Mendengar nama Jogja, tentu pikiran kamu akan langsung tertuju pada identitasnya sebagai kota pelajar, kota sejarah, tempat aneka kuliner, hingga kawasan wisatanya yang beragam. Jika melirik tempat tempat wisata terbaik di Jogja ini, kamu akan disuguhi dengan berbagai pilihan yang hampir ngga ada habisnya. Mulai dari wisata edukasi, sejarah, ataupun wisata hiburan yang memanjakan mata.

Wisata Terbaik di Jogja
Wisata Terbaik di Jogja

Jika kamu pernah mengunjungi Kota Jogja, pastinya kamu ingin merasakan kembali suasana kotanya yang sangat damai dan penduduk yang begitu ramah.

Nah, apabila kamu berencana untuk wisata ke Jogja, sebaiknya ketahui dulu berbagai tempat wisata terbaik yang dimilikinya. Tak hanya terkenal dengan Pantai Wonosari beserta jajaran pantai disekitarnya, tapi banyak juga tempat wisata lain yang wajib buat kamu kunjungi.

Tempat Wisata Terbaik Di Kota Jogja

Terkenal dengan banyaknya spot menarik, tempat wisata terbaik di Jogja ini layak buat jadi destinasi wisata. Jadi saat kalian ke jogja, pastinya bingung kan mau kemana, Berikut rekomendasi 10 tempat wisata terbaik di Jogja, cekidot!

Kebun Buah di Mangunan

Kota Jogja sangatlah beruntung mempunyai wisata alam yang yang beraneka ragam, salah satunya yakni Kebun Buah Mangunan. Lokasinya berada kurang lebih 200 mdpl, sehingga kamu bisa menikmati pemandangan kabut tebal layaknya di negeri atas awan.

Kebun Buah Mangunan
Kebun Buah Mangunan, Sumber: wikimedia.org

Candi Prambanan

Tempat wisata yang menceritakan kisah tentang Ramayana dan Krishnayana ini berada di lokasi sekitar 17 KM dari pusatnya Jogja. Kompleks candi ini merupakan bukti dari peninggalan kerajaan Hindu terbesar di Indonesia.

Candi Prambanan merupakan destinasi wisata terbaik yang lumayan sering dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara maupun domestik. Tertarik dengan keindahan candi Prambanan? langsung aja cus kesini.

Wisata Jogja Candi Prambanan
Candi Prambanan, Sumber: wikimedia.org

Baca Juga : Candi Gebang Peradaban yang Terlupakan

Taman Sari

Berwisata ke daerah Jogja, belum lengkap deh rasanya kalau kamu tidak menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Ketika mengunjunginya, kamu akan disuguhi dengan keindahan bangunan yang berseni arsitektur. Taman Sari sendiri merupakan tempat pemandian para putri keraton jaman dulu.

Wisata Jogja Tamansari
Tamansari, Sumber: wikimedia.org

Pasar Beringharjo

Lokasi Pasar Beringharjo berada di Jalan Malioboro dan yang menjadi pasar tertua di Jogja. Pasar ini biasa dijadikan para turis sebagai tempat untuk membeli suvenir atau cendera mata dengan harga yang sangat miring. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai barang seperti pakaian, batik, kuliner tradisional, bahan jamu, uang koin kuno, bahkan benda benda antik juga bisa kamu temukan di Pasar Beringharjo ini.

Wisata Jogja Pasar Beringharjo
Pasar Beringharjo Jogja, Sumber: wikimedia.org

Museum Gunung Merapi

Ketika memgunjungi museum ini kamu akan disuguhi berbagai wawasan dan ilmu pengetahuan seputar gunung api dan berbagai bencana geologi lain. Kamu pun bisa menyaksikan pameran karya seni yang menceritakan asal mula Gunung Merapi.

Wisata Jogja Museum Gunung Merapi
Museum Gunung Merapi, Sumber: jogjaonstage.com

Baca Juga : Kalitalang: Keindahan Alam di Lereng Gunung Merapi

Candi atau Situs Ratu Boko

Candi Ratu Boko ini merupakan salah satu bukti sejarah yang sebenarnya merupakan reruntuhan dari istana di jaman dulu. Bahkan banyak orang yang mengenal namanya dengan sebutan Keraton Ratu Boko. Kompleks wisata bersejarah ini cukup lengkap, karena memiliki bagian yang masih tersisa seperti pintu gerbang masuk, bangunan tempat tinggal, pendopo istana, pagar pelindung, hingga kolam pemandian para anggota kerajaan.

Wisata Jogja Candi Ratu Boko
Ratu Boko, Sumber: dok pribadi

Jalan Malioboro

Kawasan waisata di Jalan Malioboro ini, seringkali menjadi destinasi utama yang ngga pernah terlewatkan ketika berlibur ke Jogja. Ketika menjelang malam, Jalan Malioboro ini mulai penuh dengan para wisatawan dan penduduk sekitar sembari menikmati suasana Jogja yang begitu khas. Di sepanjang jalan kamu bisa menemukan pertokoan yang menjual aneka hasil seni khas Jogja, baju batik, kuliner khas, dan lain lain.

Wisata Jogja Malioboro Street
Malioboro, Sumber: wikimedia.org

Pantai Parangtritis

Nah, salah satu destinasi wisata Jogja terbaik yang ngga boleh kamu lewatkan adalah

Pantai Parangtritis. Jarak untuk ke Pantai ini kurang lebih 25 Km di selatan pusat Kota Jogja. Karakteristik ombak dan arusnya sangatlah kuat dan juga cukup besar, lantaran lokasinya berada di tepian Samudera Hindia.
Wisata Jogja Pantai PArangtritis
Pantai Parangtritis, Sumber: wikimedia.org

Deretan Pantai Wonosari

Di kawasan Wonosari, ada banyak destinasi pantai yang bisa kamu tuju. Beberapa diantaranya adalah Pantai Baron, Krakal, dan juga Pantai Kukup. Sehingga ketika mengunjungi destinasi wisata di Wonosari, kamu bisa sekaligus mengunjungi beberapa tempat.

Wisata Jogja Pantai Wonosari
Pantai Drini, Sumber: wikimedia.org

Taman Pintar Yogyakarta

Salah satu wisata terbaik di Jogja adalah Taman Pintar yang menjadi destinasi wisata edukasi. Kamu bisa berlibur bersama keluarga dan anak kamu, karena teman bermain disini sangat cocok dan menyenangkan untuk anak anak.

Selain itu, taman pintar ini bisa mengasah sensor motorik bagi anak anak dan juga menambah wawasan sains yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Tertarik berkunjung ke tempat ini? silakan tulis di daftar wishlist kunjungan kalian.

Wisata jogja taman pintar
Taman Pintar Jogja, Sumber: wikimedia.org

Wisata Budaya dan Alam di Jogja

Masih banyak sebenarnya wisata alam dan budaya yang tersebar di seluruh Jogja, Beberapa tempat wisata mempunyai icon tersendiri sehingga kita memang harus meng-explore semuanya jika memiliki waktu. Pergi wisata ke Jogja bersama keluarga dan orang yang tersayang akan menambah momen yang indah berada di kota gudeg ini.

Wisata di Jogja tidak akan pernah ada habisnya, dukungan pemerintah provinsi menjadi salah satu berkembangnya sektor pariwisata di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dunia traveling dan backpacker akan menjadikan Jogja sebagai tujuan utama mereka.

Baca Juga : Tips Traveling Hemat ala Backpacker

Itulah tadi 10 daftar tempat wisata terbaik di Jogja yang bisa kamu jadikan referensi ketika ingin berlibur ke Jogja. Nah, segera nikmati keseruan liburan kamu dengan tempat wisata yang indah dan menyenangkan di Jogja. Selamat berlibur dan menikmati indahnya kota Jogja.

Advertisements

10 COMMENTS

  1. Jadi kangen jalan2 lagi ke Jogja. Duh kapan ya virus Korona ini berakhir. Imbas negatifnya banyak banget jeh.
    Tiap orang jadi terbatas mau bepergian kemana-mana.

    • betul mbak, corona bener2 merubah pariwisata. Tapi katanya mau new normal nih. moga lancar dan bisa membaik deh.,,kangen jalan2 haha

  2. Jogja memang banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi, dan dari tempat wisata yang ada pasti sekali berkunjung ada rasa ingin berkunjung kembali. Ini mungkin yang membuat wisata di jogja berbeda dari tempat lain, ada rasa ingin kembali (rasa kangen) berkunjung untuk yang kesekian kalinya..

    — Namun saya jadi sedih karena pandemi yang terjadi di Indonesia saat ini juga berdampak pada wilayah-wilayah di sekitarnya, seperti jogja. Banyak tempat tempat tutup, gulung tikar karena besarnya biaya untuk sewa atau tidak adanya pengunjung yang datang karena COVID-19 ini.

    Saya beberapa waktu yang lalu juga sempat berkeliling jogja menggunakan sepeda, tapi tidak sebebas dulu yang kemana-mana bisa dilakukan. Sekarang kalau mau keliling harus lihat kondisi dulu, bahkan ada yang sampai di stop lalu disuruh pulang.. Katanya sih dirumahaja, kalau mau maen sepeda dan keliling-keliling disuruh download game sepeda (KOCAK WEI). Kalau download dari perangkat HP, PC/Komputer mah gak bakal kerasa capeknya, yang ada malah kuota internet terkuras habis.

    Yahhh semoga pandemi ini bisa cepat berakhir dan bisa beraktifitas lagi, biar bisa liburan dan menikmati suasana jogja yang nyaman, adem, dan bisa ketemu ciwi ciwi jogja lagi 😀

    • pandemi mematikan semua sektor sih mas ga cuma pariwisata, JOgja mati suri banget pariwisatanya cuma karena pandemi ini.
      Ya banyak sih yang banting setir bisnis ke bidang lain, karena ga ada pemsaukan.

      Moga pandemi ini cepat berahir, kita kembali ke kehidupan yang seperti biasanya, Amin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here