Tips Memilih Hosting Terbaik untuk Website Anda

0
53

Kebutuhan website di jaman yang memiliki teknologi yang berkembang ini adalah sebuah kewajiban bagi para pemilik usaha. Dibutuhkan tips memilih hosting terbaik untuk website dan pelayanan support yang maksimal. Dengan memilih hosting terbaik untuk website, maka kedepannya website yang dimiliki akan berjalan dengan lancar tanpa menemui masalah. Website tak hanya untuk bisnis, akan tetapi bisa juga untuk portal berita, web informasi, forum, blog pribadi, dan lain sebagainya.

Keadaaan sekarang yang memaksa untuk serba digital adalah sebuah keharusan agar kita tidak tertinggal oleh pertumbuhan teknologi yang bisa dikatakan sangat cepat dalam satu dekade terakhir. Salah satunya dengan memiliki website sendiri dengan hosting yang sudah ditentukan.

Memilih hosting untuk website yang kita miliki memang bukan hal yang mudah, kita perlu mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari berbagai penyedia web hosting Indonesia yang digunakan sebagai database dan server untuk website kita nantinya. Banyak penyedia hostingan yang menawarkan promo, diskon, maupun kode voucher tanpa memikirkan kualitas hostingannya. Lalu yang seperti apa penyedia web hosting terbaik itu?

Oleh karena itu, kita harus lebih pintar memilih, karena menentukan pilihan hosting akan menentukan kesuksesan website yang dimiliki. Sebelum memilih hosting terbaik pasti bagi sebagian orang yang belum paham menngenai web hosting pasti akan mengeluarkan pertanyaan seperti: Bagaimana cara memilih hosting yang terbaik? Hosting yang bagaimana yang cocok untuk wesbite saya? Paket hosting yang seperti apa yang sangat cocok dengan bisnis atau personal website saya.

Semua pertanyaan itu akan bisa dijawab jika kita riset terlebih dahulu dari berbagai penydia hosting yang ada di Indonesia. Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas dan menjawab pertanyaan tersebut agar Anda tidak bingung dalam memilih layanan web hosting terbaik yang ada di Indonesia.

tips memilih hosting terbaik untuk website
Tips memilih hosting terbaik untuk website

Cara Memilih Layanan Hosting Terbaik

Penyedia web hosting di Indonesia banyak memberikan berbagai fitur menarik dan pastinya akan menarik minat konsumen untuk membaut website di hosting yang ditawarkan. Web hosting yang berkualitas memang sebaiknya dipilih karena untuk memberikan berbagai manfaat bagi website yang dimiliki. Lalu, seperti apa hosting yang bagus untuk website?

Untuk mendapatkan fitur terbaik dan kecepatan loading website yang maksimal, Anda harus memilih dengan tepat dan mempertimbangkan yang sesuai dengan kebutuhan website Anda agar tidak menyesal di kemudian hari. Berikut ini adalah cara memilih layanan hosting terbaik yang harus Anda ketahui. Di antaranya adalah:

Customer Service 24 Jam yang Fast Respon

Sebelum memilih hosting untuk website yang dimiliki, ada baiknya Anda melakukan riset mengenai customer service atau hel desk pada penyedia layanan hosting yang dipilih. Layanan web hosting yang terbaik adalah yang menyediakan customer service selama 24 jam dalam sehari. Sehingga ketika Anda membutuhkan bantuan terkait billing, konsultasi, informasi server, pengaturan website, dan lain sebagainya, maka kapanpun bisa terselesaikan dengan cepat.

Selain itu layanan chat live juga bisa membantu menyesaikan masalah yang timbul setiap saat. Seperti contoh OceanHoster, mereka menyediakan layanan pelanggan solutif dan responsif tanpa dibalas chatbot. Di OceanHoster semua customer service dan hel desk asli manusia, sehingga menghindari terjadinya misskomunikasi antara konsumen dan chatbot. Berbagai permasalahan teknis yang terjadi pada website Anda, akan ditangani langsung oleh tim profesional.

Performa Server yang Stabil dan Cepat

Server Web hosting yang baik dan stabil merupakan kunci utama website Anda bisa diakses oleh user kapan saja. Anda perlu mempertimbangkan performa server layanan web hosting yang dipilih. Anda harus memilih yang memiliki performa web server yang super cepat. Karena untuk meminimalisir bounce rate yang membuat user bosan dan langsung melakukan close ketika mengunjungi website Anda.

Pilihlah web server yang memiliki berbagai fitur yang mengikuti update teknologi seperti LiteSpeed Enterprise, menggunakan teknologi http/2, quic dan http/3. Serta pilih juga web hosting yang sudah memiliki fitur Multiple Network. Karena bisa memastikan koneksi server akan tetap online meskipun terjadi gangguan pada ISP. Jika penyedia web hosting sudah menggunakan teknologi tersebut, website yang Anda miliki akan lebih cepat dan ringan.

Garansi Uang Kembali Tanpa Syarat

Belum banyak penyedia hosting yang menawarkan garansi uang kembali tanpa sayarat jika tidak seusai dengan apa yang ditawarkan. Akan tetapi ternyata ada yang menyediakan layanan garansi seperti ini salah satunya adalah OceanHoster. Web hosting terbaik di Indonesia ini menawarkan garansi uang kembali dan tanpa syarat.

Sehingga penawaran performa serta fitur web hosting yang ditawarkan jika tidak sesuai maka uang yang telah Anda bayarkan bisa kembali 100% tanpa syarat. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan penawaran yang tidak sesuai yang ditawarkan, karena jika tidak mendapatkan hak yang seharusnya yang didaptkan budget website Anda akan kembali penuh.

Cek Fitur Utama dan Tambahan Sesuai Kebutuhan Website

Berbagai jenis macam website memiliki tujuan yang berbeda-beda karena sesuai dengan rencana dan kebutuhannya. Jika untuk website toko online sudah seharusnya memiliki loading speed yang cepat dan web server yang selalu up. Dengan memperhatikan fitur yang ditawarkan dari penyedia layanan hosting, maka Anda bisa memperkirakan kebutuhan yang sesuai dengan tujuan website Anda dibuat.

Harga dan Paket Hosting yang Ditawarkan

Penyedia web hosting akan menawarkan beberapa paket hosting seprti contohnya web hosting yang menggunakan cpanel atau directadmin. Dari berbagai paket hosting tersebut pasti akan tercantum harga yang ditawarkan. Pertimbangan harga dan paket hosting yang sesuai harus benar-benar diperhatikan.

Hal yang harus diperhatikan mengenai harga adalah fitur utama seperti besarnya storage, kapasitas ram, uptime server, proteksi Ddos, akses ftp, file manager, dan lain sebagainya.

Cek Review Pelanggan Penyedia Hosting

Hal yang paling tuama adalah menilai dari review para pelanggan web hosting tersebut. Pelanggan yang puas pasti akan memberikan penilaian yang baik dan apsti akan merekomendasikannya kepada kerabat maupun teman terdekatnya. Anda sebaiknya mengecek terlebih dahulu rekam jejak web hosting tersebut dengan mencari review pelanggan. Dengan begitu Anda akan bisa menilai dari hasil pengalaman user lainnya dalam memilih web hosting terbaik tersebut.

Kesimpulan

Memilih hosting untuk website bisnis maupun blog personal harus dilaukan agar di kemudian hari tidak timbul rasa menyesal. Dari berbagai penjelasan di atas mengenai cara dan tips memilih hosting terbaik harus dilakukan agar pilihan penyedia hosting sangat tepat. Jika mengacu pada beberapa poin di atas, saya merekomendasikan OceanHoster.

Oceanhosting merupakan salah satu penyedia layanan web hosting untuk website dan memiliki tim support yang berpengalaman di bidangnya. Selain itu, OceanHoster menyediakan, hosting terbaik mudah, cepat, aman dengan harga terjangkau. Jadi tunggu apalagi, yuk segera pesan web hosting terbaik di OceanHoster agar performa dan website yang dimiliki semakin berkembang dan aman kedepannya.

5/5 - (5 votes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here