Tips Merawat Ban Mobil dengan Benar

0
63

Ban mobil merupakan bagian dari mobil yang paling penting dan sangat vital. Karena menyangkut keamanan ketika berkendara. Merawat ban mobil harus dilakukan sebaik mungkin agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat dikendarai. Banyak kasus kecelakaan yang diakibatkan oleh ban mobil yang tidak sesuai standar seperti pecah ban, selip, bahkan ada kasus velg lepas dari body mobil.

Ban mobil berfungsi sebagai penyeimbang dan meredam getaran ketika mobil berjalan. jalan yang rusak maupun medan yang bergelombang akan diredam oleh ban mobil jika keadaaanya baik-baik saja. Jika tidak ada ban mobil maka kendaraan kita tidak akan bisa berjalan dan dipakai sebagaimanamestinya.

Tentunya hal tersebut harus dihindari dan sebisa mungkin kita harus memastikan keadaan ban mobil yang tetap baik dan prima. Sehingga ketika berkendara kita akan merasa aman dan nyaman. Sebagai bagian yang paling penting yang ada di dalam mobil, ban mobil harus mendpaatkan perhatian khusus dan harus dicek setiap hari.

langkah dan Tips merawat ban mobil dengan benar
Tips merawat ban mobil dengan benar

Tips Merawat Ban Mobil Agar Tetap dalam Kondisi Baik

Ada beberapa tips dan langkah yang ahrus dilakukan ketika merawat ban mobil. Bagi para pecinta otomotif tentunya sudah tidak asing lagi dengan kewajiban untuk memeriksa keadaan ban mobil. Tapi bagi sebagian orang yang awam dengan otomotif perlu mengetahui bagaimana cara merawat ban mobil dengan baik agar tetap dalam kondisi yang baik dan aman untuk dikendarai. Karena komponen mobil tidak hanya mesin saja yang ahrus dirawat, akan tetapi ban mobil juga harus diperhatikan.

Berikut ini tips dan langkah bagaimana cara merawat ban mobil agar tetap dalam kondisi baik. Di antaranya adalah:

Cek Kondisi Ban Secara Berkala

Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, mulai sekarang rajinlah untuk mengecek keadaaan ban mobil setiap hari. Baik saat dipanaskan maupun ketika akan digunakan untuk mobilitas. Mengecek secara kasat mata apa yang janggal ketika mengecek ban mobil merupakan satu hal yang harus dilakukan. Setelah dipastikan aman dan tidak ada kejanggalan pada ban mobil, maka Anda sudah aman untuk menggunakan mobil.

Selalu Periksa Tekanan Angin pada Ban

Ban mobil memiliki berbagai jenis ukuran dan profil ban. Tekanan angin juga berbeda-beda sesuai dengan jenis ban yang dipakai di mobil Anda. Carilah informasi mengenai profil ban dan ukruan ban untuk menentukan batas minimal tekanan angin. Jangan sampai kelebihan angin maupun kekurangan angin karena bisa menyebabkan ban bermasalah ketika digunakan. Melakukan pemeriksaan tekanan ban ecara berkala dapat meminimalisir gangguan pada ban mobil ketika digunakan.

Lakukan Spooring dan Balancing

Sudut ban mobil akan berubah jika sering digunakan, atau ketika saat mengganti velg dengan yang baru. Untuk mencegah ban aus karena sudut kemiringan yang berbeda maka Anda wajib melakukan spooring dan balancing. Spooring dan balancing berguna untuk meluruskan ban sesuai dengan porosnya dan hal ini akan mencegah terjadinya keausan pada ban karena sudut poros yang salah.

Menukar Posisi Ban Secara Berkala

Ban kanan dan kiri akan aus dengan sisi yang berbeda sesuai dengan penggunaannya setiap hari. Jika sebagian besar lebih banyak menikung ke kanan maka ban kanan akan lebih cepat aus, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu menukar posisi ban dari kiri ke kanan maupun dari depan ke belakang sangat dianjurkan untuk menyeimbangkan kondisi ban yang aus.

Hindari Penggunaan di Jalan yang Rusak

Pemggunakan mobil memang tidak bakal bisa diprediksi akan digunakan kemana, apalagi jika medan yang akan kita lalui belum pernah dilalui sebelumnya. Terkadang jalan yang rusak harus kita lewati agar sampai ke tempat tujuan. Agar ban lebih awet, maka sebaiknya hindari penggunaan di jalan yang rusak. Karena akan menignkatkan tingkat keausan. Jalan yang rusak juga bisa membuat body ban menjadi rusak sehingga tidak nyaman untuk digunakan.

Memperhatikan Beban Kendaraan

Beban kendaraan bisa menjadi tekanan untuk ban mobil. Semakin berat beban atau barang yang dibawa maka akans emakin besar tekanan ban terhadap aspal. Hal ini akan mengekibatkan ban cepat aus dan berkurang tingkat keawetannya. Oleh karena itu jika bepergian, bawalah barang dan penumpang yang tidak melebihi batas standar, agar ban bisa bertahan lama dan lebih awet.

Kesimpulan

Ban mobil merupakan komponen mobil yang ahrus selalu diperhatikan karena berperan penting terhadap keselamatan penumpang di dalam mobil tersebut. Dengan selalu memperhatikan dan merawat ban maka akan bsia dipastikan ban akan lebih awet dan tetap dalam kondisi yang prima.

Dengan mengikuti tips merawat ban mobil di atas maka setiap perjalanan akan lebih aman dan nyaman karena kondisi ban akan tetap dalam kondisi yang prima. Smeoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya ya.

5/5 - (2 votes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here