Tips Mengatur Transaksi Keuangan Pribadi dengan Baik

0
114
Transaksi keuangan pribadi

Transaksi keuangan pribadi tak lepas dari gaya hidup seseorang dalam era teknologi berkembang ini. Salah satunya adalah belanja secara online. Kita harus pandai mengatur keuangan pribadi agar tidak boros dan semua pengeluaran akan tercatat dengan baik. Ada satu hal yang peling mempengaruhi gaya hidup berbelanja online yaitu hadirnya marketplace.

Gaya hidup berbelanja online sepertinya sudah mendarah daging bagi masyarakat Indonesia. Saat ini sudah banyak berbagai macam marketplace yang tersedia di genggaman kalian. Yak, semua marketplace bisa diakses secara mudah. Tren berbelanja online pun sudah melekat di masyarakat arena prosesnya yang mudah dan efisien secara waktu.

Tips Mengatur transaksi Keuangan Pribadi
Tips Mengatur transaksi Keuangan Pribadi

Saat kita sedang kalap, apalagi beberapa hari selepas gajian pasti pengeluaran untuk berbelanja online tidak bisa dihambat lagi. Apalagi berbagai promo menarik ditawarkan oleh semua marketplace untuk menarik eprhatian calon pelanggannya. Untuk mengatasi itu semua tentu kita harus mengatur keuangan pribadi.

Cara Ampuh Mengatur Transaksi Keuangan Pribadi

Nah, dalam menentukan pilihan dalam pengeluaran, kita dituntut harus sabar dan dipikirkan terlebih dahulu sebelum mengeluarkan uang. Bagaimana cara ampuh mengatur keuangan pribadi agar pengeluaran uang bisa terkontrol dengan baik? Mari kita simak pembahasannya berikut ini.

Catat Setiap Pengeluaran

Transaksi online selalu menjadi hal yang tak bisa dikontrol. Apalagi hidup di jaman yang serba efisien dalam berbelanja. Kalian sebaiknya mencatat setiap pengeluaran, baik untuk berbelanja online maupun untuk kebutuhan utama bulanan. Selain itu jajan yang memiliki transaksi juga harus dicatat. Mulailah belajar untuk disiplin mengenai pengeluaran uang dari mulai pengeluaran yang besar maupun kecil sekalipun.

Sisihkan Sebagian Uang untuk Tabungan

Seperti pepatah saat sekolah dahulu, rajin menabung agar kita untung. Nah, pepatah tersebut mengajarkan kita untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk tabungan. Tabungan diperlukan tak hanya untuk keperluan mendadak. Akan tetapi untuk berbagai keperluan masa depan seperti menikah, pendidikan anak, usaha, barang impian dan lain sebagainya.

Bayar Semua Hutang yang Menunggak

Ada kalanya disaat kita membutuhkan uang darurat, kita meminjam kepada teman atau saudara terdekat. Meminjam uang memang boleh, akan tetapi kita harus tanggung jawab pula untuk membayar hutang tersebut.

Untuk membayar hutang kalian bisa menyisihkan sebagian pendapatan. Untuk menepati janji untuk membayar hutang, kalian tidak perlu bertemu kepada si peminjam uang. Di jaman serba digital ini kalian bisa melakukan transfer antar bank ataupun sesama bank. Cara ini lebih praktis dan efisien dibandingkan harus bertemu secara langsung dengan peminjam uang.

Merencanakan Anggaran Bulanan

Kebutuhan yang selalu rutin dibeli setiap bulan contohnya adalah kebutuhan bahan makanan, alat mandi, biaya listrik, biaya internet, transport dan lain sebagainya. Mulai saat ini cobalah untuk merencanakan anggaran bulanan. Anggaran pengeluaran dan belanja bulanan harus sudah direncanakan satu bulan sebelumnya agar dalam kenyataannya tidak meleset dan tidak banyak menggunkaan biaya tak terduga lainnya.

Menyimpan Biaya untuk Keperluan Tak Terduga

Dalam menjalani kehidupan, tentu ada beberapa hal yang bersifat darurat. Seperti sakit, musibah, keperluan kuliah dan lain sebagainya. Untuk menyiasati keperluan mendadak yang sewaktu-waktu bisa terjadi, kalian harus memiliki biaya tak terduga agar bisa dipakai ketika keadaan genting tiba. Kalian bisa menyimpan uang berbentuk cash. Jadi, ketika diperlukan uang tersebut sudah benar-benar siap tanpa perlu mengambilnya terlebih dahulu di bank.

Mudahnya Transaksi Keuangan Pribadi dengan Menggunakan Neu

Kebutuhan dan pengeluaran biaya selama kita beraktivitas sheari-hari diperlukan uang cash atau uang dalam bentuk virtual. transfer antar bank maupun sesama rekening diperlukan untuk mengefisienkan waktu dan tenaga. Dengan menggunakan bantuan aplikasi, kini transfer bank akan lebih mudah dan tanpa biaya admin.

Berbagai kebutuhan transaksi keuangan bagi pebisnis bisa dilakukan hanya dengan menggunakan aplikasi Neu. Aplikasi terbaru ini memudahkan kita untuk melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja. Jika kalian ingin transfer dana antar bank, tidak perlu khawatir. Neu menyediakan fitur khusus transfer antar bank tanpa sedikitpun biaya admin. Hal ini akan mendukung kalian untuk meminimalisir biaya transaksi yang bisa memberatkan nasabah.

Transfer Antar Bank Menggunakan Aplikasi Neu
Transfer Antar Bank Menggunakan Aplikasi Neu

Fitur Aplikasi Neu

Seperti yang telah disebutkan diatas, Neu merupakan aplikasi gratis berbasis android dan ios yang bisa langsung kalian download. Segala jenis transaksi transfer bisa dilkakukan dengan cukup mudah dengan menggunakan Neu.

Tak hanya itu, kebutuhan rutin setiap bulan seperti tagihan PDAM, listrik, internet, pulsa dan lain sebagainya bisa dilakukan hanya dengan menggunakan aplikasi Neu. Mulai dari transaksi keuangan pribadi untuk kebutuhan bayar internet rumah, bayar tagihan air, bayar tagihan listrik, beli pulsa & paket data (Indosat, Telkomsel, XL, Axis, Smartfren, Three),

Selain itu wallet digital juga bisa diakses menggunakan aplikasi Neu. Top up GoPay, OVO, DANA, & LinkAja. Semua yang berhubungan dengan transaksi digital dan tagihan bulanan kini bisa diakses dengan mudah hanya dalam genggaman.

Kesimpulan

Mengatur transaksi keuangan pribadi bisa dikatakan agak sulit, yang paling penting adealah kita harus mengetahui tips mengatur transaksi keuangan pribadi. karena jika kita telah merencanakan keuangan pribadi, maka pengeluaran dana akan lebih terkontrol.

Untuk mendukung aktivitas transaksi pribadi melalui portal digital, kini hadir aplikasi yang cukup simpel dalam penggunaaan dan pastinya memiliki banyak manfaat dalam melakukan transaksi digital saat ini. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa di artikel keuangan dan bisnis lainnya.

5/5 - (1 vote)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here