Yuk Jualan Online dan Ketahui Cara Menarik Pembeli eCommerce dengan Mudah

4
63

Yuk jualan online dengan strategi dan cara menarik pembeli eCommerce dengan mudah. Emang bisa? Nah kali ini saya akan membahas bagaimana strategi menarik pembeli di eCommerce agar bisa closing di toko online yang kita miliki. Ada berbagai cara jualan online yang bisa kalian lakukan jika ingin mengembangkan bisnis di jaman teknologi yang semakin canggih ini.

Perkembangan platform eCommerce yang cepat berkembang menjadikan sebuah solusi bagi para pelaku bisnis UMKM untuk menawarkan produknya secara online. Cara paling efektif promosi di media online adalah melalui eCommerce karena mereka menyediakan berbagai fitur yang sangat memudahkan seller dalam menawarkan produknya kepada pelanggannya masing-masing.

Perkembangan bisnis UMKM sejak terjadinya pandemi di Indonesia memang sedikit terhambat. Salah satu cara yang paling banyak dilakukan untuk memperbaiki ekonomi sebuah bisnis adalah jualan online melalui eCommerce atau lebih sering disebut marketplace. Cara julan online pun semakin mudah dengan hadirnya website pihak ketiga yang memfasilitasi baik dalam segi display produk, transaksi, maupun garansi.

Salah satu yang paling mudah dilakukan adalah jualan di Lazada yang merupakan eCommerce yang sudah memiliki reputasi baik di Indonesia, karena banyak juga teman saya yang sudah lebih dulu jualan di Lazada dan mereka sudah berhasil mengembangkan bisnisnya hanya melalui Lazada.

Tak hanya dari sisi penjual, bagi para buyer juga saat ini berbelanja online akan semakin praktis dan efisien secara waktu tak akan terbuang dan juga kita tidak perlu berkunjung ke toko fisiknya.

Oleh karena itu, bagi kalian yang masih berjualan dengan cara konvensional sudah saatnya beralih ke media promosi online. Yuk jualan online dengan strategi pemasaran unik dan kalian akan merasakan perkembangan bisnis secara bertahap. Di sisi lain ada banyak cara menggaet pembeli di eCommerce dengan beberapa tips yang harus dilakukan.

Yuk Jualan Online di lazada
Yuk Jualan Online!

Cara Menarik Pembeli eCommerce dengan Mudah

Ada banyak cara jualan online yang bisa dilakukan salah satunya cara memikat pelanggan agar tertarik dengan prdouk yang kita jual. Sudah saatnya kita mengacu kepada pengalaman seller lain yang sudah malang melintang di dunia jualan online.

Berikut ini ada beberapa tips dan cara menarik pembeli di eCommerce dengan mudah dan bisa kalian lakukan meskipun pendatang baru di dunia jualan online.

Tonjolkan Nilai Jual Produk

Nilai jual produk merupakan faktor utama yang mempengaruhi closing (sales). Nilai jual produk sering juga disebut dengan unique selling point (USP). Menentukan keunggulan produk yang dijual memang bukan perkara yang mudah, kalian harus jeli melihat sisi unik dari produk yang ditawarkan kepada calon pembeli.

Mulai mencoba untuk mengubah sudut pandang sebagai konsumen, dan analisis setiap kekurangan yang didapatkan ketika calon konsumen akan membeli produk kita. Tentukan faktor yang mempengaruhi gagal closing dan sebagainya.

Produk yang kalian jual harus lebih unggul dari produk yang dijual kompetitor toko online yang dimiliki. Dengan menentukan unique selling point seperti layanan, garansi,harga promo dan lain sebagainya.

Menganalisis Pasar atau Target Market

Saat menjajakan dan menjual produk secara online tentunya target pasar juga akan semakin meluas. Disinilah tantangan yang sebenarnya akan dihadapi oleh para seller eCommerce seperti di Lazada. Berjulan tak hanya berpikir mengenai laku atau tidaknya produk, akan tetapi memahami karakter calon pembeli juga harus selalu dipelajari.

Saat ini perilaku, demografi, ketertarikan (interest) menjadi faktor yang bisa kita analisis yang bersumber dari data. produk yang kalian jual lebih cocok untuk kalangan mana? disinilah kita harus melakukan analisis dengan baik.

Misalnya produk yang dijual adalah produk kecantikan, maka target pasar yang harus dituju adalah kalangan remaja, yang memiliki ketertarikan dalam dunia kosmetik, serta yang memiliki kebiasaan belanja online.

Menganalisis Kompetitor untuk Penentuan Harga Terbaik

Kompetitor merupakan acuan terbaik dalam menentukan harga sebuah produk. Selain itu dengan mengetahui harga yang dijual kompetitor, kita bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat dalam menentukan harga. Dalam berbisnis kita memiliki budget yang khusus dialokasikan untuk kepentingan branding. Oleh karena itu harga terbaik sangat mempengaruhi calon pembeli untuk bisa closing di toko online yang kita miliki.

Cara jualan online ini memang harus banyak memiliki strategi baik dalam branding maupun promosi yang akan dilakukan. Sebisa mungkin harga yang ditentukan lebih miring daripada kompetitor tanpa mengurangi kualitas dari produk yang dijual. Jika harga jual sudah tepat dan bahkan bisa lebih murah dari kompetitor, maka bukan tidak mungkin calon pembeli akan memilih toko online yang kita kelola di eCommerce.

Foto Produk yang Menarik

Dalam berjualan online, hal yang paling bisa dimaksimalkan adalah foto visual. Hal pertama yang akan dilihat oleh calon pembeli adalah foto produk yang bagus. Mulailah dengan hal kecil untuk mempercantik foto produk yang akan dipasang di display produk toko online kalian.

Foto produk yang baik itu harus didukung dengan sentuhan estetik yang akan membuat pembeli tertarik untuk membeli di toko online yang kalian kelola.

Untuk menghasilkan foto produk yang baik tidak perlu memiliki alat fotografi profesional. Saat ini smartphone sudah memiliki fitur kamera yang jernih dan memiliki resolusi tinggi. Kalian bisa memanfaatkan fitur tersebut dengan menambahkan sedikit pencahayaan yang baik saat sesi foto produk. Dijamin hasil foto produk akan bagus dan sesuai dengan harapan kalian. Dengan begitu calon pembeli akan tertarik membeli dan bahkan closing hingga repeat order yang rutin.

Siapkan Deskripsi Produk yang Unik

Deskripsi produk adalah bagian selanjutnya yang pasti akan dibaca oleh calon pembeli. Dengan memiliki unique selling point yang telah ditentukan sebelumnya, hal selanjutnya yang harus dilakukan adlah menyusun deskripsi menarik dan ide copywriting yang dapat menghipnotis para calon pembeli agar closing di toko online yang kita miliki.

Buatlah deskripsi produk dengan format poin atau nomor. Karena pada dasarnya calon pembeli akan lebih suka melihat deskripsi yang berurutan serta memiliki informasi lengkap. Dengan memiliki copywriting yang bagus maka bukan tidak mungkin calon pembeli akan langsung checkout dari toko online kita.

Jangan lupa juga untuk memberikan kalimat terkahir pamungkas sebagai ajakan untuk berbelanja di toko online seperti contoh di eCommerce Lazada. Kata-kata untuk menarik pelanggan online juga harus disisipkan pada copywriting yang telah kalian buat.

Memberikan Promo, Hadiah, dan Diskon

Promo merupakan salah satu cara menarik pembeli eCommerce dengan mudah dan bisa dilakukan oleh seller baru sekalipun. Promo produk bisa dilakukan dengan memberikan bonus maupun potongan harga dengan pembelian atau jumlah tertentu. Strategi branding seperti ini banyak dilakukan dengan tujuan memberikan pandangan murah terhadap calon pembeli.

Karena hal yang paling mempengaruhi closing adalah harga yang miring, apalagi di eCommerce saat ini banyak kompetitor yang menjual produk serupa dan memiliki harga jual yang lebih murah. Cobalah untuk memberikan promo untuk sebagian produk, hal ini bisa disiasati dengan cara subsidi silang dengan margin produk lainnya dalam sebuah toko online.

Selain itu kalian juga bisa memberikan bonus produk walaupun tidak diminta oleh seller, hal ini bisa membuat seller merasa memiliki keuntungan yang banyak jika berbelanja di toko online yang kalian miliki. Cara menarik pelanggan dengan hadiah seperti ini harus kalian coba dalam menjalankan bisnis di eCommerce.

Dekorasi Toko Online dengan Baik

Saat ini fitur di eCommerce menyediakan agar bisa mempercantik display produk atau toko online yang dimiliki. Masih berhubungan dengan visual, pembeli akan sangat tertarik jika dekorasi toko online yang dimiliki cocok di pandangan pertama. Cobalah untuk memberikan sentuhan desain grafis yang baik, agar etalase di toko online kalian akan terlihat lebih menarik.

Selain itu di Lazada menyediakan partner desain toko. jadi para seller jika tidak begitu paham dengan desain grafis, mereka akan meminta bantuan desainer grafis partner resmi dari Lazada untuk mempercantik dan mendekorasi toko online yang kalian miliki. Dalam hal ini, desain web banner menjadi salah satu produk yang paling laris yang disediakan oleh partner desain grafis official dari Lazada.

cara menarik pembeli eCommerce dengan mudah
cara menarik pembeli eCommerce dengan mudah

Yuk Jualan Online untuk Mengembangkan Bisnis

Setelah mengetahui beberapa tips dan cara menarik pembeli eCommerce dengan mudah, pasti kalian yang belum mencoba berjualan secara online akan tertarik. Yap, karena saat ini berjualan online sudah umum digunakan bagi para seller untuk menawarkan produknya ke seluruh pengguna internet. Hal ini akan semakin membuka peluang mendapatkan margin dan keuntungan berlipat dari produk yang kalian jual.

Apalagi saat ini tren jualan online meningkat tajam setelah pembatasan saat pandemi tahun 2020 ini. Dengan mengikuti tren teknologi yang berkembang, ini artinya wawasan yang kalian miliki akan sedikit lebih terbuka dan menerima teknologi yang diaplikasikan terhadap kegiatan niaga di Indonesia. Yuk jualan online agar bisnis yang dimiliki bisa berkembang mnengikuti tren masakini.

Lalu bagaimana caranya agar bisa berjualan online dengan mudah? Solusinya adalah melalui media sosial dan jual online di Lazada. Seperti yang kita ketahui, Lazada merupakan eCommerce yang sudah memiliki reputasi yang baik di Indonesia. Tak hanya itu, berbagai fitur menarik bisa kalian manfaatkan saat berjualan secara online di Lazada.

Jualan di Lazada
Jualan online di Lazada

Keuntungan Jualan Online di Lazada

Mengapa harus memilih Lazada sebagai platform eCommerce untuk berjualan online? Karena saat ini jualan online di Lazada akan memiliki berbagai keuntungan yang bisa dirasakan oleh seller. Berikut ini berbagai kuntungan yang bisa dirasakan ketika berjualan online di Lazada. Di antaranya adalah:

  • Registrasi sebagai penjual / seller sangat mudahdan gratis
  • 0% komisi
  • Tersedia berbagai fitur menarik untuk para seller
  • Menjangkau jutaan pelanggan
  • Tersedia lebih dari 30 pusat penyimpanan di Asia
  • Transaksi aman dan mudah
  • Pengiriman barang yang handal dan efisien
  • Tersedia berbagai promo yang gratis untuk diikuti
  • Dukungan untuk para penjual / seller baru (pendampingan seller)
  • Tersedia tools untuk mengoptimalkan penjualan
  • Seller centre yang mudah dipahami dan memiliki fitur lengkap
  • dan lain sebagainya

Dari banyaknya keuntungan dengan berjualan online di Lazada tentunya semakin mendukung kegiatan bisnis online yang akan kalian lakukan. Jangan khawatir untuk para penjual baru, selama masa awal registrasi akan ada banyak panduan yang bsia dipelajari untuk menjadi seller handal dan banyak mendapatkan keuntungan.

Cara Berjualan Online dan Menjadi Seller di Lazada

Nah, saatnya kalian mempersiapkan waktu luang untuk mendaftarkan sebagai penjual / seller di Lazada. Berikut ini adalah langkah dan cara yang harus dilalui jika kalian ingin berjualan online di Lazada atau cara menjadi seller di Lazada dengan mudah. Di antaranya adalah:

  1. Buka browser yang kalian miliki dan buka situs https://lazada.co.id
  2. Klik banner “menjadi seller” yang berada di homepage.
  3. Kemudian klik “Daftar Menjadi Penjual Sekarang”
  4. Kemudian isi form yang tersedia, isilah dengan lengkap dan benar. Jangan lupa untuk membaca perjanjian marketplace serta syarat dan ketentuannya.
  5. Setelah itu verifikasi dengan menggunakan nomor handphone asli yang dimiliki.
  6. Setelah proses verifikasi nomor handphone berhasil, kalian akan menuju dashboard seller center Lazada dan mulai berjualan secara online.

Pastikan seluruh langkah yang dilewati sudah benar dan data yang diisikan sudah lengkap. Karena hal ini akan mempermudah proses verifikasi yang dilakukan oleh sistem Lazada. Selain itu, kalian juga bisa mengunduh aplikasi seller center Lazada di Android dan jika belum melakukan registrasi, maka kalian harus mendaftar terlebih dahulu sesuai dengan langkah di atas. Yuk jualan online lebih mudah hanya di Lazada.

Cara jualan online di Lazada
Mudahnya menjadi seller Lazada

Kesimpulan

Tren belanja online yang berkembang pesat di era teknologi canggih ini bisa menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan bagi kalian yang ingin mencoba dengan berjualan online di Lazada. Dengan menggunakan fitur eCommerce di Lazada sekarang berjualan tak memerlukan tempat offline yang luas. Cukup dengan membuka browser dan para calon pembeli akan mengunjungi toko online kalian di Lazada.

Yuk julaan online untuk memaksimalkan bisnis yang kita rintis maupun bisnis yang sudah berjalan. tak harus bisnis baru sahja, bisnis yang sudah berjalan juga bisa diaplikasikan terhadap eCommerce seperti Lazada. Pangsa pasar dan target narket yang sangat luas di seluruh dunia akan memperbesar peluang keuntungan yang lebih lagi dibandingkan jualan offline secara konvensional. Secara tidak langsung faktor tersebut menjadi keunggulan jika bisnis dijalankan secara online melalui platform eCommerce.

Selain itu, cara memikat pelanggan online yang telah dibahas pada artikel ini bisa kalian praktekkan sedikit demi sedikit untuk menjadi seller yang profesional di Lazada. Yuk jualan online agar bisnis yang kita miliki semakin berkembang dan mengikuti teknologi canggih dalam kefisienan dan keefektifan berjualan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

5/5 - (15 votes)

4 COMMENTS

  1. bener banget mas Aldhi, nentuin unique selling point ini susah gampang. Kadang sebelum buka toko online, aku udah mikir duluan “kira kira point unik produkku dimana”, soalnya yang jualan barang serupa juga banyak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here