Manfaat Vitamin D untuk Ibu Hamil

0
80

Ada banyak manfaat vitamin D bagi setiap orang, terutama untuk ibu yang sedang hamil. Vitamin D bisa didapatkan baik dari makanan, suplemen ataupun aktivitas sehari-hari. Nah, apakah Anda sudah tahu berapa kebutuhan vitamin D harian ibu hamil? Simak juga beberapa makanan sumber vitamin D lewat penjelasan di bawah ini.

Mengenal Manfaat Vitamin D untuk Ibu Hamil

Ibu yang tengah mengandung membutuhkan nutrisi tambahan yang lebih banyak dibanding mereka yang tidak hamil. Tak lain untuk mendukung pertumbuhan janin yang sedang dikandungnya. Beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil, salah satunya adalah vitamin D, yang merupakan vitamin tulang untuk ibu hamil. Berikut manfaat vitamin D untuk ibu hamil selengkapnya!

Manfaat vitamin D
Manfaat vitamin D untuk ibu hamil

Berpengaruh pada Pertumbuhan Tulang dan Gigi Bayi yang Dikandung

Vitamin untuk kehamilan ini memiliki beragam manfaat untuk ibu hamil, salah satunya ialah mengatur kadar jumlah kalsium dan fosfat di tubuh. Seperti yang telah diketahui, keduanya menjadi mineral penting untuk janin guna membentuk jaringan tulang dan gigi.

Kekurangan vitamin untuk kehamilan ini tentu meningkatkan risiko penyakit rakitis pada janin. Rakitis adalah penyakit tulang melunak yang banyak terjadi pada anak-anak akibat kekurangan vitamin D. Agar terhindar dari ancaman penyakit tersebut, pastikan kebutuhan akan vitamin D bayi sejak dalam kandungan tercukupi.

Kurangi Risiko Preeklamsia

Preeklamsia menjadi masalah kesehatan pada ibu hamil yang cukup berisiko karena memicu tekanan darah tinggi. Selain hipertensi, masalah ini ditandai dengan peningkatan kadar protein dalam urin hingga pembengkakan di dalam tubuh yang disebabkan oleh penumpukan cairan.

Cegah preeklamsia dengan memastikan kecukupan vitamin D pada ibu hamil. Berdasar penelitian, preeklamsia juga banyak ditemukan pada ibu hamil yang kekurangan vitamin D.

Menghindarkan Bayi Lahir dengan Berat Badan Kurang

Berat badan bayi adalah salah satu faktor yang harus selalu dipantau. Bayi dengan berat badan terlampau besar akan mengalami kesulitan untuk dikeluarkan. Begitu pula dengan bayi yang memiliki berat badan terlalu rendah karena membuatnya rentan terkena hipotermia serta gangguan nafas.

Ibu Hamil Butuh Vitamin D? Penuhi dengan Makanan Berikut

Setelah mengetahui beberapa masalah yang dapat mengancam ibu hamil yang kekurangan vitamin D, pastikan asupannya tercukupi dengan beberapa makanan sumber vitamin D berikut ini:

  • Ikan berminyak dan minyak ikan. Keduanya merupakan sumber vitamin D yang cukup tinggi. Beberapa jenis ikan yang dapat Anda pilih antara lain ikan kod atau ikan salmon.
  • Jamur, merupakan alternatif makanan sumber vitamin D selain ikan. Jenis jamur yang mengandung cukup tinggi vitamin D antara lain jamur shiratake dan jamur portobello. Jamur shiratake kering mengandung 77 IU vitamin D pada setiap 50 gramnya. Sedangkan jamur portobello mengandung 568 IU vitamin D dalam setiap 50 gramnya.
  • Kuning telur, menjadi makanan sumber vitamin D berikutnya yang bisa ibu hamil konsumsi. Telur relatif mudah didapat serta memiliki harga terjangkau. Dalam satu porsi hidangan orak-arik telur yang memakai 2 telur ayam dalam ukuran besar mengandung 88 IU vitamin D. Selain lewat sumber makanan, vitamin D merupakan jenis vitamin yang diproduksi oleh tubuh saat tubuh terpapar sinar matahari. Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan untuk berjemur setiap pagi sebelum pukul 09.00 selama 10-15 menit.

Manfaat vitamin D bagi ibu hamil sangat penting karena dapat mencegah berbagai kelainan yang bisa menyerang janin. Penuhi kebutuhan harian sebanyak 600 IU vitamin D ibu hamil dengan mengkonsumsi sumber makanan di atas , konsumsi CDR, serta berjemur matahari pagi, jangan lupa periksa kehamilan secara rutin pada dokter.

5/5 - (1 vote)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here