Pahami Macam Media Promosi Luar Ruang untuk Bisnis

0
61
Jenis Media Promosi Luar Ruang

Pergerakan ekonomi yang sempat tersendat di saat pandemi seperti ini, harus benar-benar dievaluasi bagi para pemilik bisnis. Tak terkecuali kegiatan branding yang harus dilakukan, salah satunya dengan menggunakan media promosi luar ruang yang bisa diaplikasikan pada kegiatan offline dan dioptimalkan untuk menjangkau calon konsumen di sekitar daerah bisnis Anda.

Media promosi luar ruang yang dimaksud adalah segala jenis media promosi advertising seperti papan nama, baliho, spanduk digital printing, huruf timbul, neon box, dan lain sebagainya. Sebagai pelaku bisnis, tentunya kita harus sudah bisa menentukan target market yang akan dituju untuk menyampaikan informasi mengenai produk dan jasa yang akan dijual kepada calon konsumen.

Ada banyak jenis media promosi luar ruang atau outdoor yang bisa diketahui, seperti yang telah disebutkan di atas. Hal ini akan ssangat bermanfaat bagi proses branding jasa dan produk yang akan ditawarkan kepada calon konsumen. Salah satu keunggulan media promosi luar ruang adalah ukurannya yang besar. Sehingga informasi yang disampaikan kepada masyarakat akan tersalurkan sengan baik.

Macam dan Jenis Media Promosi Luar Ruang
Media Promosi Online dan Media Promosi Luar Ruang

Jenis Media Promosi

Media promosi untuk mengenalkan produk yang akan dijual kepada masyarakat ada berbagai jenis. Diantaranya adalah media promosi online dan media promosi offline. Dan dari kedua jenis media promosi tersebut pasti memiliki peran masing-masing yang bisa meningkatkan sales atau penjualan. Lalu apa pengertian dari media promosi online dan media promosi offline. Berikut ini akan dijelaskan pengertian dari keduannya.

Media Promosi Online

Media promosi online adalah salah satu jenis pemasaran yang menggunakan media internet sebagai sarana utama untuk mengenalkan produk atau jasa kepada calon konsumen. Saat ini lebih sering dikenal dengan sbeutan internet marketing. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memasarakan produk dan jasa secara online. Diantaranya adalah:

Pemasaran Online Melalui Marketplace

Semakin menjamurnya platform marketplace atau lokapasar di Indonesia semakin membuka peluang bagi para pengusaha untuk menjajakan produknya secara online. Sekarang para palaku bisnis rumahan atau bsinis sedang bisa menjual barangnya secara bebas di berbagai platform marketplace. Kemudahan dan keamanan bertransaksi menjadi alasan bahwa marketplace lebih banyak dipilih oleh pelaku bisnis di tahun 2021 ini.

Pemasaran Online Melalui Media Sosial

Indonesia sebagai pengguna internet teraktif di dunia menjadi sebuah peluang bagi pelaku bisnis untuk mempromosikan produk dan jasanya di media sosial seperti facebook, instagram, tiktok, twitter dan berbagai macam jenis media sosial yang banyak penggunanya. Saat ini teknik Search Engine Marketing sudah menggunakan platform media sosial untuk proses brandingnya. Karena salah satu keunggulan pemasaran via media sosial adalah mengantarkan pesan dan membuat ketertarikan masyarakat untuk melihat dan akhirnya membeli produk dan jasa yang Anda tawarkan.

Pemasaran Online Melalui Whatsapp

Saat ini platform berkirim pesan juga bisa menjadi salah satu alternatif pilihan untuk memasarkan produk yang akan Anda tawarkan. Anda bisa melakukan promosi secara rapi yang biasa disebut dengan soft selling. Whatsapp adalah aplikasi yang memiliki pengguna yang paling banyak di seluruh dunia. Bukan hal yang mustahil kita bisa membuat Broadcast Message ke berbagai database nomor whatsapp yang sudah kita dapat sebelumnya.

Macam Media Promosi Online

Media Promosi Offline / Media Promosi Luar Ruang

Selain media promosi secara online, tentunya kita juga harus melakukan media promosi luar ruang untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat lokal di sekitar tempat bisnis kita. Media promosi luar ruang ini akan lebih efektif jika kita juga melakukan promosi online. Sehingga dari 2 arah yang berbeda ini kita bisa mendapatkan sales atau penjualan sesuai dengan target yang kita inginkan. Berikut ini bebeapa macam media promosi luar ruang yang bsia kita manfaatkan untuk kegiatan branding. Di antaranya adalah:

Papan Nama Toko

Papan nama adalah media promosi yang menggunakan media papan dari besi hollow dan board alumunium. Visual yang dipasang pada papan nama biasanya menggunakan print digital printing. Papan nama biasa digunakan oleh toko, warung, kios dan berbagai kedai makanan yang tersebar di wilayah lokal area bisnis yang dijalankan.

Baliho / Billboard

Media baliho yang memiliki ukuran besar memiliki keuntungan bisa menjangkau masyarakat lebih luas lagi. Keuntungan lainnya yaitu brand atau merk bisa lebih dikenal masyarakat dengan mudah. Biasanya jika calon konsumen sudah melihat desain baliho, maka rasa ketertarikan untuk membeli produk dan jasa yang ditampilkan di baliho / billboard akan muncul secara natural. Semua itu tergantung desain baliho dan billboard. Biasanya desain baliho yang unik bisa membuat brand cepat menempel di masyarakat.

Spanduk dan banner banyak digunakan oleh bisnis UMKM sebagai media promosi outdoor yang sangat baik. Untuk menciptakan identitas di mata msayarakat, sbeuah kios atau toko harus menggunakan spanduk dan banner untuk memeberitahu keberadaan bisnis mereka di tengah masyarakat. Tak hanya toko dan kios saja, cafe dan kedai makanan juga kerap menggunakan spanduk dan banner untuk menyampaikan informasi tentang produk dan jasa mereka yang dijual.

Jenis Media Promosi Luar Ruang
Jenis Media Promosi Luar Ruang

Kesimpulan

Dalam kegiatan branding, pentingnya kolaborasi antara media promosi online dan media promosi luar ruang untuk kegiatan branding yang efektif. Di jaman teknologi yang semakin canggih ini keduanya sangat diperlukan untuk meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap produk dan jasa yang akan Anda jual.

Sebagai referensi, Anda bisa menggunakan berbagai jenis media promosi diatas, baik media promosi online maupun media promosi outdoor bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penjualan produk yang efketif dan tertuju. Semoga artikel bisnis ini bisa bermanfaat bagi kemajuan bisnis Anda. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here