Memasuki musim kemarau beberapa penyakit pancaroba memang terasa lebih mudah menyerang manusia, Seperti contoh batuk dan pilek. Bagaimana cara menyembuhkan batuk dengan cepat dan tentunya alami?

Nah pada kesempatan kali ini, aku akan membahas beberapa poin penting tentang batuk. Penyakit batuk memang seringkali sangat menganggu setiap orang yang terkena penyakit ini. Apalagi jika disaat musim peralihan dari musim kemarau ke musim hujan dan sebaliknya. Kekuatan imun pada tubuh seseorang terkadang sangat lemah, pada saat inilah batuk bisa menyerang siapa saja yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah.

Apa Itu Batuk?

Batuk merupakan sebuah penyakit yang terjadi di dalam tubuh akibnat respons alami untuk mengeluarkan benda asing/ zat asing yang masuk ke dalam tenggorokan atau saluran pernafasan.

Batuk memang bisa sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan obat, akan tetapi lebih baik jika terkena penyakit batuk diobati secara alami maupun obat kimia untuk meringankan sakit yang terjadi pada tenggorokan maupun saluran pernapasan.

Jenis batuk dibedakan menjadi batuk kering dan batuk berdahak. Batuk kering adalah batuk yang tejadi tanpa diselingi dengan cairan dahak yang dihasilkan tubuh karena terserang bakteri, sedangkan batuk berdahak adalah batuk yang diselingi dengan cairan yang dikeluarkan oleh tubuh sebagai bentuk respon terhadap bakteri yang masuk kedalam tubuh.

Penyabab dan Gejala Batuk

Mengapa batuk bisa terjadi dan menyerang saluran pernapasan? ada beberapa penyebab batuk yang kemungkinan sebagai penyebab batuk itu sendiri. lalu apa saja yang bisa menyebabkan batuk?

Udara Dingin

Jika kalian mempunyai alergi terhadap udara dingin, batuk bisa menyerang saluran pernapasan anda karena kurangnya pasokan oksigen yang dibuthkan oleh tubuh. Oleh karena itu, jagalah suhu tubuh jika berada di suatu tempat yang mempunyai udara dingin.

Merokok

Bahay merokok tidak hanya bisa merusak paru-paru saja, akan tetapi bebereapa komplikasi penyakit lainnya yang saling berhubungan. Salah satunya adalah batuk. Asap rokok yang memiliki nikotin yang sangat berbahaya bisa membuat tenggorokan gatal kemudian menyebabkan batuk.

Asma

Penyakit keturunan seperti asma memiliki gejala awal berupa batuk, seseorang yang terkena penyakit asma akan lebih sering mengalami batuk ketika asmanya kambuh.

Polusi Udara

Kepadatan di kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya dangat mempengaruhi saluran pernapasan. Sebagai akibatnya penderita akan merasakan batuk karena polusi udara sangat berbahaya untuk saluran pernapasan. Dengan batuk maka tubuh akan secara alami mengeluarkan zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga : Cara Menjaga Kekebalan Tubuh

Tips dan Cara Menyembuhkan Batuk dengan Cepat

Lalu bagaimana cara menyembuhkan penyakit batuk yang sudah menyerang orang dewasa maupun anak-anak meskipun batuk akan sembuh dengan antibodi yang dihasilkan oleh tubuh kita. Berikut ada beberapa cara menyembuhkan batuk yang bisa dipraktekan jika salah satu keluarga anda terkena batuk.

Tips Menyembuhkan Batuk dengan Cepat
Tips Menyembuhkan Batuk dengan Cepat

Mengkonsumsi Madu

Madu merupakan obat alami yang bisa menjadi cara menyembuhkan batuk dengan cepat, karena madu bisa melegakan tenggorokan dan melancarkan pernapasan. kandungan madu memiliki zat yang sangat berguna bagi tubuh. Dengan demikian madu bisa digunakan sebagai alternatif obat untuk penyakit batuk.

Istirahat yang Cukup

Faktor tubuh yang kelelahan bisa menyebabkan seseorang mudah terserang berbagai virus dan bakteri, salah satu gejala awal jika seseorang terkena penyakit adalah batuk dan pilek. Jika kalian sudah merasakan tidak enak pada tubuh, segeralah untuk istirahat secukupnya. Dengan demikian kondisi tubuh akan lebih bugar saat bangun nanti.

Konsumsi Banyak Air Putih

Air merupakan salah satu yang dibutuhkan oleh tubuh, setidaknya setiap orang harus mengkonsumsi air sebanyak 8 liter per harinya. Dengan mengkonsumsi secara rutin air putih, maka bakteri yang ada didalam tubuh akan keluar dengan sendirinya bersama dengan urine.

Mengkonsumsi Obat Batuk

Obat batuk adalah pilihan terkahir jika batuk sudah semakin parah. baik batuk kering dan batuk berdahak, kalian bisa mencoba untuk mengobati tubuh dengan mengkonsumsi obat batuk yang sudah umum tersedia di pasaran. Mengkonsumsi obat batuk akan membuat tenggorokan lebih lega dan tidak gatal lagi.

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Kebersihan adalah hal yang paling utama dan harus dijaga oleh setiap keluarga di dalam rumah. Bibit penyakit dan cikal bakal penyakit batuk bisa timbul karena tempat sekitar kita yang kotor dan berdebu. Usahakan jaga kebersihan lingkungan dengan menyapu dan mengepel. Selain itu kebersihan tubuh juga salah satu faktor kesehatan yang paling penting, jika kalian ingin hidup sehat maka tubuh kalian harus selalu bersih.

Baca Juga : Manfaat Vitamin dan Mineral bagi Tubuh

Setelah membaca penjelasan diatas mungkin bisa dijadikan referensi ketika kalian terserang penyakit batuk, baik batuk kering maupun batuk berdahak. Yang paling utama adalah menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar agar kita tidak mudah terserang bakteri maupun virus yang bisa menyebabkan batuk. Sampai jumpa di artikel tips dan trik kesehatan lainnya. Mensana In Corporesano!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here