Wajib Tahu Jenis Bengkel Mobil Pecinta Otomotif

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Memiliki mobil merupakan sebuah impian bagi setiap keluarga, apalagi jika sering digunakan untuk traveling atau bepergian. Agar perjalanan lebih aman dan nyaman, tentunya kondisi mobil harus selalu diperhatikan. Perlunya perbaikan dan perawatan mengharuskan kita untuk memasukkan mobil ke bengkel mobil. Tapi Anda wajib tahu jenis bengkel mobil yang ada di dunia otomotif.

Mobil merupakan kendaraan yang wajib dirawat dan diperbaiki jika menemukan kerusakan. Berbagai jenis komponen mobil tentunya ada bengkel spesialis yang khusus menangani komponen mobil tertentu. Tidak semua kerusakan atau perawatan mobil dilakukan oleh satu jenis bengkel saja. Akan tetapi ada beberapa jenis bengkel yang harus pecinta otomotif ketahui.

Merawat mesin mobil merupakan sebuah seni yang kita harus dengan hati melakukannya. Tak hanya mobil keluaran tahun muda atau di atas tahun 2010. Akan tetapi jika Anda memiliki mobil tua maka Anda harus lebih telaten merawatnya karena ketersediaan suku cadang mobil tua terkadang tidak lengkap di pasaran.

Ada beberapa komponen mobil yang wajib dirawat diantaranya body mobil, interior mobil, radiator, mesin mobil, ban mobil, AC mobil, dan berbagai komponen atau bagian mobil lainnya yang memiliki perawatan khusus agar mobil selalu siap ketika akan dipakai perjalanan dekat maupun jauh. Untuk memperbaiki mobil tersebut juga tersedia macam macam bengkel sesuai dengan spesialisasinya.

Jenis Jenis Bengkel Mobil yang tersedia
Jenis Jenis Bengkel Mobil

Jenis Bengkel Mobil Menurut Komponennya

Komponen mobil tidak semuanya sama, sebagian besar montir atau mekanik hanya menguasai beberapa bagian mobil yang dipelajarinya selama membuka bengkel. Tetapi ada juga yang bisa menerima berbagai keluhan kerusakan mobil dari konsumen untuk bisa sekalian diperbaiki untuk menghemat waktu dan biaya.

Nah, kita akan membahas beberapa jenis bengkel mobil yang wajib Anda ketahui agar tidak salah pilih dan lebih efektif ketika melakukan perbaikan pada komponen mobil. Di antaranya adalah:

Bengkel Body dan Cat Mobil

Ketika menggunakan mobil, pasti akan terjadi gesekan atau senggolan kecil dengan beberapa pengguna jalan lainnya. Akibatnya body mobil akan penyok atau catnya tergores. Untuk keluhan ini Anda wajib memiliki daftar list bengkel cat mobil atau bengkel bodykit mobil. Di jenis bengkel ini, mereka melayani perbaikan spet mobil (cat ulang hanya pada bagian kecil).

Selain melayani pengecatan bagian kecil, bengkel cat mobil juga menyediakan layanan repaint alias cat ulang keseluruhan body mobil agar bisa tampil seperti mobil baru. Biasnaya bengkel ini hanya melayani beberapa kerusakan exterior mobil seperti body, bodykit, bahkan cat interior mobil.

Bengkel Mesin Mobil

Salah satu bagian penting dari mobil adalah mesin mobil. Merawat mobil tentunya harus memperhatikan beberapa kerusakan atau penyusutan suku cadang yang berada pada mesin mobil. Bengkel mesin mobil ini yang paling banyak tersedia di kota besar seperti jogja, Bandung, Semarang, Jakarta, dan lain sebagainya.

Di bengkel mesin mobil ini hampir semua kerusakan pada bagian mesin mobil bisa dikerjakan, karena memang mereka spesialis memperbaiki ataupun melakukan perawatan pada mesin mobil. Layanan yang disediakan di antaranya adalah service rutin, ganti oli mesin, ganti oli transmisi, overhaul, tune up, scan mesin mobil, turun mesin, power window, towing mobil, mengganti part mobil, dan beberapa layanan seputar mesin mobil.

macam macam bengkel mobil untuk mesin
Bengkel untuk mesin mobil

Bengkel Kaki Kaki Mobil

Jenis bengkel ini merupakan spesialis kaki kaki mobil. Mobil yang sudah cukup berumur biasanya terjadi kendala pada kaki kaki mobil seperti stir goyang, power steering bocor, bunyi ketika mengendarai mobil, service per atau shockbreaker, dan juga sampai jasa lowering mobil (ceper).

Beberapa suku cadang seperti tie rod, stabilizer, link stabil, cv joint, racksteer dan lain sebagainya biasnaya tersedia di bengkel kaki kaki mobil. Jika mobil Anda terasa kurang nyaman ketika dikendarai, Anda bisa menggunakan jasa layanan bengkel kaki kaki mobil untuk memperbaiki atau bahkan melakukan peremajaan suku cadang kaki kaki mobil.

Bengkel AC Mobil

Komponen bagian mobil yang sangat vital di saat cuaca panas ini adalah AC mobil. AC mobil membutuhkan perawatan yang rutin agar kondisi AC tetap prima. Bengkel AC mobil ini juga merupakan spesialis yang melakukan perawatan dan perbaikan agar AC mobil tetap dingin.

Layanan yang ditawarkan oleh bengkel AC mobil adalah isi freon mobil, membersihkan evaporator AC mobil, memperbaiki kompresor AC mobil, dan berbagai jasa lainnya yang membuat AC mobil yang dimiliki kembali sejuk seperti mobil baru. Ada berbagai macam bengkel mobil yang bisa memperbaiki AC ada juga yang khusus, jadi Anda tinggal memilih akan menggunakan bengkel yang mana.

Bengkel Radiator Mobil

Nah, radiator ini merupakan komponen yang sangat penting ketika melakukan perjalanan. Karena radiator memiliki peran sebagai sistem pendingin mesin mobil. Agar tidak terjadi overheat pada mesin mobil, maka sebaiknya Anda melakukan pengecekan rutin pada bagian radiator mobil agar mesin selalu terjaga suhunya.

Bengkel radiator mobil menerima jasa layanan korok radiator, penggantian selang radiator, penggantian air radiator, sampai menyediakan radiator baru agar sistem pendingin mesin mobil ini berfungsi dengan baik.

Bengkel Variasi dan Akseseoris Mobil

Penampilan mobil memang menjadi yang sangat utama bagi kawula muda pecinta otomotif. Ada beberapa hal yang bisa ditambahkan untuk menambah estetika dari mobil yang dimiliki. Seperti contohnya menambah aksesoris, audio mobil, sarung jok mobil, lampu led atau biled, sampai pemasangan kaca film mobil.

Bengkel variasi mobil ini sebagian besar menyediakan aksesoris kecil lainnya seperti klakson mobil, spoiler mobil, velg ban mobil, wiper mobil, sticker, dan beberapa variasi mobil yang tersedia. Variasi mobil ini juga tersedia untuk aksesoris interior mobil atau aksesoris exterior mobil.

Bengkel untuk Variasi Mobil
Bengkel untuk Variasi Mobil

Nah, itulah beberapa jenis bengkel mobil yang wajib Anda ketahui. Sebelum menggunakan mobil, ada baiknya anda mencatat beberapa nomor penting mengenai bengkel mobil agar bisa dihubungi sewaktu-waktu mobil Anda menemui kendala. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya ya.

5/5 - (1 vote)

Leave a Comment