Peranan kendaraan pribadi untuk menunjang kegiatan sehari-hari memang sangat penting, apalagi jika kalian merencanakan beli mobil bekas untuk dipakai dalam kegiatan harian bersama dengan keluarga. Jual beli mobil bekas menjadi salah satu pilihan bisnis yang sedang ngtrend di 2020 ini.

Dalam memilih mobil bekas, tentunya banyak faktor yang harus dipertimbangkan, salah satunya adalah masalah fungsional dan budget untuk membeli sebuah kendaraan roda empat. Mobil memang sangat berperan penting dalam menunjang pekerjaan maupun untuk sekedar jalan-jalan bersama keluarga.

Jual beli mobil yang banyak tersedia di layanan internet sebenarnya sudah memudahkan kalian dalam memilih dan mempertimbangkan saat ingin membeli sebuah mobil bekas. Dan dalam pelaksanaannya kalian harus selalu membaca berbagai referensi tentang dunia otomotif agar wawasan tentang bab kendaraan akan lebih terbuka.

Beli Mobil Bekas Aman dan Nyaman
Tips dan Trik Beli Mobil Bekas

Beli Mobil Bekas untuk Pemula

Jika kalian seorang yang baru dalam dunia mobil, ada baiknya sangat hati-hati untuk menentukan unit mana yang akan kalian beli, memilih mobil bekas untuk pemula dianjurkan tahu tata caranya terlebih dahulu. karena urusan otomotif itu sangat kompleks. Gak pengen kan, jika kalian membeli mobil tetapi mendapatkan unit yang harus banyak perbaikan.

Maka dari itu dalam kiat memilih mobil bekas ada beberapa hal yang harus diperhatikan, entah itu tentang mobil, perawatan, mesin, maupun orang yang menjual mobil bekas pada platform online.

Ada baiknya kita mengajak konsultasi seseorang yang memang sudah pakarnya di bidang otomotif, karena dengan begini, orang awam sekalipun tentang otomotif akan sekaligus belajar bagaimana seluk beluk dunia mobil pada umumnya dan jual beli mobil bekas khususnya.

Jual Beli Mobil
Memilih Mobil Bekas yang Baik

Tips dan Trik Beli Mobil Bekas

Tentunya akan sangat lengkap jika kalian mencari semua mobil dengan didahului dengan riset dan melihat berbagai macam pilihan mobil. Jual beli mobil yang ada di pasaran memang tidak instan, ada beberapa tahapan yang harus dilalui sampai akhirnya kalian menentukan untuk beli mobil bekas impian.

Cara membeli baik beli mobil kredit atau cash pun harus selalu diperhatikan kelebihan dan kekurangannya.Berikut ada beberapa tips dan trik beli mobil bekas sebagai bahan pertimbangan kalian:

1. Cek Penjual atau Showroom Mobil

Sebelum pergi untuk sekedar melihat atau membeli mobil bekas, ada baiknya kalian cek terlebih dahulu tentang penjual mobil tersebut. Memang tempat penjualan mobil bekas banyak sekali. Ada langsung dengan penjual tunggal, perantara/makelar, showroom mobil bekas, dan lain sebagainya.

Akan lebih baik dan lebih santai jika memilih mobil dilakukan dahulu secara online. Para penjual mobil yang menawarkan dagangannya secara online sudah banyak dilakukan karena memang teknologi internet semakin berkembang untuk saat ini. Jadi dari berbagai media promosi online juga harus sangat dipertimbangkan. Carilah yang terbaik dan memiliki kredibilitas yang baik juga.

Dan jika kalian membeli melalui penjual tunggal, sebaiknya tawar harga ke harga yang lebih pantas. Cara menawar mobil bekas bisa kalian lakukan dengan santai, atau bisa dengan bercanda bersama penjual. Ini akan menumbuhkan chemistry jual beli mobil yang sehat dalam dunia otomotif.

2. Cek Fisik / Eksterior Kendaraan

Membeli sebuah mobil tidak sama dengan membeli barang lainnya. Apalagi mobil bekas, kita harus cermat jika berencana untuk membeli mobil bekas. Yang paling utama adalah keadaan fisik kendaraan tersebut, amati setiap bagian mobil dan pastikan bahwa mobil tersebut masih mulus dan tidak pernah terjadi kecelakaan sebelumnya.

Bagian fisik mobil yang harus dicek diantaranya adalah: kondisi body, kaca, ban, velg, lampu-lampu, dan kaki-kaki. Semua harus berfungsi dengan baik, agar kalian tidak memiliki beberapa PR di kemudian hari.

3. Cek Bagian Dalam/ Interior Kendaraan

Interior mobil merupakan bagian yang juga sangat penting dalam dunia otomotif, dengan interior yang baik, maka kalian akan terasa aman dan nyaman ketika menggunakan mobil dalam berbagai aktivitas. Setelah cek fisik, kalian wajib melakukan cek interior / aksesoris mobil karena merupakan bagian penting juga yang ada dalam unit mobil.

Bagian yang harus di cek diantaranya adalah dashboard, jok, sound system, bagian setir, kulit-kulit, atap plafon, dan lantai. Semua harus berfungsi dan masih nyaman jika digunakan di kemudian hari.

4. Kondisi Mesin Mobil

Bagian yang sangat utama dalam sebuah unit mobil adalah kondisi mesin mobil. Dalam beli mobil bekas, bagian ini harus di cek lebih detail dan teliti. Karena mesin mobil adalah penggerak utama yang bisa membuat mobil berjalan.

Mesin yang baik adalah jika kalian mencoba starter akan masih terdengar halus. Semua performa mobil akan ketahuan jika kalian mencoba tes drive di jalan, ajaklah penjual untuk mencoba test drive, agar penjual dan pembeli bisa sama-sama tahu kondisi mobil yang sebenarnya. Kenali semua bagian seperti rem pakem, kaki-kaki harus kuat, setir enteng, gigi perseneling halus, dan lain sebagainya.

5. Riwayat Service Mobil saat Beli Mobil bekas

Kelengkapan service juga sangat mempengaruhi performa dan kondisi mobil bekas, palagi saat beli mobil bekas. Mintalah kepada pemilik mobil untuk menunjukkan catatan service yang sudah dilakukan, dan bengkel mana yang dipilih untuk service mobil.

Sebagai pertimbangan, sebaiknya pilih mobil yang selalu service rutin di bengkel resminya. Karena penanganan dan perawatan sesuai dengan standart bengkel pabrikannya sendiri. ibaratnya, mobil yang selalu rajin service pasti akan terawat dengan baik selama pemakaian dan untuk kedepannya.

6. Kelengkapan Surat Legal Kepemilikan

Ini hal pamungkas jika kalian merasa cocok dengan unit mobil yang telah dicek, selanjutnya kalian harus menanyakan kelengkapan surat legal kepemilikan. Diantaranya adalah STNK, BPKB, dan Faktur pembelian. Jika mobil berjenis built-up, maka harus ditanyakan Form A kepada pemiliknya.

Setelah dirasa lengkap, silakan cek nomor mesin dan nomor rangka dari mobil tersebut, apakah cocok dengan nomor yang tertera di STNK dan BPKB. Setelah itu cocokkan nama asli dari pemilik tersbut jika nantinya kalian akan memproses mutasi kepemilikan di samsat.

Jual Beli Mobil
Jual Beli Mobil Aman dan Nyaman

Transaksi Aman Jual Beli Mobil dengan Mudah

Nah, tips diatas bisa jadi referensi bagi kalian yang akan beli mobil sendiri. Mobil yang akan dipakai bersama kerluarga untuk traveling dan lainnya. Tapi di jaman yang serba mudah ini, bagi kalian yang ingin menjual mobil. Ada ga sih cara untuk membeli mobil dengan mudah dan aman? Pastinya ada dong, kalian harus coba Jual mobil hanya 30 menit di mobil88.

Jual mobil hanya 30 menit di mobil88

Cukup isi form pada halaman Jual mobil team mobil88 akan segera menghubungimu dalam waktu 30 menit. Untuk proses inspeksi cukup #DariRumahAja, team kami yang akan datang ke lokasi untuk melakukan inspeksi. Kenapa jual mobil ke mobil88? karena prosesnya mudah dan aman.

Proses Mudah dan Aman

Cukup isi form online tanpa harus datang ke lokasi mobil88 dan team mobil88 yang akan datang untuk melakukan inspeksi kendaraan

Harga Terbaik dan Fair

Team appraisal professional dari mobil88 akan melakukan inspeksi dan memberikan penawaran harga dengan nilai yang sesuai kondisi kendaraan kamu

Pembayaran Cepat

Setelah deal kamu akan segera menerima uang dalam bentuk transfer dalam waktu yang 1×24 jam.


Itulah salah satu tips dan trick beli mobil bekas yang aman dan nyaman. Selain itu jika kalian bertindak sebagai penjual, cara mudah dan aman diatas bisa dicoba jika kalian berkecimpung di dunia jual beli mobil. Selamat berburu mobil bekas, dan selamat bertransaksi. Sampai jumpa lagi di artikel otomotif lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here