Jenis Mobil Sedan Terbaik untuk Motuba Pertama Anda

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Jenis mobil sedan terbaik yang dicari sebagai mobil pertama Anda memang banyak sekali jenisnya. Dari berbagai merek dan tipe tentunya memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Sebagian besar para pecina otomotif memilih jenis mobil sedan untuk mobil pertamanya. Dalam menentukan pemilihan jenis mobil sedan tentu kita harus mengetahui beberapa tipe mobil sedan yang ada di pasaran otomotif Indonesia.

Mobil sedan tahun tua yang berkisar antara tahun 1990-2000 memiliki bentuk yang minimalis dan sisi aerodinamis yang mendukung untuk akselerasi maupun tampilan. Tak hanya mobil sedan keluaran tahun tebaru, tak jarang mobil sedan keluaran tahun tua seperti produksi di antaranya tahun 1990 – 2000 masih menjadi pilihan dan banyak diburu karena memang sparepart yang tersedia banyak di pasaran.

Jenis mobil sedan terbaik
Mobil Sedan Terbaik untuk Mobil Pertama

Merawat mobil tua dan mobil keluaran terbaru pada dasarnya sama, perbedaannya mungkin tempat maintenance dan perawatan. Selain itu aksesoris pendukung juga banyak tersedia yang PnP (plug and play) sehingga aksesoris bisa langsung dipasang tanpa mengatur tempat dudukan dan lain sebagainya.

Nah, untuk lebih paham mengenai tipe mobil sedan tua yang cocok digunakan untuk mobil pertama atau untuk pemula, pada artikel ini kita akan membahas jenis mobil sedan apa saja yang mudah dirawat, bandel, cocok untuk pemula dan digunakan sebagai mobil sedan terbaik serta pertama yang Anda miliki.

Jenis dan Tipe Mobil Sedan Terbaik untuk Pemula

Ada beberapa merek dan tipe mobil ternama yang menyediakan jenis sedan. Beberapa diantaranya ada yang sudah mengalami perubahan bentuk body atau lebih dikenal dengan istilah facelift. Nah, lalu mobil dengan jenis sedan seperti apa yang cocok dibeli untuk pemula atau yang pertama kali memiliki mobil?

Berikut ini tipe mobil sedan yang bisa menjadi pilihan sebagai mobil pertama Anda. Di antaranya adalah:

Toyota Corolla

Toyota Corolla merupakan mobil yang diproduksi oleh brand mobil ternama dari Jepang yaitu Toyota. Corolla merupakan salah satu mobil sedan yang paling banyak diminati oleh para pecinta otomotif. Sedan corolla menjadi populer di dunia setelah keberhasilan penjualan Great Corolla atau tipe sedan AE101 di negara Asia Tenggara.

Sedan corolla sudah melalui beberapa generasi dari mulai diproduksi pada tahun 1967 dan diperkenalkan pertama kali oleh toyota sebagai mobil sedan yang memiliki kenyamanan tinggi serta memiliki harga yang sangat terjangkau. Toyota corolla bermesin 4 silinder yang menggunakan mesin berjenis 4A-FE. Mobil toyota corolla yang paling berhasil yaitu sedan corolla tahun 1992-1995 di Indonesia.

Desain Toyota Corolla yang tidak habis dimakan jaman menjadi salah satu rekomendasi mobil pertama yang bisa kalian miliki. Perawatan yang mudah dan ketersediaan suku cadang toyota yang berlimpah menjadi salah satu alasan mengapa Anda harus memiliki mobil ini. Tak hanya itu, mesin 4A-FE yang bandel membuat perawatan sedan toyota corolla menjadi lebih mudah.

Toyota Corolla untuk jenis sedan terbaik di kelasnya
Toyota Corolla Motuba Sedan Terbaik

Mitsubishi Lancer

Mobil sedan Mitsubishi Lancer merupakan mobil tua yang banyak diminati di tahun 2023 ini. Motuba sedan Lancer ini terhitung masih sangat sedap dipandang mata dari segi visual. Lancer diproduksi pada tahun 1973 di Jepang dan pada saat itu digunakan untuk kejuaraan Rally di berbagai belahan dunia.

Generasi lancer terbagi menjadi 9 generasi dan beberapa diantaranya menggunakan mesin yang berbeda-beda sesuai dengan pengembangan dan inovasinya dari setiap generasi. Mitsubishi Lancer juga merupakan saingan utama dari sedan toyota Corolla, karena Lancer memiliki pengguna dan unitnya hampir terjual sangat banyak di pasar Asia Tenggara pada kisaran tahun 1991-1995.

Mobil mitsubishi Lancer ini tidak termakan usia baik mesin maupun tampilannya, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin memiliki motuba sedan minimalis dan memiliki harga yang terjangkau. Perawatan dan suku cadang Lancer juga tergolong sangat mudah karena suku cadang masih tersedia di pasaran untuk sedan yang sudah berumur 30 tahun lebih ini. Mitsubishi Lancer Evo bisa menjadi pilihan yang bisa digunakan sebagai mobil pertama yang nyaman untuk keluarga.

Mitsubishi Lancer untuk Mobil Pemula
Mitsubishi Lancer untuk Mobil Pemula

Honda Civic

Honda Civic merupakan mobil yang diproduksi oleh pabrikan Honda. Diperkenalkan pada publik pada tahun 1972 dengan Honda Civic generasi pertamanya. Mobil ini menggunakan sistem penggerak roda depan dan memiliki sistem karburasi. Setelah generasi kelima, Honda Civic Genio dan Estilo diluncurkan dan menjadi penjualan yang paling banyak disekitar tahun tersebut.

Civic Genio merupakan sedan 4 pintu dan memiliki bagasi di belakang, sementara versi hatchbacknya yaitu Honda Estillo yang memiliki 3 pintu. Civic jenis ini menjadi penjualan yang paling banyak di Asia Tenggara khususnya negara Indonesia. Honda Civic menjadi mobils edan yang digandrungi anak muda dan banyak yang melakukan modifikasi seperti JDM (Japan Domestic Market) yang merupakan gaya hidup otomotif khusus di Jepang.

Mobil sedan tahun tua ini sangat cocok jika digunakan sebagai mobil pertama, karena di Indonesia sendiri jika menggunakan mobil Honda, Toyota, maupun Mitsubishi masih banyak tersedia spare part yang mendukung untuk merawat mesin mobil ini. Honda Civic juga termasuk motuba sedan yang paling mudah perawatannya dan memiliki mesin bandel.

Sedan Honda Civic Terbaik
Sedan Honda Civic Terbaik

Kesimpulan

Memilh jenis dan tipe mobil sedan memang menjadi sebuah pertimbangan karena di pasaran otomotif banyak yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Pabrikan ternama dari Jepang seperti Toyota, Honda, dan Mitsubishi masih menjadi pioneer untuk jenis dan tipe mobil tua sedan yang bisa Anda miliki sebagai mobil pertama.

Merawat komponen mesin mobil yang mudah menjadi salah satu pertimbangan yang utama selain memiliki harga yang terjangkau. Jenis motuba sedan tersebut bisa menjadi pilihan dan bisa Anda gunakan untuk aktifitas keseharian yang aman dan nyaman. Semoga artikel otomotif ini bisa bermanfaat dan selamat berburu jenis mobil sedan pertama Anda untuk keluarga.

5/5 - (1 vote)

Leave a Comment