Daftar dan Arti Ukuran Ban Mobil Lengkap

0
45

Bagi sebagian orang yang baru berkecimpung di dunia otomotif pasti akan sedikit bingung mengenai arti dari ukuran ban mobil. Pada kenyataannya memang ukuran ban mobil itu berbeda-beda, dari mulai lebar ban, profil ban, sampai tebalnya yang memiliki berbagai variasi tergantung mobilnya. Ban mobil merupakan bagian dari komponen mobil yang memiliki banyak kegunaan baik untuk mobil itu sendiri maupun saat berkendara.

Pengetahuan mengenai ukuran ban ini memang wajib dimiliki oleh setiap orang yang memiliki kendaraan pribadi. Karena jika Anda ingin membeli ban untuk mobil, jangan sampai Anda salah beli ban karena memiliki ukuran yang berbeda. Sebenarnya semua informasi mengenai ukuran dan jens profil ban mobil sudah tertera di setiap ban. Dan kode unik tersebut harus diketahui oleh setiap pecinta otomotif.

Jenis dan kode ukuran ban mobil
Jenis dan kode ukuran ban mobil

Cara Membaca Ukuran Ban Mobil

Adapun beberapa kode yang tertera pada ban mobil diantaranya spesifikasi ban, tipe ban, ukuran tekanan ban, bentuk ban, lebar ban, tahun produksi ban, ukuran velg ban, beban maksimum, dan batas kecepatan maksimum. Lalu bagaimana kita bisa membaca dan mengartikan kode kode ukuran ban yang tertera pada ban?

BACA JUGA : Cara Merawat Ban Mobil

Berikut ini kita akan membahas bagaimana cara membaca ukuran ban mobil yang benar sesuai dengan kode unik tersebut, agar Anda tidak salah ketika membeli ban mobil. Di antaranya adalah:

Ketebalan Ban Mobil

Kita bisa mengetahui ketebalan ban tersebut dari kode 3 angka pertama yang tertera pada ban. Sebagai contoh ada ban dengan kode 195/55/R15. Tiga angka di depan tersebut menunjukkan ketebalan dinding ban dalam satuan mm. Dan ukuran tersebut bisa terlihat ketika sudah dipasangi velg.

Rasio Ban Mobil / Ketinggian Ban

Kode selanjutnya adalah rasio ban mobil. Aspek rasio ban mobil merupakan perbandingan tinggi penampang ban mobil dengan lebar ban tersebut. Sebagai contoh ada ban dengan kode 195/55/R15. Maka kode 55 merupakan aspek rasio ban mobil tersebut yang berarti sama dengan 55% dari total lebar ban mobil tersebut. Aspek rasio semakin besar maka akan berbanding lurus dengan dinding samping ban.

Diameter Ban Mobil dan Jenis Kontruksi Ban

Kode yang ketiga adalah kode diameter yang dimiliki oleh ban mobil. Seperti pada contoh ban mobil dengan kode 195/55/R15. Itu berarti bahwa ban tersebut memiliki diameter 15 inch. Diameter ban mobil sangat bervariasi tergantung jenis mobilnya mulai dari ban ring 13, 14,15,16,17, sampai 22. Dan R pada kode tersebut berarti bahwa ban tersebut memiliki kontruksi R yang berjenis Radial.

Maksimum Beban Ban / Load Index

Kita ambil contoh dengan ban yang memiliki kode 195/55/R15 85V. Ini berarti bahwa ban tersebut memiliki ketebalan 185mm, dengan rasio ban mobil 55%, memiliki diamater ban 15 inch, berjenis ban radial, dan kode yang terakhir yaitu index load atau maksimum beban ban maksimal yaitu memiliki load index 85. Load index 85 memiliki batas beban maksimum sebesar 515kg.

Maksimal Kecepatan

Kode selamjutnya yang tertera pada ban mobil adalah maksimum kecepatan yang digunakan ketika menggunakan ban mobil tersebut. Huruf terakhir setelah load index menunjukan kode batas maksimum kecepatannya. Ban yang memiliki kode 195/55/R15 85V berarti memiliki kode ā€œVā€ dalam konteks batas kecepatan. Kode V sendiri memiliki batas kecepatan 240km/jam.

Kode Tahun Pembuatan Ban

Kode selanjutnya yaitu tahun pembuatan ban. Untuk diketahui bahwa ban mobil memiliki masa expired yang sudah ditentukan oleh pabrikan masing-masing. Karena bahan baku karet memiliki masa tahan lama sesuai dengan penggunaannya. Batas minimal ban adalah 5 tahun, jika lebih dari 5 tahun sangat dianjurkan untuk mengganti dengan yang baru. Contoh kode ban tahun pembuatan adalah : 0821. Kode ini berarti ban tersebut dipriduksi pada minggu ke 8 di tahun 2021.

Kesimpulan

Untuk menentukan jenis ban mobil ketika akan mengganti sebaiknya para pecinta otomotif mengetahui kode dan jenis profile ban yang digunakan. Jangan sampai kejadian Anda salah membeli ukuran maupun profile ban yang doikehendaki. Dengan penjelasan kode ban mobil di atas maka untuk selanjutnya Anda akan dimudahkan ketika membaca berbagai kode jenis ban.

Nah, itu tadi jenis ukuran ban mobil dan kode ban yang wajib diketahui sebagai pecinta otomotif semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel otomotif selanjutnya ya.

5/5 - (1 vote)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here