Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Benar dan Aman

0
57

Mobil merupakan sebuah kendaraan yang bermanfaat untuk mengantarkan seseorang dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Oleh karena itu kita harus menjaga bahwa komponen mesin mobil agar tidak cepat rusak dan tetap prima dengan melakukan pengecekan rutin dan berkala di bagian komponen mesin mobil. Merawat mesin mobil merupakan sebuah kewajiban bagi para pemilik mobil.

Selain memperhatikan kinerja dan berfungsinya komponen mobil yang berada di dalam kap mesin, kita juga harus selalu menjaganya agar tetap bersih dari debu dan kotoran yang bisa menempel kapan saja. Debu dan kotoran tersebut bisa tercipta karena hasil proses pembakaran yang bisa menempel pada mesin mobil yang Anda miliki. Jika mesin kotor, maka sangat besar kemungkinan akan menganggu kinerja mesin dan tidak akan maksimal.

Ruang kap mesin di mana tempat mesin menjalankan sistemnya harus selalu bersih, sebagian orang menyemprotkan air secara langsung ke dalam kap mesin untuk tujuan membersihkan debu dan kotoran yang menempel. Sebenarnya hal itu tidak boleh karena cara ini tidak benar dan sebisa mungkin jangan sampai melakukan ini. Karena air akan merusak sistem listrik yang ada di dalam kap mesin bahkan bisa membuat mesin tidak berfungsi dengan normal.

Untuk merawat mesin mobil, ada cara dan langkah tersendiri agar mesin tetap bisa berfungsi dengan baik dan benar. Bagaimana cara membersihkan mesin mobil dengan aman? Nah, kita akan membahas bagaimana caranya agar aman.

Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Benar

Langkah yang Harus Dilakukan Ketika Membersihkan Mesin Mobil

Kebersihan mesin mobil bisa menentukan keawetan komponen dan onderdil yang ada di dalam meisn mobil. Untuk itu kita harus rutin membersihkannya baik ke tempat cucian maupun dengan sendiri. Nah, jika kita melakukannya sendiri di rumah berikut ini ada langkah yang benar ketika akan merawat mesin mobil di rumah secara mandiri. Di antaranya adalah:

Menyiapkan Alat dan Bahan untuk Membersihkan Mesin Mobil

Peralatan untuk membersihkan mesin mobil harus lengkap agar kita bisa melakukannya secara mandiri. Sebelum membersihkan mesin mobil, alat dan bahan yang harus dipersiapkan adalah kain lap microfiber, sikat halus, kuas, sabun dan lain sebagainya.

Secara umum jika kita ingin mencuci mesin mobil maka harus memiliki meisn steam dan blower, akan tetapi jika kita tidak memioliki cukup kemampuan untuk merawat secara mandiri maka tidak ada salahnya jika kita membawa mobil kita ke tempat cuci khusus membersihkan mesin mobil agar meminimalisir terjadinya risiko mesin rusak.

Membersihkan Ruang Mesin

Ruang mesin atau kap mesin merupakan tempat dimana mesin bekerja ketika digunakan. Banyak debu yang dihasilkan baik dari jalanan maupun hasil dari sistem dan cara kerja mesin mobil. Dengan selalu membersihkan ruangan mesin mobil, maka akan lebih mengurangi kemungkinan rusaknya komponen kecil yang ada di dalam mobil. karena sekecil-kecilnya debu tetap saja bisa menghambat cara kerja mesin mobil dan menjadi tidak maksimal.

Melepaskan Aki Mobil

Sumber listrik yang ada di dalam mobil yaitu aki. Aki merupakan komponen mobil yang sangat rentan terhadap air karena bisa menimbulkan arus pendek atau korsleting yang bsia terjadi kapan saja jika aki terkena air. Oleh karena itu jika kita ingin merawat mesin mobil, maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan mencopot aki pada mesin mobil dan memasangkannya lagi hinga ruang mesin benar-benar bersih dan kering.

Membersihkan Bagian Kecil pada Mesin

Banyak onderdil maupun komponen mesin mobil yang berukuran kecil, oleh karena itu mebersihkan bagian terkecil meruapkan sebuahn kewajiban yang harus rutin dilakukan agar tidak menumpuk dan lama-kelamaan akan menganggu cara kerja mesin mobil yang akan mengakibatkan mesin mobil menjadi rusak ataupun tersendat.

Kesimpulan

Membersihkan meisn mobil tidak sama caranya dengan mebersihkan body mobil. Mesin memiliki berbagai jenis sensor elektronik yang sangat anti terhadap air. Oleh karena itu cara membersihkan mesin mobil dengan cara membersihkan body mobil jelas sangat berbeda. Untuk membersihkan komponen mobil harus membutuhkan ketekunan, ketelitian, dan kebersihan yang masksimal.

Dengan mengetahui langkah yang benar dalam tahapan mencuci mesin mobil, maka Anda akan terbantu karena sudah mengerti apa efeknya jika mesin mobil memiliki kotoran dan debu dalam jumlah yang sangat banyak. Mobil Anda akan semakin prima ketika digunakan dan mesin mobil yang berada pada kap mesin juga terlihat sangat bersih. Semoga artikel mengenai otomotif ini bisa bermanfaat, sampai jumpa di artikel beriukutnya ya.

5/5 - (1 vote)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here