Jenis Ban Mobil yang Wajib Diketahui

0
38

Kendaraan roda emapt memiliki banyak bagian dan komponen mesin, salah satunya adalah ban. Ban mobil merupakan komponen dari mobil yang sangat penting dan harus selalu diperhatikan. Dalam kenyataannya jenis ban mobil ternyata memiliki variasi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan penggunaannya. Kebutuhan kendaraan menjadi alasan mengapa ban memiliki berbagai jenis yang tersedia di pasaran. Jenis jalan dan medan yang dilalui kendaraan juga menjadi salah satu alasan mengapa ban diciptakan berbeda dan sesuai dengan kebutuhannya.

Fungsi dan keguanaan dari berbagai macam ban tersebut bisa dirasakan ketika kita mengendarai mobil. Jika jmacam ban sesuai dengan tipe mobil maka kita akan mengendarai mobil dengan daya cengkeram yang baik, kestabilan mobil, aman dan nyaman. Beberapa jenis mobil juga menggunakan ban yang besar seperti mobil yang diperuntukkan di pertambangan dan perusahaan. Untuk mobil keluarga lebih banyak digunakan ban standar pabrikan seperti ban bias dan ban radial.

Jenis Ban Mobil
Jenis Ban Mobil

Jenis Ban Mobil dan Spesifikasinya

Pemilihan ban untuk kendaraan merupakan hal yang harus benar-benar dipertimbangkan dengan baik. Tersedianya beberapa jenis ban yang diperuntukkan untuk beberapa macam mobil dan fungsinya. Nah, untuk wawasan para pecinta otomotif, berikut ini adalah jenis jenis dan macam ban mobil. Di antaranya adalah:

Ban Radial

Salah satu jenis ban yang ada di dunia otomotif adalah ban radial. Tentunya kita sering mendengar istilah ban radial identik dengan ban racing dan memiliki ketahanan yang cukup lama. Ban radial ini memiliki ciri khusus yaitu memiliki lapisan serat yang menyilang pada grip dan lapisan ban.

Struktur lapisan tambahan yang menyilang atau melintang (radial) memiliki fungsi agar ban memiliki grip dan daya cengkeram yang lebih baik dengan aspal. Karena lapisan bawah ban akan lebih banyak menapak pada aspal sehingga akan lebih stabil ketika berkendara. Ban radial diperuntukkan untuk mobil kecil dan medium, untuk mobil besar seperti tronton tidak menggunakan ban radial.

Jenis Ban Radial dan Ban Bias
Jenis Ban Radial dan Ban Bias

Ban Bias

Salah satu jenis ban yang lainnya adalah ban bias. Ban bias memiliki ulir yang lurus dan merupakan kebalikan dari ban berjenis radial. Ban bias ini memiliki telapak ban yang lebih tebal. Nah salah satu kelebihan ban bias adalah bisa menahan beban yang lebih berat lagi daripada mobil biasa.

Penggunaan ban bias ini paling sering digunakan karena memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan ban radial. BAn bias ini memiliki lapisan kain yang akan membentuk rangka ban. Sehingga ketika ban bergesekan dengan aspal, energi panas akan terpusat di tengah ban ini. Ukuran ban bias ini juga banyak memiliki variasi sesuai kebutuhan.

Ban MT

Seringkali kita melihat tulisan M/T pada bagian ban yang berukuran besar. Biasanya kita menemukan tulisan ini untuk jenis mobil yang lbeih besar dibandingkan sedan dan van. Mobil berjenis SUV, dan off road lebih banyak menggunakan macam ban ini karena menyesuaikan dengan medan yang sering dilalui oleh kendaraan ini.

MT ini merupakan singkatan dari Mud Terrain. Ban Mud Terrain adalah jenis ban yang bisa digunakan di medan offroad yang umumnya memiliki medan bebatuan. Ulir ban pada ban MT dibuat tebal dan memiliki celah yang besar, hal ini bertujuan untuk mencengkeram lebih baik pada medan bebatuan atau tanah kerilil. Secara garis besar ban ini juga akan memiliki efek menggaruk dan biasanya digunakan pada mobil yang memiliki doubel gardan.

Ban AT

Macam ban yang sleanjutnya adalah ban AT. Kita juga sering melihat tulisan AT pada ban mobil. Pasti Anda banyak yang belum mengetahui apa itu ban A/T?. Ban AT merupakan singkatan dari All Terrain. Ban AT banyak digunakan untuk mobil berjenis SUV ataupun Jeep yang banyak melalui medan berat seperti batu dan lain sebagainya.

Akan tetapi jika digunakan pada jalan aspal, ban AT juga bisa digunakan karena memiliki tepak ban yang lebar dan bisa mencengkeram di berbgai medan baik tanah maupun aspal.

Ban HT

Setalah mengetahui ban A/T dan ban M/T. Anda juga wajib mengetahui ban HT. Ban HT ini memiliki singkatan Highway Terrain. Ban jenis ini memiliki persentase 75% bisa digunakan untuk medan off-road, dan 25% bisa digunakan untuk jalanan aspal biasa. Jenis mobil yang menggunakan ban H/T bisa berbagai macam seperti city car, SUV, pick up, sedan, bahkan mobil MVP.

Ban HT ini jika digunakan di jalan aspal tidak menimbulkan suara bising dan cenderung lebih senyap. Di lain penggunaan ban jenis HT ini juga sering digunakan untuk mobil balap. Ban mobil ini memiliki tekstur yang lebih tebal.

Ban mobil AT MT dan HT
Ban AT, MT, dan HT

Kesimpulan

Sebagai pecinta otomotif yang harus selalu mengetahui bagaimana cara merawat ban atau apa saja fungsi ban, maka tidak ada salahnya kita juga mengetahui apa jenis dan macam ban. Sedikit pembahan di atas mengenai jenis ban mobil semoga bisa menambah wawasan kita di dunia otomotif.

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here