Faedah Jasa Konsultan Pajak untuk Freelancer

0
315

Kemungkinan sedikit orang yang mengetahui faedah jasa konsultan pajak untuk freelancer karena dahulu yang memakai jasa konselor pajak ialah tubuh usaha yang telah besar dan mempunyai organisasi secara terancang.

Tetapi tahukah Anda jika sebetulnya beberapa orang yang mengaryakan diri sendiri masih tetap terserang pajak. Perihal ini pula yang membuat tenaga terlepas atau freelancer perlu jasa konsultan pajak.

Pajak Untuk Freelancer

Kemungkinan cukup banyak orang yang menanyakan apa freelancer harus juga bayar pajak dan berapakah besaran pajak seorang karyawan freelancer? Walau sebenarnya ini sudah ditata dalam undang-undang. Karena sebagai seorang karyawan terlepas Anda harus tetap melakukan kewajiban untuk memberikan laporan dan menyerahkan pajak pada negara.

Harus pajak yang perlu dibayar dengan seorang freelancer sudah tercantum pada pasal 21. Ini menunjukkan jika karyawan terlepas atau freelancer harus juga patuh pajak. Pasal yang mengulas berkenaan perpajakan kelanjutan dengan detil diulas dalam ketentuan pemerintahan nomor 46 tahun 2013. Berikut sebagai argumen dasar ada faedah jasa konsultan pajak untuk freelancer.

Jasa Konsultan Pajak untuk Freelancer

Pemahaman Freelance

Freelance ialah tenaga terlepas yang bekerja untuk dirinya dan tidak terlilit loyalitas di suatu pribadi atau tubuh usaha untuk periode waktu tertentu. Pendapatan atas tugas terlepas ini harus disampaikan dan dibayar pajaknya. Kewajiban bayar pajak dan laporan SPT pajaknya sebagai semua pendapatan yang didapatkan baik itu sebagai pendapatan rutin atau pendapatan sambilan.

Saat Anda bekerja untuk perusahaan umumnya pajak sudah dipotong langsung lewat perusahaan dan nanti perusahaan akan memberikan bukti atas pemangkasan pajak ini. Berikut ialah contoh karyawan freelance atau karyawan bebas yang pekerjaannya tidak terlilit:

  • Atlet atau olahragawan
  • Tenaga pakar yang lakukan tugas freelance seperti akuntan, advokat, dokter, arsitek, notaris, konselor, dan penilai.
  • Pendidik, penasihat, penceramah, pelatih, penyuluh dan moderator.
  • Periset, pengarang dan penerjemah
  • Agen iklan
  • Pengurus dan pengawas project
  • Mediator
  • Agen asuransi
  • Petugas penjual barang dagangan
  • Distributor beberapa barang dari perusahaan
  • Konselor pajak freelancer

Faedah Konselor Pajak untuk Freelancer

Beberapa dari freelancer Indonesia sekarang ini kemungkinan belum juga ketahui apa faedah konselor pajak dalam menolong keringanan beberapa karyawan freelance. Berikut ini sudah kami kumpulkan salah satunya:

Menolong Hitung Pajak Pendapatan

Seorang konselor pajak dapat menolong Anda dalam hitung pajak pendapatan. Dalam tentukan besaran pajak yang perlu dibayar konselor akan memakai etika penghitungan yang sudah diputuskan oleh pemerintahan. Rumus untuk hitung pajak pendapatan freelancer yaitu biaya progresif pph individu dikali dengan pendapatan terkena pajak.

Berikut ialah biaya progresif pajak sesuai undang-undang nomor 36 tahun 2008.

  • Pendapatan terkena pajak 50 juta /tahun dikenai pajak sejumlah 5%
  • Pendapatan terkena pajak 50 juta sampai 250 juta /tahun dikenai pajak sejumlah 15%
  • Pendapatan terkena pajak di atas 500 juta /tahun dikenai pajak sejumlah 30%

Menolong Membuat Rencana Pajak

Faedah konselor pajak untuk freelancer ialah membuat rencana pajak dengan baik dan tepat supaya hasilnya maksimal karena tidak seluruhnya orang sanggup melakukan. Selain itu konselor akan menolong Anda menyiapkan dan mengurusi semua data yang terkait dengan pajak untuk disampaikan sesuai ketetapannya.

Pengecekan Laporan Pajak

Faedah konselor pajak untuk freelancer yang juga sangat penting ialah menolong dalam menilai beberapa data yang terkait dengan munculnya beban pajak yang dapat bikin rugi Anda. Konselor pajak dapat membuat ongkos pajak jadi lebih dapat dijangkau tanpa menyalahi ketentuan perundangan yang berjalan.

Saat sebelum lakukan harus pajak, seharusnya Anda konsultasi lebih dulu dengan konselor professional supaya mendapatkan info secara tepat dan terbaru sekitar ketentuan pajak.

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here