Simak Hal-Hal Berikut untuk Memprediksi Pergerakan Harga Bitcoin

1
305

Dalam berinvestasi kripto, kita perlu menganalisis pergerakan harga bitcoin. Dengan begini, kita bisa sigap menjual aset ketika harga akan turun, serta cekatan membeli kembali ketika harganya akan naik.

Prediksi Pergerakan Harga Bitcoin
Pergerakan Harga Bitcoin

Salah satu cara ampuh untuk melakukan analisis yang akurat adalah dengan memahami dan mencermati berbagai faktor yang berpengaruh kuat terhadap aset kripto. Tanpa perlu basa-basi lagi, berikut adalah berbagai hal tersebut:

  1. Penggunaan dalam Berbagai Bidang

Semakin banyak perusahaan yang menerima pembayaran dengan bitcoin, semakin meningkat pula harga aset kripto ini. Buktinya, nilai bitcoin saat ini sudah meningkat jauh sejak berbagai perusahaan besar seperti Microsoft dan Tesla mengadopsi bitcoin sebagai sistem pembayaran mereka. Kamu bisa perhatikan bahwa setiap kali ada berita tentang penerimaan bitcoin oleh perusahaan besar, sentimen pasar kripto pun ikut bergerak naik. 

  1. Suplai dan Permintaan

Seperti halnya elemen ekonomi lain, suplai dan permintaan merupakan faktor yang secara signifikan memberikan pengaruh terhadap fluktuasi harga. Dari segi suplai, koin kripto yang dirilis Bitcoin secara berkala akan semakin sedikit akibat sistem halving yang diterapkannya. Suplai tersebut pun akan berhenti total setelah kuantitas bitcoin di pasaran mencapai angka 21 juta koin. Sementara, permintaan pasar akan terus meningkat. Para pakar memprediksi, kenaikan bitcoin akan semakin melejit setelah suplainya dihentikan total pada tahun 2140 mendatang.

  1. Perkembangan Teknologi dan Bisnis

Teknologi mata uang kripto terus mengalami perkembangan yang bisa meningkatkan manfaat dan kualitas bitcoin itu sendiri baik dalam hal kemudahan bertransaksi, keamanan, biaya, dan sebagainya. Perkembangan terkait peran bitcoin dalam dunia bisnis juga sangat mempengaruhi nilai investasinya.

Bisa kamu perhatikan, setiap kali ada berita mengenai perkembangan baru yang signifikan, publik akan semakin yakin terhadap investasinya hingga harganya pun bergerak naik. Sebaliknya, adanya berita tentang serangan siber pada suatu instrumen kripto akan menyebabkan penurunan harga. 

  1. Regulasi dan Kebijakan Pemerintah dan Perbankan

Akibat popularitas kripto yang terus meningkat, pemerintah di berbagai negara pun mulai merancang dan menerbitkan regulasi terkait aset investasi kripto. Kebijakan yang muncul ini bisa memberikan pengaruh positif maupun negatif terhadap fluktuasi harga bitcoin. Strategi yang diterapkan bank sentral dan lembaga perbankan lainnya juga bisa secara tidak langsung mempengaruhi kinerja bitcoin. 

  1. Prediksi dan Spekulasi Ahli

Dibandingkan saham dan reksadana, aset kripto cenderung lebih mudah terpengaruh oleh komentar-komentar para ahli dan tokoh terkenal dunia. Prediksi dari seorang analis terkemuka akan sangat mempengaruhi psikogis para investor dan menciptakan sentimen. Hal ini bisa bersifat positif maupun negatif, tergantung dari komentar terkait. Reputasi tokoh yang memberikan prediksi atau spekulasi tersebut juga cukup mempengaruhi.

  1. Kondisi Politik dan Ekonomi Dunia

Selama pandemi COVID berlangsung, harga bitcoin melonjak sangat tajam. Hal ini karena kondisi ekonomi dunia yang merosot dan menyebabkan menurunnya nilai mata uang fiat. Di mata publik, aset kripto dianggap jauh lebih aman untuk digunakan bertransaksi dan berinvestasi. Setelah pandemi reda, harga bitcoin pun cenderung mengalami penurunan hingga ke level sebelum pandemi. Selain pandemi, peristiwa dunia seperti perang dan konflik politik juga bisa mempengaruhi nilai bitcoin.

  1. Potensi Aset Kripto Lain

Bitcoin memang merupakan mata uang kripto yang paling mendominasi pasar saat ini. Akan tetapi, bitcoin bukanlah satu-satunya yang diminati oleh para investor. Seiring berjalannya waktu, ada aset kripto lain yang dianggap sebagai alternatif bitcoin. Ketika ada kripto lain yang menarik, orang-orang akan memindahkan sebagian asetnya dari bitcoin ke kripto tersebut. Sebaliknya, setiap kali ada mata uang kripto lain yang bermasalah, bitcoin cenderung menjadi pelarian publik karena dianggap sebagai mata uang kripto yang paling terpercaya.

Seorang investor hendaknya tidak mudah goyah ketika harga turun, serta tidak mudah kalap ketika harga bergerak naik. Dengan memahami berbagai faktor di atas, kamu akan bisa memprediksi seberapa besar kenaikan atau penurunan harga bitcoin yang akan terjadi. Dengan ini, kamu bisa lebih bijak dalam mengatur strategi investasimu. Perlu dipahami juga bahwa tidak semua pergerakan harga bersifat permanen. Oleh sebab itu, kamu perlu jeli dalam mencermati setiap faktor untuk menganalisis hal tersebut.

5/5 - (1 vote)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here