Pertama Kali Liburan ke Luar Negeri? Simak Beberapa Tips Ini

0
84

Liburan selalu menjadi suatu momen yang seru dan menyenangkan. Kemanapun destinasinya, liburan selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu terutama jika anda liburan bersama keluarga ataupun teman-teman anda.

Liburan ke salah satu destinasi di luar negeri merupakan pilihan yang tepat untuk anda menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat. Banyak sekali destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di luar negeri. Jika anda memiliki persiapan budget yang lebih, artinya anda sudah siap untuk melakukan perjalanan ke luar negeri untuk liburan.

Namun, sebelum melakukan keberangkatan ke luar negeri, masih ada beberapa hal yang harus anda siapkan. Terutama jika ini merupakan pertama kalinya anda ke luar negeri untuk liburan. Pastinya, anda juga perlu mempersiapkan segala akomodasi liburan ke luar negeri. Anda bisa memesan segala akomodasi liburan ke luar negeri melalui aplikasi Traveloka, seperti tiket pesawat Traveloka, booking hotel di luar negeri, dan lain sebagainya.

Liburan ke luar negeri
Liburan ke luar negeri

Tips Liburan Ke Luar Negeri

Apabila ini merupakan pertama kalinya untuk anda liburan ke luar negeri, ada beberapa tips yang harus anda pahami dan bisa anda terapkan sebelum memutuskan untuk berangkat. Simak ulasannya berikut ini.

Persiapkan paspor dan seluruh dokumen penting

Hal pertama yang wajib untuk anda persiapkan sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri adalah membuat paspor. Untuk anda yang pertama kali melakukan perjalanan ke luar negeri, pastikan anda sudah membuat paspor dari jauh-jauh hari. Apabila anda sudah memiliki paspor sejak lama, pastikan paspor sedang aktif ketika anda akan melakukan perjalanan ke luar negeri.

Terlebih lagi jika anda akan liburan ke luar negeri yang mengharuskan anda menyertakan visa. Anda harus apply visa beberapa bulan sebelum keberangkatan. Pada intinya, pastikan paspor dan visa sudah siap untuk digunakan sebelum anda mempersiapkan akomodasi liburan lainnya.

Memesan tiket keberangkatan dari jauh-jauh hari

Sudah menjadi rahasia umum bahwa memesan tiket keberangkatan kemanapun jika dilakukan dari jauh-jauh hari anda bisa mendapatkan tiket yang jauh lebih murah. Terutama jika anda yang akan liburan ke luar negeri, yang mana tiketnya akan lebih menguras kantong dibandingkan tiket pesawat domestik.

Anda bisa memesan tiket pesawat beberapa bulan sebelum hari keberangkatan, apalagi jika anda melakukan liburan dengan konsep backpacker low budget. Anda bisa lebih menghemat dengan cara mendapatkan tiket yang paling murah.

Membuat itinerary wisata selama di luar negeri

Negara mana yang anda jadikan destinasi untuk berlibur? Setelah memutuskan destinasi liburan anda, anda perlu membuat itinerary wisata luar negeri anda. Itinerary adalah rincian rencana perjalanan selama nanti liburan di luar negeri. Anda juga bisa sekaligus membuat perkiraan pengeluaran yang berkaitan dengan seluruh rencana perjalanan liburan anda.

Dengan begini, perjalanan anda di luar negeri jadi lebih terencana dan anda tidak akan bingung ketika sudah berada disana.

Paham Bahasa Inggris sebagai alat berkomunikasi

Setelah menentukan negara mana yang anda jadikan sebagai destinasi liburan, anda perlu mengetahui bahasa apa yang umum digunakan di negara tersebut. Setiap negara memiliki bahasa nasionalnya tersendiri. Untuk lebih mempermudah berkomunikasi ketika anda sedang berada di luar negeri, anda bisa menggunakan Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang wajib dipahami oleh semua orang di negara manapun anda berada. Dengan memahami Bahasa Inggris setidaknya secara dasarnya saja, maka anda sudah bisa berkomunikasi ketika berada di luar negeri.

Sediakan uang tunai dengan mata uang sesuai negara tujuan

Liburan di luar negeri, tentunya anda harus memegang uang tunai dengan mata uang sesuai negara tujuan anda berlibur. Anda perlu menukar uang tunai ketika masih berada di Indonesia, karena jika sudah di luar negeri dikhawatirkan jika akan terasa sulit untuk mencari money changer atau tempat penukaran uang.

Jika anda akan liburan ke Amerika, anda bisa menukar rupiah dengan US dollar. Jika anda akan liburan ke Malaysia, anda bisa menukar rupiah dengan ringgit. Jika anda akan liburan ke Belanda, anda bisa menukar rupiah dengan euro.

Mengaktifkan nomor ponsel dan akses internet

Hal yang tak kalah penting adalah anda perlu memastikan nomor ponsel anda menggunakan sim card yang menerima layanan roaming di luar negeri. Dengan begitu, anda juga bisa mengaktifkan internet tanpa harus mengganti sim card anda menggunakan nomor ponsel yang baru. Anda akan tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga dan teman di Indonesia dan juga bisa mengakses internet dengan mudah.

Itu dia berbagai tips sekaligus keperluan yang harus anda siapkan sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri untuk liburan. Untuk mempersiapkan segala akomodasi liburan ke luar negeri, anda bisa memesan di aplikasi Traveloka untuk cara yang lebih praktis dan mudah. Segera download aplikasi Traveloka sekarang juga dan dapatkan berbagai promo dan diskon yang tersedia di aplikasi Traveloka.

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here