Peraturan Sepakbola Internasional yang Harus Diketahui

0
71

Peraturan sepak bola sangatlah jelas dan harus diketahui terutama oleh para pemain. Permainan ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Secara umum terdapat belasan aturan penting dalam sepak bola.

Peraturan Sepak Bola yang Paling Penting

Ada banyak aturan dalam olahraga sepak bola. Peraturan ini mencakup banyak hal mulai dari tempat bermain, para pemain, bahkan hingga wasitnya. Beberapa aturan sepak bola paling penting yaitu:

Peraturan sepakbola internasional
Peraturan sepakbola internasional

Lapangan Sepak Bola

Ukuran dari lapangan sepakbola sangatlah penting. Panjang lapangan biasanya 100-110 m untuk pertandingan berskala internasional. Sedangkan pertandingan biasa panjangnya bisa 90 – 120 meter. Lebar lapangan untuk pertandingan internasional: 64-75 m dan untuk pertandingan biasa 45-90 meter. Selain itu, ukuran gawang, jari-jari lingkaran, kotak penalti dan lain sebagainya juga diatur secara rinci.

Bola

Dalam pertandingan sepak bola, jenis bola yang digunakan juga memiliki spesifikasi yang jelas. Tentu tidak bisa jika pertandingan sepak bola menggunakan bola yang memiliki ukuran lingkar keliling tidak sesuai standar. Bola pun harus memiliki standar yang telah disetujui oleh FIFA

Jumlah Pemain

Jumlah pemain sepak bola untuk masing-masing tim adalah 11 orang. Salah satu pemain akan bertugas sebagai penjaga gawang atau kiper. Dengan jumlah pemain cadangan yang memiliki kuota yang berbeda-beda setiap turnamen atau kejuaraan.

Perlengkapan Pemain

Setiap pemain sebaiknya menggunakan pakaian yang telah ditentukan. Hindari memakai aksesoris yang bisa mengganggu permainan karena dapat menganggu jalannya pertandingan dan membahayakan pemain lain.

Peraturan untuk Wasit

Dalam sepakbola, nantinya akan ada wasit yang memimpin dan memiliki wewenang menegakkan peraturan. Selain itu, ada juga asisten wasit atau hakim garis berjumlah 2 orang untuk memeriksa Apakah bola keluar atau terjadi pelanggaran.

Lama Pertandingan

Durasi pertandingan babak pertama yaitu 45 menit dan 15 menit untuk istirahat. Biasanya ada waktu tambahan tergantung hasil pertandingan di babak pertama. Ada juga sistem silver goal dan golden goal dalam kejuaraan untuk menentukan pemenang dari salah satu tim yang bertanding. Selain itu ada yang bertugas update papan skor untuk mengetahui livescore hari ini.

Peraturan Tentang Bola

Bola dalam permainan memiliki aturan yang sangat ketat. Wasit akan melihat Apakah bola dianggap masuk atau keluar berdasarkan aturan yang ada. Dalam hal ini wasit dibantu oleh asisten wasit yang bertugas menjaga line dan memperhatikan bola.

Peraturan Score

Tim bisa mendapatkan 1 skor jika bola masuk ke gawang melewati garis gawang melalui dua mistar gawang. Namun jika terjadi pelanggaran, tentu tim tidak akan mendapatkan skor.

Peraturan Tentang Offside

Offside artinya pelanggaran yang dilakukan pemain karena posisinya lebih dekat dengan garis gawang di area lawan daripada bola. Offside juga digunakan sebagai strategi dalam bertahan oleh pemain dalam pertandingan.

Pelanggaran Sepak Bola

Dalam peraturan sepak bola, ada banyak hal yang bisa menjadi pelanggaran. Pemain yang melanggar, nantinya akan dikenakan sanksi berupa teguran atau bahkan diberi kartu kuning hingga merah, tergantung tingkat pelanggaran yang dilakukan.

Tendangan Bebas

Tendangan bebas menjadi konsekuensi apabila pemain melakukan pelanggaran berat. Ada dua jenis tendangan yaitu tendangan bebas langsung dan tidak langsung. Dalam tendangan bebas juga memerlukan strategi bertahan yaitu dengan pagar hidup, agar bola yang ditendang tidak berbuah goal.

Tendangan Penalti

Tendangan penalti dilakukan jika lawan melakukan pelanggaran di dalam kotak penaltinya. Dalam kejadian penalti, maka pemain harus menendang dari titik 12 meter dari gawang, dan kiper harus bergerak ketika bola ditendang.

Lemparan ke Dalam

Lemparan bola dilakukan oleh tim yang tidak melakukan tendangan yang menyebabkan bola keluar.

Tendangan Gawang

Tendangan gawang akan dilakukan jika bola tim yang menyerang keluar melampaui garis batas sejajar dengan gawang dan bisa dilakukan oleh kiper maupun pemain non kiper.

Tendangan Sudut

Peraturan sepak bola selanjutnya yaitu tendangan sudut yang dilakukan ketika tim bertahan yang menyebabkan bola keluar garis batas yang sejajar dengan gawang.

Pemain sepak bola tentu harus memahami tentang peraturan sepak bola ini. Peraturan dibuat agar permainan bisa berjalan dengan kondusif dan menjadi pertandingan yang berkualitas. Apalagi di pertandingan besar dan sangat krusial dalam hal penentuan skor. Semoga informasi ini menambah pengetahuan Anda tentang peraturan sepak bola baik itu pertandingan nasional maupun internasional.

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here