Mencuci pakaian dengan mesin cuci tentunya akan sangat meringankan pekerjaan rumah anda. Jenis mesin cuci ada yang menggunakan 1 tabung dan 2 tabung. Nah, bagaimana cara menggunakan mesin cuci 1 tabung?

Menurut jenisnya, mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung dibedakan berdasarkan tabung yang dimiliki. Kebanyakan ibu rumah tangga memilih mesin cuci sesuai dengan seleranya masing-masing. Lebih banyak yang memilih mesin cuci 1 tabung karena memang lebih praktis dalam penggunaannya.

Cara Menggunakan Mesin Cuci 1 Tabung
Cara Menggunakan Mesin Cuci 1 Tabung

Mesin cuci 1 tabung vs mesin cuci 2 tabung

Perkembangan teknologi elektronik yang sangat pesat mempengaruhi praktisnya mencuci di jaman sekarang ini. Tak hanya mencuci tetapi mesin cuci sekarang bisa dipakai untuk mengeringkan pakaian yang telah selesai dicuci.

Bayangkan jika dibandingkan dengan jaman dulu, mesin cuci tidak se-praktis dan se-simple sekarang. Kita sekarang dimanjakan oleh teknologi yang notabene memang meringankan pekerjaan rumah kita sehari-hari.

Mesin Cuci 1 Tabung

Mesin cuci 1 tabung dibagi menjadi 2 bagian yaitu:

  • Mesin Cuci 1 Tabung Front Loading
  • Mesin Cuci 1 Tabung Top Loading

Adapun kelebihan mesin cuci 1 tabung adalah lebih praktis, pengoperasian yang mudah dan semuanya full otomatis dari mengisi air, mencuci, membilas dan terakhir memeras cucian sampai kering.

Mesin cuci 1 tabung front loading dan top loading memang sebagian besar memiliki fitur yang sama, akan tetapi di mesin cuci 2 tabung, kebutuhan air sedikit lebih hemat, dan pengeringan sampai batas yang maksimal.

Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin cuci 2 tabung sebagian besar memiliki fitur yang sama, yaitu tabing cuci dan tabing pengeringan terpisah. Sehingga bisa dikatakan penggunaan mesin cuci 2 tabung ini manual.

Memang untuk harga mesin cuci ini sedikit lebih murah daripada mesin cuci 1 tabung, tapi pepatah mengatakan “Ono Rego Ono Rupo” yang bisa diartikan yang lebih berkualitas memang mesin cuci 1 tabung.

Kelebihan lain yang bisa didapatkan mesin cuci 2 tabung yaitu hemat listrik. Tetapi pemilihan mesin cuci dikembalikan lagi ke budget setiap keluarga. Jika kebutuhan mencuci hanya sedikit bisa lebih irit dengan menggunakan mesin cuci 2 tabung ini.

Prosedur Cara Menggunakan Mesin Cuci 1 Tabung

Penggunaan mesin cuci 1 tabung memang banyak diminati oleh para ibu rumah tangga untuk membantu mencuci sehari-hari. Praktis dan simple. Bagi anda yang memang belum mengetahui tentang cara menggunakan mesin cuci, berikut saya akan menjelaskan beberapa poin penting menggunakan mesin cuci 1 tabung.

Cara menggunakan mesin cuci 1 tabung

Cara dan penggunaan yang benar akan lebih membuat awet mesin cuci anda, sehingga cara dan prosedur harus seusai dan mengikuti anjuran. Bagaimana caranya?

1.Pastikan mesin cuci sudah tersambung kontaknya dengan listrik.

2.Arahkan selang pembuangan ke kamar mandi atau pembuangan limbah air dirumah anda.

3.Mesin cuci 1 tabung harus tersambung langsung dengan keran air, karena sistem mesin cuci 1 tabung menggunakan sistem otomatis sehingga air harus benar tersambung dengan aliran khusus mesin cuci.

4.Ketika akan menggunakan mesin cuci, pisahkan pakaian berwarna dan yang putih, agar pakaian tidak cepat luntur dan kusam.

5.Jika sudah dipisahkan masukkan ke dalam tabung pencucian, tambahkan deterjen khusus mesin cuci.

6.Jika semua pakaian sudah masuk ke dalam tabung, anda harus mengatur setting mesin cuci, pengaturan meliputi durasi rendam, durasi pencucian, kekuatan putaran mesin cuci, dan waktu pencucian. Untuk pakaian yang kotornya lebih banyak maka tingkatkan durasi pencucian dan kekuatan putaran mesin cuci.

7.Setelah semua diatur, biarkan mesin cuci mengerjakan tugasnya. Sistem pada mesin cuci 1 tabung adalah sistem otomatis. Mesin cuci akan menampilkan countdown timer dan akan memberikan notifikasi setiap langkah pencucian seperti, selesai perendaman, selesai pencucian, dan selesai pengeringan.

Cara Penggunaan mesin cuci 1 tabung
Cara Penggunaan mesin cuci 1 tabung

Selain itu penggunaan deterjen untuk mesin cuci harus memilih yang sangat berkuliatas. Di pasaran sudah banyak produsen yang menjual deterjen khusus mesin cuci, dan produk ini dirancang untuk kebutuhan mesin cuci.

Nah dari cara menggunakan mesin cuci 1 tabung diatas semoga bisa memberikan pencerahan bagi anda yang belum pernah memakai mesin cuci 1 tabung. Mesin cuci 1 tabung bisa

12 COMMENTS

  1. Saya masih pakai mesin cuci dua tabung kang, mau beli yang satu tabung mahal harganya. Memang sih yang satu tabung banyak diminati oleh para ibu rumah tangga untuk membantu mencuci sehari-hari karena Praktis dan simple.

    Nanti kalo sudah punya yang satu tabung baru praktek kang.

    • Semoga bisa beli mesin cuci 1 tabung ya dalam waktu dekat hehehe
      Itung2 nyicil belajar dulu yaa hehe

  2. Terimakasih buat pencerahan tentang permesincucian, mas.
    Kebiasaanku gunain mesin cuci cuma sebatas buat ngeringin.
    Terkadang di lipatan pakaian terasa kurang bersih kalau gunain mesin cuci sepenuhnya.

    • Iya mas klo mesin cuci memang kurang bersih tapi tergantung pemakaian juga sih,
      Apalagi klo terus2an dicampur bisa bikin pakaian belel

  3. Seumur-umur belum pernah pakai mesin cuci. Baik yang 1 tabung maupun yang 2 tabung. Taunya cuma harus dipisah aja itu yang pakaian warna sama yang putih.

    Alasan gak pakai mesin cuci, kadang hasil cuciannya tidak maksimal. Masih suka ada kotoran atau noda yang harus disikat manual. Ya karena cuciannya gak banyak, jadi ya OK OK aja

    • memang betul sih, karena lama kelamaan gak maksimal,, apalagi yg nodanya berat harus cuci manual, pake mesin cuci buat yg masih sedikit bersih aja sih saranku

  4. Tutorial yang bagus nih sob buat para pengusaha loundry, saya pernah jengkel ma tukang loundry pakaian saya digabung dengan pakaian orang lain alhasil jadi kusam dah

  5. Jujur aku belum pernah nyuci pakai mesin sih mas jadi gak terlalu paham. Yah, maklum masih manual pada beberapa aktivitas hehe
    Tapi informasinya oke nih kalau ntar emak beli mesin cuci

    • kasih infonya nih kalo nnti oake msin cuci 1 tabung haha
      Aku juga biasane cuci manual sih, ada dirumah eh konslet, gara2 tegangan anjlok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here