Beli Domain Murah untuk Blog atau Bisnis, Kenali Dulu Apa Itu Domain?

2
123

Beli domain murah untuk blog dan toko online seharusnya menjadi pertimbangan pertama yang harus dilakukan, mengingat semua brand dan blog sudah menggunakan nama domain custom. Nama domain tentunya harus yang mudah diingat dan juga memiliki nilai lebih jika ingin meningkatkan ciri khas atau personal branding untuk blog pribadi maupun toko online kedepannya.

Saat ini pengguna internet di indonesia sudah mencapai angka 202,35 juta pengguna, yang dalam kesehariannya mengakses berbagai website untuk keperluan bisnis, blog pribadi, atau kepentingan perusahaan dimana tempat kalian bekerja. Oleh karena itu memiliki website pribadi untuk blogger dan toko online untuk para mengusaha bisnis UMKM online harus memiliki domain custom.

Tak hanya itu, semua bisnis yang ada di Indonesia saat ini sudah mengedepankan kemajuan internet dengan membuat website untuk bisnisnya agar bisa meraih impressi yang lebih tinggi. Saat ini tak hanya perusahaan besar yang memiliki website, akan tetapi binis UMKM pun sudah memiliki website dengan domain custom sebagai katalog online barang dagangan yang ditawarkan kepada masyarakat.

Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan beli domain murah yang cukup untuk mendukung proses personal branding untuk blog pribadi maupun proses marketing online bagi perusahaan dan bisnis UMKM yang akan Go Online. Karena saat ini media promosi online menjadi media yang paling banyak diminati oleh para pelaku bisnis dari berbagai jenis bisnis.

Beli domain murah untuk blog dan bisnis
Beli Domain Murah untuk Blog dan Bisnis

Sekilas Tentang Domain

Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu domain, saatnya sekarang sudah mengenal istilah yang berhubungan dengan bisnis yang mungkin suatu saat kalian jalankan. Domain adalah nama sebuah website yang dipilih sebagai identitas website itu sendiri di web server dan hosting, biasanya nama domain yang diakhiri dengan ektensi website yang bermacam-macam seperti .com, .id, .store, .online, .site, dan lain sebagainya.

Fungsi domain sebenarnya adalah sebagai identitas yang mudah dikenali oleh user, akan tetapi domain dalam teknisnya adalah sebagai pengganti IP dari sebuah web server. Web server biasanya menggunakan angka sebagai alamat seperti 101.123.222.12, akan tetapi jika domain kita menggunakan angka maka akan sangat sulit sekali untuk menghapal maupun untuk proses branding merek dagang maupun blog pribadi.

Sehingga nama domain akan mewakili alamat IP yang digunakan dalam sebuah web server. Kedepannya akan dengan mudah untuk mengingat nama custom domain yang kalian miliki. Seperti yang saya miliki adalah domain TLD (Top Level Domain) dengan nama aldhifajar.com. Semua bisa memilih dengan bebas nama domain yang cocok asal ketersediaannya masih ada di registrar, kalian bebas beli domain dan hosting sesuai dengan budget yang tersedia.

Tipe dan Jenis Domain

Banyaknya ekstensi domain saat kita akan beli domain dan hosting di registrar atau penyedia domain memang susah-susah gampang. Sebelum kita membeli domain murah, ada baiknya kita ulas beberapa tipe dan jenis domain yang harus kalian ketahui. Berikut ini adalah jenis domain dan contohnya yang bisa dipilih sesuai dengan bidang bisnis atau blog yang kalian jalani.

jenis domain
Tipe dan Jenis Domain

gTLD (Generic Top Level Domain)

gTLD adalah tipe domain yang umumnya banyak digunakan. gTLD merupakan salah satu sub kategori dari TLD. gTLD bisa digunakan untuk berbagai macam penggunakan baik untuk komersil maupun blog pribadi. Berikut ini contoh gTLD yang tersedia diantaranya adalah:

  • .com : digunakan untuk website yang umum dan komersil, bisa juga untuk website jenis dan kategori apa saja.
  • .net : digunakan untuk website jaringan (network).
  • .org : digunakan untuk website berbagai jenis organisasi.
  • .biz : digunakan untuk website bisnis.
  • .info : digunakan untuk website yang menyediakan informasi.
  • .xyz : digunakan untuk berbagai kategori website.
  • .name : digunakan untuk website pribadi / merk dagang tertentu.
  • dll

Saat ini ada berbagai jenis gTLD yang tersedia seiring berkembangnya teknologi dan sistem IPV4, oleh karena itu pemilihan nama domain saat beli domain harus benar-benar dipertimbangkan dengan baik dan benar.

ccTLD (Country Code Top level Domain)

ccTLD atau disebut Country Code Top level Domain merupakan jenis ekstensi domain yang biasanya mewakili sebuah negara /akronim negara. Kode negara tersebut menunjukkan bahwa kepemilikan domain tersebut berada di negara tertentu. Berikut ini contoh ccTLD yang tersedia, diantaranya adalah

  • .id : kode domain negara Indonesia, kalian wajib memiliki domain yang berektensi .id jika cinta tanah air.
  • .au : kode domain negara Australia.
  • .uk : kode domain negara United Kingdom.
  • .in : kode domain negara India.
  • .jp : kode domain negara Jepang.
  • .fr : kode domain negara Perancis
  • dll

Semua ccTLD hanya menggunakan dua huruf, karena ccTLD ini mengikuti kode negara yang sesuai dengan internasional standart. Jika di Indonesia, kalian harus beli domain murah yang memiliki ekstensi domain .id, karena bisa menandakan bahwa domain yang klaian miliki berasal dari indonesia.

sTLD (Sponsored Top Level Domain)

sTLD atau disebut Sponsored Top level Domain adalah jenis ektensi yang digunakan oleh komunitas atau organisasi resmi di sebuah negara. Dan ada persyaratan khusus dari registrar jika kalian ingin menggunakan sTLD ini. Salah satunya adalah badan hukum ataupun lembaga kemanusaiaan. Berikut ini contoh sTLD yang tersedia, diantaranya adalah:

  • .edu : digunakan untuk domain institusi pendidikan.
  • .mil : digunakan untuk domain militer resmi di sebuah negara.
  • .gov : digunakan untuk domain resmi pemerintahan.
  • .aero : digunakan untuk industri penerbangan.
  • dll

Ekstensi domain ini harus sesuai dengan institusi tertentu, sebagai contoh sTLD .mil hanya bisa digunakan untuk militer yanga da di sebuah negara, dan tidak bisa digunakan oleh komersil.

SLD (Second Level Domain)

SLD atau lebih sering disebut Second level domain adalah domain yang menunjukkan alamat yang lebih detail pada sebuah intitusi maupun keberadaan di sebuah negara. Bagi yang ingin menggunakan ekstensi SLD harus ada persyaratan khusus. Berikut ini contoh ekstensi domain SLD (Second Level Domain)

  • .co.id : digunakan oleh perusahaan yang ada di Indonesia .
  • .ac.id : digunakan oleh universitas yang ada di Indonesia.
  • .co.in : digunakan oleh perusahaan yang ada di India.
  • .ac.uk : digunakan oleh universitas yanga da di United Kingdom.
  • dll

Menggunakan SLD menandakan lebih khusus dari website yang akan dikunjungi di sebuah negara.

Third Level Domain (Sub Domain)

Third level domain biasa juga disebut sub domain, yaitu domain yang berinduk pada domain awal. Biasanya sub domain diperuntukkan bagi website yang memiliki kategori tertentu dan berbeda niche dengan domain utama. Berikut ini adalah contoh sub domain:

  • job.aldhifajar.com : sub domain job yang berada di domain utama aldhifajar.com. Secara struktur direktori dari subdomain berbeda dari domain utama dan bisa menggunakan framework yang berbeda juga. Contohnya bisa digunakan sebagai landing page job untuk bekerjasama dengan aldhifajar.com 🙂
  • member.aldhifajar.com : sub domain member yang berada di domain utama aldhifajar.com. Secara struktur direktori dari subdomain berbeda dari domain utama dan bisa menggunakan framework yang berbeda juga. Contohnya bisa digunakan sebagai landing page member untuk fans aldhifajar.com :).

Tips Memilih Nama saat Beli Domain

Nah, sekarang saatnya kita mengulas ketika kalian ingin beli domain yang murah dari berbagai macam ekstensi diatas untuk keperluan bisins maupun untuk blog pribadi. Tentunya ada beberapa tips dan trik bagaimana cara memilih domain yang baik. Berikut ini Tips memilih domain yang tepat agar memudahkan proses branding website itu sendiri:

Pilih Ekstensi yang Sesuai dengan Isi Website

Ekstensi memang sangat menentukan traffic, saat ini ekstensi terdiri dari beberapa macam seperti yang telah dijelaskan diatas. Jika kalian ingin membuat toko online bisa dengan ekstensi .store atau .com yang umum digunakan. Pemilihan ekstensi ini sangat penting, karena masa sewa domain kalian kaan berjalan 1 tahun minimal.

Cari Nama Domain Unik

Memilih nama domain unik saat beli domain murah memang harus diperhatikan, domain yang terdiri dari dua suku kata akan lebih unik. Cobalah untuk memilih beberapa opsi dan yang mudah untuk diucapkan, karena nama domain akan berpengaruh terhadap penyebutan orang lain ketika berkunjung ke website kalian. Secara tidak langsung nama domain yang unik bisa meningkatkan branding pada nama yang kalian pilih.

Jangan Gunakan Tanda Penghubung atau Angka

Pemilihan nama domain memang memungkinkan untuk menyisipakn tanda strip(-) atau nomor (angka) pada nama domain yang kalian pilih. Secara SEO memang nama domain yang memiliki strip sangat sulit untuk mendapatkan posisi di SERP. Oleh karena itu usahakanlah memilih nama domain yang tidak menggunakan tanda penghubung maupun angka.

Penggunaan Nama Brand pada Domain

Jika kalian menggunakan nama domain untuk toko online, saatnya untuk menyisipkan brand kalian di nama domain. Misalnya kalian memiliki bisnis gelas dengan brand gelasku. Kalian bisa memilih gelasku.com sebagai nama domain, hal ini bertujuan untuk branding secara online merek dagang yang dimiliki, secara tidak langsung impressi akan lebih naik.

Penggunaan Keyword atau Kata Kunci pada Nama Domain

Hal ini memang tergantung kepercayaan kalian terhadap sisi SEO sebuah blog atau website. Seringkali algoritma google mendeteksi nama domain pertama kali untuk diranking di pencarian google. Penggunaan keyword berfungsi untuk took online yang kalian miliki. Dengan menggunakan kata kunci pada nama domain diharapkan nama domain yang telah kalian pilih juga akan emmiliki ranking posisi yang bagus di mesin pencarian.

Tips beli domain yang tepat
Tips memilih nama saat beli domain

Pentingnya Nama Domain untuk Blog dan Website Bisnis

Tak dapat dipungkiri bahwa penggunaan media website sebagai sarana promosi produk maupun blog pribadi adalah sangat penting. Di jaman yang serba canggih dan berkembangnya teknologi, semua yang berhubungan dengan online akan semakin update dari hari ke hari. Inilah saatnya bagi kalian untuk belajar melek teknologi dan mengikuti perkembangan jaman.

Sebagai pelaku bisnis , tentunya tujuan utama dalam berbisnis adalah meraih keuntungan, dengan memiliki domain yang sudah berbayar atau lebih sering disebut TLD(Top Level Domain) maka bisa dikatakan bahwa usaha, bisnis, maupun blog pribadi klaian sudah berada satu tingkat lebih tinggi daripada website dengan domain gratis yang banyak tersedia.

Kalian bisa memilih tempat penyedia hosting dan domain seperti qwords.com yang menyediakan layanan hosting dan beli domain murah jika kalian membutuhkan. Yuk mari kita ikuti perkembangan teknologi internet untuk bisa memudahkan apa yang kita lakukan dalam dunia internet.

Nah itulah beberapa penjelasan tentang domain pada artikel ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua. Sampai jumpa di artikel tentang internet berikutnya ya.

5/5 - (1 vote)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here