Tips Membuat Taman Minimalis di Rumah, Ciptakan Hunian Asri

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Adanya taman di halaman rumah bisa menghadirkan suasana asri dan terasa adem. Selain berfungsi mempercantik rumah, rumput dan tumbuhan yang ditanam di taman juga dapat membersihkan udara. Memiliki taman dengan rumput hijau, bunga-bunga indah, dan kolam ikan merupakan harapan banyak orang.

Jika Anda memiliki halaman atau lahan di depan rumah, daripada hanya dibiarkan kosong maka sebaiknya diubah menjadi taman yang indah. Sayangnya keinginan membuat taman seringkali terkendala lantaran biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Apabila Anda ingin membuat taman tapi modalnya masih kurang, pengajuan KTA bisa menjadi solusinya.

KTA adalah layanan kredit tanpa agunan yang disediakan oleh perbankan untuk membantu nasabah yang membutuhkan pinjaman dana dalam jumlah besar dan dalam waktu cepat. Anda bisa memanfaatkan pinjaman KTA sebagai tambahan modal untuk membuat taman. Namun sebelum itu, Anda perlu tahu tips membuat taman di rumah dan apa saja keperluannya. 

Tips membuat taman minimalis
Tips Membuat Taman Minimalis

Tips Membuat Taman di Depan Rumah

Saat ini mungkin Anda sudah terbayang gambaran taman yang ingin Anda buat untuk mempercantik rumah. Namun sebelum mulai membuat taman, ada sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut ini beberapa tips membuat taman di depan rumah yang perlu Anda pahami.

1. Mengukur Luas Lahan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan saat ingin membuat taman di depan rumah adalah mengukur luas lahan yang ada. Hitunglah seberapa luas lahan yang akan Anda jadikan taman. 

Dengan begitu Anda bisa memperkirakan pembuatan taman yang sesuai dengan ketersediaan lahan Anda. Pastikan taman Anda nantinya tidak menghalangi akses masuk ke rumah dan tidak mengganggu pagar atau bangunan rumah.

2. Menentukan Konsep

Selanjutnya Anda juga perlu menentukan konsep taman. Ada berbagai konsep taman yang bisa Anda pilih, seperti taman minimalis, taman kering, taman ala Jepang, taman vertikal, dan sebagainya. Anda bisa membuat taman dengan konsep yang Anda inginkan. 

Saat memilih konsep taman, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan luas lahan yang tersedia. Apabila lahannya sempit, sebaiknya Anda membuat taman dengan konsep minimalis atau taman vertikal. 

3. Menyiapkan Denah Taman

Apabila sudah menentukan konsep taman, selanjutnya Anda perlu membuat denah taman. Denah adalah rancangan atau gambaran seperti apa taman yang akan Anda buat. Aturlah tata letak serapi mungkin menyesuaikan dengan ketersediaan lahan. 

Dalam membuat denah taman, Anda perlu mengatur posisi elemen-elemen yang ada di taman Anda. Tentukan di mana letak rumput, batuan atau kerikil, bunga-bunga, kolam ikan, hingga meja dan kursi jika ada.

4. Memilih Jenis Tanaman

Tips membuat taman di rumah
Tips Membuat Taman di Rumah

Setelah rancangan denah dibuat, selanjutnya Anda perlu memilih jenis tanaman.  Setiap orang biasanya memiliki tanaman favorit yang ingin dihadirkan di taman rumah. Anda bisa memilih jenis tanaman sesuai keinginan Anda, misalkan tanaman berbunga, tanaman rambat, tanaman air, pohon kecil, dan sebagainya. 

Saat memilih jenis tanaman, jangan lupa menyesuaikan dengan kondisi tanah dan ruang tumbuh tanaman nantinya. Apabila lahan Anda cukup luas, Anda bisa menaruh tanaman yang berbatang besar dan berdaun rimbun. Namun apabila lahan Anda terbatas, sebaiknya pilih tanaman yang berukuran ramping atau minimalis.

5. Ketersediaan Air 

Ketersediaan air juga menjadi hal penting yang perlu Anda perhatikan saat membuat taman. Air berperan penting dalam kesuburan dan pertumbuhan tanaman di taman Anda. Jika ada banyak tanaman, pastikan tanah Anda memiliki kandungan air yang mencukupi. Apabila kondisi tanahnya kering, Anda bisa memasang pipa saluran air. 

Anda juga perlu menjaga jangan sampai pasokan air di taman Anda berlebihan. Apabila airnya sampai tergenang maka dapat membuat tanaman cepat busuk. Jadi perhatikan juga penyerapan air di taman Anda. 

6. Perawatan Tanaman

Perlu Anda ingat bahwa taman juga perlu mendapat perawatan. Pastikan Anda memiliki jadwal rutin untuk merawat taman Anda, seperti memotong rumput dan daun, menyirami, memberi pupuk, hinga memberi obat pembasmi hama. 

Jangan sampai taman Anda terbengkalai karena akan membawa dampak buruk bagi rumah hingga keluarga Anda. Taman yang kotor dan tidak terawat bisa menjadi sarang berbagai serangga hingga hewan melata yang membahayakan kesehatan keluarga Anda.

7. Menambah Dekorasi Pelengkap

Tips yang juga perlu Anda lakukan saat membuat taman adalah memberikan dekorasi pelengkap. Supaya taman Anda semakin tampak cantik, maka tambahkan sejumlah dekorasi seperti lampu, pajangan, atau pagar kecil. Adanya lampu dapat memberikan penerangan pada taman Anda waktu malam hari. 

Keperluan untuk Membuat Taman

Mungkin saat ini Anda bertanya-tanya apa saja yang diperlukan untuk membuat taman? Ada sejumlah hal yang harus Anda beli atau sediakan untuk membuat taman di rumah. Sebenarnya keperluan membuat taman bisa berbeda-beda disesuaikan dengan keinginan dan budget Anda.

Berikut ini rincian keperluan yang biasanya dibutuhkan untuk membuat taman.

  • Pembuatan media tanam
  • Pembelian rumput dan batu hias taman
  • Pembuatan batas tepi taman
  • Pembuatan kolam ikan
  • Pembelian jenis-jenis tanaman hias
  • Pembuatan sistem irigasi atau penyiraman untuk tanaman
  • Pembuatan drainase untuk pembuangan air saat hujan
  • Pemasangan lampu taman dan aksesoris pelengkap lainnya
  • Biaya pembersihan lahan dan pengerjaan pembuatan taman

Saat membuat taman, pastikan Anda memilih jasa tukang yang terpercaya dan profesional dalam membuat taman. Saat merancang konsep dan denah, Anda bisa berkonsultasi atau minta saran dari tukang tersebut karena mereka sudah berpengalaman. 

Menggunakan Pinjaman KTA untuk Modal Membuat Taman

Bagaimana, setelah membaca tips di atas pastinya Anda semakin punya gambaran untuk membuat taman di rumah kan? Membuat taman memang memerlukan pengeluaran yang tidak sedikit. Namun Anda tidak perlu memusingkan soal biaya yang harus dikeluarkan. Anda bisa melakukan pengajuan KTA untuk mendapat tambahan modal membangun taman. 

Salah satu pinjaman KTA yang bisa Anda pilih adalah PermataKTA. Layanan KTA dari PermataBank ini memberikan pinjaman dana dalam jumlah besar hingga Rp300 juta sehingga sangat mendukung kebutuhan Anda untuk membuat taman di rumah. Pengajuan KTA bisa Anda lakukan melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X yang tersedia di Play Store dan juga App Store. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa mengunjungi laman https://www.permatabank.com/id/kta-retail/permatakta.

5/5 - (9 votes)

Leave a Comment