Bisnis UKM akan menjadi sebuah gebrakan di bidang ekonomi jika kita mengelola dan melakukan cara pemasaran online yang efektif dan tepat. strategi pemasaran melalui media pemasaran online adalah pilihan yang benar bagi para pelaku bisnis UKM di Indonesia. Bukan tidak mungkin dari sebuah bisnis kecil, kelak akan menjadi bisnis yang memiliki omzet yang besar.

Sudah kita ketahui juga, bahwa bisnis UKM sudah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dengan melakukan pemasaran metode konvensional. Penjualan dan branding bisnis UKM diharapkan bisa menjadi lebih dikenal oleh masyarakat di Indonesia dengan melakukan pemasaran secara online.

Apa definisi pemasaran online?

Sebuah cara pemasaran produk dengan menggunakan media internet.

Apakah bisnis UKM bisa dipasarkan melalui media promosi online?

Ya, media promosi bisa secara lus digunakan untuk memasarkan bisnis UKM

Cara Pemasaran secara Online yang tepat
Pemasaran Online untuk UKM

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pemasaran Online

Banyak cara yang dilakukan untuk memasarkan produk bisnis UKM kita melalui internet. Pemasaran melalui media online ini sedang banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis, baik yang sudah berjalan maupun yang baru merintis. Tujuan utama dari pemasaran online tentunya agar calon konsumen banyak mengetahui tentang produk yang akan kita jual.

Membuat List Target Market

Sebelum melakukan pemasaran secara online, ada baiknya kita harus melakukan riset dan analisa pasar secara sederhana terlebih dahulu. Riset tentang apa? kita harus tahu produk yang akan dijual itu kepada siapa. Oleh karena itu wajib hukumnya mengetahui listing target market terlebih dahulu.

Apa itu list target market? yaitu daftar sasaran calon konsumen yang harus kita analisa terlebih dahulu meliputi: siapa calon konsumen anda, siapa kompetitor anda, bagaimana demografi tentang calon konsumen anda, bagaimana behaviour/kepribadian calon konsumen anda.

Hal ini memang sering dilewatkan oleh beberapa pengusaha, padahal list target market ini sangat penting untuk melakukan remarketing target di promosi selanjutnya.

Evaluasi Hasil Target Market

Setelah melakukan riset dan analisa mengenai calon konsumen dan kompetitor, maka langkah selanjutnya yaitu menyatukan data untuk diolah. Semua data yang didapatkan kita saring lagi agar benar-benar produk kita bisa langsung tertarget.

Dengan melakukan evaluasi target market, maka langkah untuk menentukan pemasaran online akan terbuka. Dan dan paling penting adalah meminimalisir promosi yang tidak terkonversi kepada penjualan.

Eksekusi dan Menentukan Pemasaran Online

Setelah daftar target konsumen yang telah disaring didapatkan, langkah selanjutnya adalah eksekusi di lapangan. Beberapa data calon konsumen yang telah kita buat harus benar-benar terealisasi kepada mereka.

Eksekusi pemasaran bisnis UKM adalah tahap awal melakukan cara pemasaran online yang tepat. Di tahap ini kita harus menentukan, melalui media promosi online yang seperti apa yang bisa kita pilih untuk pemasaran online bisnis UKM.

Memilih Pemasaran Online Terbaik untuk Bisnis UKM

Bagi anda yang baru memiliki usaha UKM tentunya sangat menginginkan produk anda akan lebih dikenal secara luas oleh calon konsumen. Inilah salah satu keuntungan pemasaran online yang tepat untuk bisnis anda.

Semakin berkembangnya internet dan para pengguna smartphone yang notabene selalu mereka pergunakan untuk mencari sebuah produk / barang, disinilah kesempatan kita untuk menyisipkan pemasaran online produk kita kepada mereka secara tertarget.

Lalu cara marketing online seperti apa yang bisa kita pilih dan yang cocok dengan produk UKM yang anda miliki? Anda bisa memilih media promosi sesuai dengan target market anda. Berikut ini ada beberapa cara pemasaran online terbaik yang bisa anda pilih untuk memasarkan produk anda kepada calon konsumen.

Pemasaran Online yang Efektif untuk UKM
TIngkatkan Omset dengan Pemasaran Online

Pemasaran Melalui Facebook

Facebook adalah salah satu media sosial yang sudah tidak asing lagi bagi semua pengguna internet di Indonesia bahkan di dunia. Anda bisa memilih facebook sebagai media promosi untuk produk yang akan anda jual. Jaman sekarang banyak jasa pelatihan barista yang nedaftar dari facebook.

Saat ini dengan anda mempunyai akun facebook, hal yang harus anda lakukan adalah ikuti semua grup jual beli. Dan mulailah melakukan pemasaran online dengan teknik yang cantik, jangan sesekali anda melakukan spam di facebook, karena ini akan mempengaruhi efektifitas postingan anda.

Selain itu jika mempunyai budget berlebih anda juga bisa menggunakan fasilitas facebook ads untuk pemasaran produk anda.

Pemasaran Melalui Instagram

Instagram merupakan anak perusahaan dari facebook, dengan kata lain media sosial ini khusus untuk posting sebuah foto / image. Media promosi online ini sangat cocok jika anda ingin menonjolkan kelebihan produk anda melalui visual.

Bagaimanapun juga, netizen jaman sekarang akan lebih tertarik menggunakan media visual dalam berbagai hal. Seperti halnya facebook, instagram juga memiliki fitur iklan berbayar. Yang saya ketahui fitur iklan di instagram ini memang cukup tertarget dan sangat baik untuk membangun brand. contohnya usaha warung kopi dan pelatihan barista secara online

Media sosial ini bisa anda coba untuk memasarkan produk UKM secara online, tentunya hal ini memiliki jangkauan yang lebih luas daripada cara pemasaran offline yang konvensional. Silakan anda bisa mencoba pemasaran online melalui instagram.

Pemasaran Melalui Youtube

Youtube adalah salah satu produk yang dimiliki oleh google yang khusus untuk fitur video. Memang rasanya akan lebih menarik jika pemasaran produk dilakukan dengan video.

Mengapa video adalah hal yang menarik? karena dengan melalui video para calon konsumen akan berimajinasi lebih tentang produk yang akan dijual. Selain itu dengan menggunakan video, calon konsumen akan lebih mudah untuk memvisualisasikan produk anda dan akan lebih udah diingat.

Jika anda belum begitu fasih dengan produksi video, anda bisa melakukan paid promote ke beberapa channel yang bisa melakukan promosi berbayar ini. Mereka akan membuat video sesuai dengan arahan anda. Anda bisa mencobanya jika anda memiliki budget berlebih untuk pemasaran online melalui youtube.

Pentingnya Cara Pemasaran Online yang Tepat untuk Sebuah Bisnis

Cara diatas bisa anda lakukan sebagai alternatif pemasaran produk anda. Cara Pemasaran online memang sebuah hal yang baru jika anda belum begitu mengerti seluk beluk dunia digital. Dengan kata lain dengan dimulainya pemasaran secara online ini berarti anda siap meroket untuk meningkatkan pendapatan dengan media online.

Setelah anda melakukan salah satu cara yang tepat untuk marketing online, pastinya akan menimbulkan efek positif bagi penjualan maupun impressi tentang produk anda. Dengan demikian proses membangun brand dan sosialisasi kepada masyarakat akan lebih cepat tersampaikan.

Demikian beberapa hal tentang promosi online, semoga bisa mendapatkan pencerahan bagi dunia bisnis UKM yang harus mendunia. Selalu semangat untuk dunia bisnis UKM di Indonesia.

2 COMMENTS

  1. Teman saya ada yang berjualan baju di Facebook, lumayan sih hasilnya katanya. Untuk Facebook ads memang harus pintar membuat konten agar pembeli tertarik, kalo tidak ya paling orang hanya melihat saja tapi tidak membeli.

    • iya betul, klo visa ads gitu lebih tertarget, dan kita juga bisa dapet data audiencenya,, pokoknya efektif banget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here