Tips Mendapatkan Traffic dari Website untuk Meningkatkan Engagement

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Meningkatkan bisnis salah satunya dipengaruhi oleh traffic website yang mampu mendatangkan user engagement. Tips mendapatkan traffic dari website pun sangat beragam yang bisa dicoba satu per satu oleh pemilik bisnis. 

Contohnya seperti menggunakan jasa SEO jika Anda tidak memiliki tim tersendiri untuk mengelola dan meningkatkan trafik. Jasa akan menerapkan strategi SEO terbaru agar trafik meningkat begitu pula dengan engagement. Simak seperti apa tips selengkapnya mengenai trafik website yang perlu Anda terapkan. 

Mendapatkan Traffic dari Website
Tips mendapatkan traffic dari website

5 Tips Mendapatkan Traffic dari Website untuk Kelancaran Usaha 

Engagement dalam website adalah interaksi antara bisnis dengan visitor web dan menjadi bagian penentu keberhasilan bisnis. Engagement bisa berupa mengisi data diri melalui brosur online di web, kontak masuk, atau aktivitas lain seperti like dan share pada konten web. 

Trafik website pun menjadi penentu apakah engagement pada bisnis Anda berhasil atau tidak. Anda yang bingung dalam mengelola trafik website bisnis selama ini bisa cek dulu bagaimana cara meningkatkan traffic website gratis berikut ini:

1. Mengisi Website dengan Konten Bagus sesuai SEO 

Langkah pertama selalu diawali dengan pembuatan konten website yang bagus yakni bermanfaat dan bisa menjadi solusi pengunjung di mesin pencari. Anda perlu memperkenalkan bisnis sebagai mitra atau menjadi solusi dari masalah yang dialami pengunjung. 

Konten yang dibuat haruslah menyesuaikan Search Engine Optimization (SEO) yang tujuannya adalah meningkatkan visibilitas di mesin pencari. Semakin mudah dicari maka peringkat web akan naik dan memudahkan pengunjung untuk masuk ke web. 

2. Mengunggah Konten Web di Media Sosial 

Saat ini media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook memiliki cukup banyak pengunjung yang juga bisa menjadi sasaran mencari trafik website. Caranya mudah, Anda hanya perlu rutin posting konten web di media sosial.

Oleh karena itu Anda perlu memiliki akun khusus yang terhubung dengan website bisnis agar lebih mudah untuk mengelolanya. Selain meningkatkan trafik website, media sosial juga jadi cara meningkatkan traffic pengunjung toko karena mudah untuk promosi. 

3. Merancang UI Website yang Ramah Pengguna 

Tips mendapatkan traffic dari website adalah dengan membuat User Interface (UI) pada website yang lebih ramah pengguna. Pastikan agar menu-menu penting dalam website seperti konten blog, kontak ke admin, produk hingga informasi lainnya mudah diakses oleh pengunjung. 

Perhatikan juga tingkat kecepatan website untuk mengakses setiap konten haruslah cepat. Jangan membuat pengunjung menunggu untuk membuka setiap halaman dari website Anda. Demi membuat UI yang baik Anda perlu berkolaborasi dengan jasa pembuatan website yang profesional.

4. Promosi di Komunitas Online 

Jika ingin mencari yang gratisan untuk promosi maka Anda harus rajin mengunjungi komunitas online. Pastikan untuk memilih sesuai dengan lini bisnis Anda. Di komunitas online ini baik itu grup Facebook, Kaskus dan lainnya menjadi ajang untuk memperkenalkan konten di website. 

Tips mendapatkan traffic dari website ini sangat efektif apabila Anda rutin berinteraksi dalam komunitas online tersebut. Misalnya Anda menjual produk pakaian anak, maka mengunjungi komunitas ibu-ibu online bisa jadi solusinya. 

5. Rutin Mengaudit Konten 

Jangan lupakan juga untuk sering audit konten yang dimiliki. Ada banyak perkembangan informasi yang harus Anda miliki pada website. Pastikan pengunjung selalu mendapatkan konten yang up to date sehingga mereka tidak bosan mengakses website Anda. 

Inilah beberapa tips mendapatkan traffic dari website yang dapat Anda lakukan mulai dari sekarang. Mengelola website untuk mendatangkan trafik membutuhkan kesabaran dan ketekunan serta trik yang mengikuti perkembangan strategi marketing online

5/5 - (1 vote)

Leave a Comment