan galvalum merupakan bahan yang sudah terbukti anti korosi dan tahan terhadap asam. Ini adalah salah satu alasan mengapa banyak masjid yang memilih bahan galvalum. karena bahan galvalum sendiri anti karat sehingga bisa digunakan dlaam jangka waktu yang lebih lama.

Memiliki Daya Rekat yang Baik

Kubah masjid berbahan galvalum juga tidak mudah mengelupaskan cat, karena memiliki daya rekat yang baik. Selain itu, kubah masjid galvalum juga sangat cocok terhadap iklim tropis. Sehingga lebih aman digunakan ektika musim hujan maupun musim kemarau.

Kubah Masjid Galvalum
Kubah Masjid Galvalum

Kubah Enamel

Selain bahan kubah masjid galvalum, ada juga bahan kubah masjid dari enamel. Bahan ini hampir mirip dengan bahan galvalum. Dari segi visual, kubah enamel terlihat lebih estetik. Spesifikasi bahan enamel adalah sebagai berikut:

  • Panel ini memilikibahan plat baja SPCC dengan tebal 0.99 – 1 mm.
  • Finishing pelapisan teflon.
  • Waterproofing membran bakar.
  • Plafon menggunakan Kalsiboard 3 mm.

Lalu, apa saja kelebihan bahan kubah masjid enamel sehingga menjadi alasan agar Anda memilih bahan enamel untuk kontruksi kubah masjid? Berikut ini kelebihan kubah masjid bahan enamel:

Terlihat Lebih Estetik

Penampilan visual dari luar adalah faktor penting keindahan masjid dari sisi seni. Dengan menggunakan bahan kubah masjid enamel, tampilan masjid menjadi lebih estetikd an sedap dipandang mata.

Tahan Terhadap Panas

Suhu udara di negara Indonesia memiliki rata-rata 29°C. termasuk suhu hangat jika berada di garis khatulistiwa. Untuk mengatasi suhu panas, maka kubah enamel sangat cocok digunakan untuk masjid, karena tahan terhadap suhu panas dan bisa menyerap panas lebih baik.

Kubah Masjid Enamel
Kubah Masjid Enamel

Kontraktor Kubah Masjid Galvalum dan Enamel

Jika Anda membutuhkan kontraktor kubah masjid galvalum dan enamel tidak perlu khawatir. Saat ini PT. Anugerah Kubah Indonesia menyediakan produksi dan penyelesaian proyek kubah masjid dengan harga terjangkau. jangkauan area pemasangan adalah seluruh kota di Indonesia karena sudah memiliki jam terbang yang sangat baik.

Berbagai portofolio menarik bisa dilihat langsung di website official PT. Anugerah Kubah Indonesia. Anda bisa melihat beberapa conoth dan bisa berkonsultasi langsung dengan customer service untuk mendapatkan solusi masalah desain kontruksi dan bahan kubah masjid. Lalu, berapa harga kubah masjid galvalum dan enamel? Semua tergantung desain dan ukuran, karena setiap masjid memiliki desain dan anggaran yang berbeda-beda.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan bahan yang sesuai dengan kondisi cuaca, pilihan kubah masjid galvalum dan enamel sangat direkomendasikan. Selain memiliki berbagai kelebihan, kubah masjid galvalum ini juga memiliki harga yang terjangkau. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

5/5 - (1 vote)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here