Mengenal Lebih Dalam Bengkel Kaki-Kaki Mobil

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Bengkel kaki-kaki mobil merupakan tempat yang banyak dicari ketika kaki-kaki mobil mengalami kerusakan maupun ada hal yang membuat berkendara tidak nyaman. Kaki-kaki mobil merupakan komponen mobil yang sangat vital karena berfungsi sebagai penopang mesin, body, dan agar mobil bisa berjalan dengan sempurna.

Jika mobil yang Anda kendarai berjalan tidak seimbang, sudah bisa dipastikan ada masalah dengan kaki-kaki mobil. Dan jika dibiarkan malah bisa merembet ke suku cadang yang lainnya, karena sistem pada kaki-kaki mobil berhubungan antara satu dengan yang lainnya.

Salah satu jenis bengkel mobil yang tersedia di beberapa kota besar ini bisa memperbaiki kerusakan pada mobil Anda termasuk kerusakan pada kaki-kaki mobil. Dan seharusnya bengkel ini sudah umum dan banyak tersedia di sekitar lingkungan Anda tinggal. Lalu apa itu bengkel kaki-kaki mobil?

Bengkel ini menyediakan beberapa jasa dan layanan yang bisa Anda pilih untuk memperbaiki mobil yang berkaitan dengan sistem penggerak, sistem kemudi, dan suspensi pada mobil yang dimiliki agar bisa berjalan dengan seimbang dan perjalanan semakin aman dan nyaman. Selain itu suku cadang juga biasanya banyak disediakan di bengkel ini seperti link stabilizer, per mobil, ban, tie rod, dan lain sebagainya.

Mengenal bengkel kaki-kaki mobil
Mengenal bengkel kaki-kaki mobil

Jasa Layanan Bengkel Kaki-Kaki Mobil

Kaki-kaki mobil sangat berhubungan dengan beberapa bagian mobil yang mendukung sistem secara keseluruhan. Ada beberapa keluhan dan perbaikan bagian komponen mobil yang bisa diperbaiki di bengkel ini.

Berikut ini adalah komponen dan bagian mobil serta layanan yang tersedia di bengkel kaki-kaki mobil. Di antaranya adalah:

Sistem Kemudi Mobil

Mobil bisa digerakkan dan dibelokkan ke kanan atau kiri berkat sistem kemudi yang sudah diciptakan dengan struktur yang baik pada rangka mobil. Pada bagian kemudi perbaikan maupun perawatan yang bisa dilakukan adalah pada bagian power steering mobil.

Power steering mobil kebanyakan memiliki keluhan rembes pada bagian minyaknya, karena sistem power steering menggunakan hidrolik. Pada bengkel kaki-kaki mobil Anda bisa memperbaiki rembes pada bagian racksteer, hal ini dikarenakan karetnya sudah aus karena lama tidak diganti.

Power Steering Mobil
Power Steering Mobil

Ban Mobil

Bagian lain pada sistem pengegrak mobil adalah ban mobil. Seperti yang kita ketahui, jika mobil memiliki ban yang baik maka setiap perjalanan akan terasa nyaman. Ban mobil banyak memiliki keluhan seperti botak, stir tidak stabil, dan lain sebagainya.

Ban pada mobil ini bisa dirawat di bengkel kaki-kaki mobil dengan melakukan spooring dan balancing. Spooring dan balancing ini berfungsi untuk meluruskan sumbu ban agar seimbang dan ban tidak selalu membanting ke kanan maupun ke kiri.

Suspensi Mobil

Suspensi mobil berfungsi sebagai peredam kejut ketika mobil berjalan. Suspensi mobil juga merupakan penghubung antara roda dengan kerangka mobil. Suspensi mobil terkadang memiliki masalah seperti oli shockbreaker yang bocor dan per mobil yang sudah keras.

Dengan membawanya ke bengkel kaki-kaki mobil, maka Anda bisa membuat suspensi mobil kembali seperti sedia kala sesuai dengan fungsinya. Selain itu, di bengkel kaki-kaki mobil juga bisa melayani lowering mobil bagi Anda yang menyukai mobil jenis stance look.

Sistem Pengereman

Rem pada mobil merupakan komponen yang sangat utama dan harus selalu dicek. Karena rem mobil berfungsi untuk menghentikan kendaraan ketika berjalan. Rem mobil memiliki komponen cakram, tromol, kaliper cakram, kampas rem, sistem minyak hidrolik dan lain sebagainya.

Pada bengkel kaki-kaki mobil, Anda bisa merawat sistem pengereman secara rutin agar ketika mobil dikendarai akan aman dan nyaman meskipun perjalanan luar kota dengan jarak tempuh yang jauh.

Penggantian Suku Cadang Kaki-Kaki

Di bengkel ini, Anda bisa dilayani juga untuk pergantian suku cadang sistem penggerak seperti cv joint, tie rod, long tie rod, penggantian karet boosh, karet power steering , gardan, kampas rem, dan lain sebagainya. Ketika mobil dipakai lebih dari 10 tahun, suku cadang yang memiliki elemen karet wajib diganti atau lebih sering dikenal dengan istilah peremejaan.

Hal ini akan lebih membuat perjalanan Anda aman dan nyaman meskipun pergi dalam jarak yang cukup jauh misalnya di atas 300 km. Pergantian suku cadang kaki-kaki juga harus dilakukan ketika mobil yang Anda miliki sudah tua. Karena karet yang getas bisa menyebabkan sistem kemudi atau penggerak mobil menjadi tidak seimbang.

Suku cadang kaki-kaki mobil
Suku cadang kaki-kaki mobil

Memilih Bengkel Kaki-Kaki Mobil Terbaik

Bagi para pecinta otomotif, pastinya sudah memiliki bengkel langganan untuk memperbaiki mobilnya. Merawat mobil merupakan hal wajib yang harus dilakukan ketika Anda sudah menggunakan mobil untuk aktifitas keseharian. Salah satunya dengan selalu merawat dan mengecek kaki-kaki pada mobil.

Tahapan yang harus dilakukan ketika memeriksakan kendaraan Anda ke bengkel ini adalah pemeriksaan awal, diagnosa kerusakan, melakukan perbaikan, mengganti suku cadang bila diperlukan, kemudian melakukan pengaturan agar hasilnya lebih maksimal.

Untuk itu, Anda perlu memilih jenis bengkel sesuai dengan keluhannya. Jika Anda memiliki keluhan pada kaki-kaki mobil maka Anda perlu membawa mobil Anda ke bengkel kaki-kaki mobil terdekat dan terbaik dari tempat tinggal Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel otomotif lainnya ya.

5/5 - (1 vote)

Leave a Comment