Sebagian besar orang sering bertanya bagaimana cara meningkatkan kekebalan tubuh, terutama untuk menghadapi musim pancaroba dimana penyakit kekebalan tubuh cenderung menurun. Sistem kekebalan tubuh yang menurun akan membuat kita mudah terserang penyakit mulai dari pilek, batuk, hingga demam. Agar tidak mudah sakit saat musim pancaroba, kita harus mengetahui cara meningkatkan kekebalan tubuh yang tepat.

Bagaimana cara meningkatkan kekebalan tubuh
Cara meningkatkan kekebalan tubuh

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sebenarnya, ada banyak cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang bisa kita lakukan, beberapa di antaranya bahkan sudah sering kita praktekkan tanpa sadar. Salah satu contohnya adalah olahraga rutin yang sering kita lakukan seperti berjalan kaki dan lari pagi.

Selain itu, kebiasan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin dan mineral juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tips untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang bisa dicoba.

Meningkatkan Konsumsi Sayur dan Buah

Salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan menjaga asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. vitamin dan mineral ini bisa kita dapatkan dari buah dan sayur seperti jeruk, apel, papaya, bayam, selada dan sejenisnya.

Satu hal yang perlu diingat, jangan lupa untuk mencuci buah dan sayuran sebelum dimasak. Mencuci buah dan sayur sangat penting untuk membersihkan sisa pestisida yang mungkin masih menempel.

Konsumsi Suplemen

Mengkonsumsi suplemen juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Suplemen ini biasanya berupa pil atau kapsul yang mengandung vitamin dan mineral, terutama vitamin C dan zat besi.

Kelebihan dari suplemen-suplemen ini adalah kandungan vitamin dan mineralnya yang cenderung lebih tinggi dibanding yang lain. Akan tetapi, anda harus mengkonsumsi suplemen-suplemen tersebut sesuai aturan.

Jika anda takut dampak negatif menggunakan suplemen buatan, ada baiknya anda mencoba suplemen makanan alami seperti misalnya adalah madu yang kaya antioksidan, olahan sarang burung walet yang kaya akan protein atau makanan yang lainnya.

Menghindari Stres dan Depresi

Stres dan depresi berpotensi menurunkan daya tahan tubuh, hal itu bisa terjadi lantaran kondisi psikis seseorang akan bepengaruh pada kondisi fisiknya. Sebaliknya, jika pikiran rileks, maka kekebalan tingkat kekebalan tubuh kita akan meningkat. Oleh karena itu, berusahalah sebiasa mungkin untuk tetap rileks meskipun kita sering bekerja di bawah tekanan.

Tidur Tepat Waktu

Untuk menjaga daya tahan tubuh, kita perlu istirahat yang cukup. Oleh karena itu, usahakanlah untuk selalu tidur tepat waktu. Jika bisa, jangan tidur di atas pukul sepuluh malam.

Mengapa tidur tepat waktu sangat penting bagi kesehatan? Tidur merupakan saat dimana tubuh akan beregenerasi dan memperbaiki sel – sel yang rusak, itulah mengapa tidur tepat waktu sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebaln tubuh kita.

Perbanyak Minum Air Putih

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, tubuh kita delapan puluh persen terdiri dari air. Oleh karena itu, bisa dibayangkan apa yang terjadi jika kita sampai mengalami dehidrasi. Selain membuat tubuh menjadi lemah, dehidrasi jelas akan menyebabkan daya tahan tubuh kita menurun.

Menjaga Kebersihan Badan dan Lingkungan

Anda tentu pernah mendengar istilah bersih pangkal sehat. Istilah bersih pangkal sehat sepertinya sangat tepat unutk menggambarkan betapa erat kaitan antara menjaga kebersihan dengan meningkatnya kekebalan tubuh. dengan membersihkan tubuh dan lingkungan, maka kita akan terhindar dari kuman dan virus yang secara langsung dapat menyebabkan turun kekebalan tubuh.

Faktor penyebab kekebalan tubuh menurun
Vitamin untuk kekebalan tubuh

Faktor Penyebab Menurunnya Kekebalan Tubuh

Faktor-faktor penyebab menurunnya daya tahan tubuh kurang lebih merupakan kebalikan dari faktor meningkatnya kekebalan tubuh. faktor-faktor menurunnya kekebalan tubuh antara lain:

Terlalu Sering Begadang

Istirahat yang cukup sangat erat kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh kita, karena itulah kita harus cukup istirahat. Terlalu sering begadang jelas dapat menurunkan kekebalan tubuh kita, menurunnya daya tahan tubuh tersebut biasanya ditandai dengan rasa lelah yang berlebihan, meningkatnya suhu tubuh, gemetar, sering merasa pusing dan lain sebagainya.

Kurang Berolahraga

Olahraga tidak hanya penting untuk menjaga kebugaran tubuh, tapi juga penting untuk meningatkan kekebalan tubuh. Secara tidak langsung kondisi tubuh yang bugar menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh kita cukup baik. Sebagai bukti, tentu anda jarang mendengar ada seorang olahragawan yang sakit. Para olahragawan memang jarang jatuh sakit karena sistem kekebalan tubuh mereka memang cukup bagus.

Kurangnya Asupan Vitamin dan Mineral

Kurangnya asupan vitamin dan mineral juga merupakan salah satu sebab mengapa kekebalan tubuh kita menurun. Vitamin C, misalnya, sangat penting bagi tubuh karena vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang melindungi tubuh dari efek perubahan cuaca. Jika kita kekurangan vitamin C, maka tubuh kita akan menjadi rentan terhadap dampak perubahan cuaca. Untuk itu, cukupilah kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh.

Setelah membaca uraian di atas, tentu anda sudah tahu gambaran terkait cara meningkatkan kekebalan tubuh. Setelah mengetahui kiat-kiat untuk meningkatkan dan menjaga kekebalan tubuh, kini tinggal bagaimana anda akan menerapkan kiat-kiat tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

4 COMMENTS

    • Susah tidur y mas? heheh
      padahal istirahat yang cukup itu baik buat imun, coba mas tidurnya dijadwal aja, siapa tau tokcer

  1. olahraga dan tidur cepat adalah 2 hal yg belum kulakukan.. yang paling susah tidur cepat, ntah kenapa kalau malam tu banyak ide2 kreatif bermunculan jadi banyak planning, konsep ini itu, tulisan, video dan lain2 yg dikerjakan malam. kalau siang suka stuck idenya -___-..

    -traveler paruh waktu

    • Biasanya ide itu datangnya memang malem mas, kalong adalah segalanya. sama aku juga gitu meskipun jelek buat kesehatan. Karena otak juga perlu istirahat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here