Fungsi Ban Mobil yang Harus Diketahui

0
38

Ban mobil merupakan salah satu komponen yang ada pada kendaraan dan sangat memiliki peranan penting ketika kendaraan tersebut berjalan. Dalam aplikasinya, fungsi ban mobil ternyata memiliki banyak peranan terhadap kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Oleh karena itu ban mobil harus dalam kondisi prima dalam segala keadaan cuaca baik panas maupun hujan.

Ban mobil terbuat dari karet pilihan yang dikombinasikan dengan bahan nylon atau kawat, kemudian nantinya akan diisi udara agar bisa mengembang. Peranan ban yang lainnya adalah sebagai penopang berat kendaraan dan penumpang atau barangnya. Ban untuk kendaraan tentunya berbeda-beda ukuran, bahan, maupun kegunaannya.

Oleh karena itu, untuk merawat ban agar tetap dalam kondisi prima kita harus merawat ban setiap hari dan selalu mengecek komponen ban sebelum bepergian dan harus dipastikan bahwa ban yang dipakai sangat layak untuk dikendarai agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

fungsi ban mobil  dalam mobilitas
fungsi ban mobil

4 Fungsi Ban Mobil yang Wajib Diketahui

Setelah mengetahui apa itu ban mobil dan terbuat dari apa bahan ban mobil, kita juga harus mengetahui fungsi utama ban mobil teruta aketika dikendarai. Seperti yang telah kita ketahui bahwa ban mobil langsung bersinggungan dengan aspal jalan sehingga kondisi ban mobil harus selalu diperhatikan.

Berikut ini adalah 4 fungsi ban mobil yang harus diketahui bagi para pecinta otomotif. Di antaranya adalah:

Sebagai Penopang Beban

Mobil memiliki sistem dan cara kerja yang sudah terstruktur. Komponen mesin dan elemen lainnya yang berada pada mobil memiliki berat, sehingga berat tersebut menjadi acuan berapa tekanan angin ban mobil yang harus diisi. Anda bisa membayangkan bagaimana jadinya jika mobil tidak memiliki beban, maka mobil tidak akan bisa jalan.

Selain itu beban kendaraan sudah ada batas maksimalnya, sebaiknya jika Anda mengendarai mobil harus selalu memperhatikan beban yang dibawa. Beban kendaraan dan penumpang tidak boleh melebihi batasan yang sudah ditentukan. Jika melanggarnya, maka risiko ban pecah akan selalu mungkin terjadi.

Sebagai Peredam Guncangan

Mobil yang dikendarai akan sangat rentan terhadap goncangan. Hal ini bisa disebabkan oleh rotasi mesin yang berputar maupun kondisi jalan yang tidak selalu mulus. Untuk mengatasi guncangan yang terlalu besardan agar mobil tetap stabil maka diperlukan ban mobil. Ban mobil berfungsi sebagai penahan guncangan ketika dikendarai.

Menahan guncangan juga dibantu oleh komponen mobil lainnya yang disebut shockbreaker. Dengan memiliki ban dan shockbreaker maka laju mobil akan tetap stabil dan minim guncangan.

Mengarahkan Laju Kendaraan

Laju kendaraan mobil berjalan tidak selalu lurus. Untuk bias belok ke kiri dan ke kanan maka dalam kendaraan diperlukan komponen yang penting yaitu ban mobil. Sistem kemudi yang ada pada mobil akan tersambung langsung dengan ban yang berada di luar. Dengan memanfaatkan hukum fisika maka kendaraan seperti mobil bisa diarahkan.

Selain itu, arah laju kendaraan jika tidak memiliki ban maka mobil akan sulit dikendalikan. Seperti beberapa kecelakaan yang sudah terjadi ketika pecah ban mobil, maka kendaraaan akan sangat sulit dikendalikan.

Membantu Pengereman yang Maksimal

Selain berfungsi sebagai mengarahkan laju, kecepatan, dan peredam bguncangan. Ban mobil juga berfungsi untuk membantu istem pengereman yang maksimal. Ban mobil yang langsung bersinggungan dengan aspal akan menjaga kestabilan ombil ketika menikung ke kanan maupun ke kiri. Tujuannya adalah untuk melakukan pengereman dan menyesuaikan kecepatan sesuai dengan meda yang dilalui.

Pengereman adalah hal yang sangat penting, ban mobil bertugas untuk meneruskan gaya tahan yang diciptakan dari komponen rem. Selain itu, cakram rem juga sangat berperan penting dan membantu peran mobil dlam memberhentikan kendaraan.

Kesimpulan

Mobil atau kendaraan bermotor lainnya pasti memiliki ban. Dan ban itu sendiri memiliki peranan penting dalam mengendalikan kendaraan. BAnyak fungsi ban mobil lainnya yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menjaga agar fungsi ban mobil bisa berjalan dengan lancar, maka sebaiknya melakukan pengecekan rutin ban mobil yang akan dikendarai.

Jika ban mobil sudah sesuai standar seperti angin, kembangan, dan lain sebagainya akan sangat mempengaruhi stabilitas lajukendaraan. Dengan mengetahui fungsi ban mobil secara detail di atas hal selanjutnya Anda harus selalu menjaga kondisi ban yang dipakai agar tetap pada keadaan yang sangat aman.

Semoga artikel ini bermanfaat, silakan sebarkan jika artikel ini ada nilai positifnya. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya.

5/5 - (1 vote)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here