Wisata sejarah di Jogja sudah menjadi pilihan yang banyak diminati oleh para wisatawan atau traveler yang mencari keindahan dan sejarah peninggalan candi di Indonesia. Salah satu candi yang sering dikunjungi adalah candi Ratu Boko.

Spot foto candi ratu boko
Spot Foto candi ratu boko

Candi Ratu Boko yang baru saja dipakai sebagai tempat untuk syuting film AADC ini mempunyai keistimewaan dan keunikan tersendiri yang seru untuk dibahas. Apa saja sih keistimewaan dan sejarah candi ratu boko jogja ini? pasti kalian mau tau infonya kan.

Ratu boko dengan sisa kemegahannya karena termakan usia memang selalu membuatku kagum. Area situs yang sangat luas dan juga peninggalan artefak yang unik menjadi ciri khas tersendiri dan beda daripada situs candi lainnya yang tersebar di Indonesia. Situs ini dulunya adalah sebuah areal keraton, menurut para ahli.

Sejarah Candi Ratu Boko

Pada abad ke -17, ada seorang bangsa Belanda bernama H.J. De Graff, dia meyakini bahwa di daerah Bokoharjo terdapat artefak yang sangat besar. Beliau sangat yakin terdapat bangunan megah yang terdapat di desa Bokoharjo.

Candi ini dinamakan Ratu Boko karena diambil dari sebuah nama raja Mataram yaitu Ratu Boko. Diyakini juga bahwa Ratu Boko adalah ayah dari Roro Jonggrang. Dilihat dari struktur peninggalannya, candi ratu Boko ini diyakini dulunya merupakan sebuah area Kraton pada masa dinasti Syailendra. Oleh karena itu candi Ratu Boko juga sering disebut kraton Ratu Boko.

Candi dengan arsitektur agama Hindu ini berada diatas sebuah bukit dengan ketinggian 300 meter di desa Bokoharjo, kecamatan Prambanan. Kebanyakan bangunan candi memang berada diatas bukit. Kemungkinan pada zaman dahulu, sebuah bangunan yang dianggap sakral itu harus berada di titik tertinggi sebuah area.

Candi Ratu boko ini memiliki beberapa bagian bangunan. Cukup menarik untuk sebuah peninggalan Candi. Karena di peninggalan cagar budaya lainnya, bangunan candi hanya memiliki 1 buah bangunan candi induk, dan beberapa candi anak. Sejarah candi Ratu Boko memang selalu menjadi sebuah pertanyaan, sampai saat ini para ahli belum bisa memastikan fungsi dari candi Ratu Boko ini sebenarnya dibuat untuk tujuan apa.

Di tanah seluas 250.000 meter persegi ini berdiri beberapa bangunan peninggalan di tanah lapang tersebut. Beberapa bangunan yang terdapat di candi Ratu Boko ini adalah:

Sejarah Ratu Boko dari Sebuah Prasasti

Sejarah Candi Ratu Boko versi lain adalah dari versi Prasasti Abhayagiri Wihara tahun 792. Prasasti ini ditemukan di lokasi candi Ratu Boko. Prasasti Abhayagiri Wihara menyebutkan ada seorang tokoh bernama Tejahpurnapane Panamkarana atau lebih terkenal dengan nama Rajai Panangkaran

Bangunan wihara di atas bukit yang bernama Abhyagiri Wihara. Abhyagiri Wihara berarti biara di bukit aman dari bahaya. Secara kebetulan, kraton Ratu Boko ini terletak diatas sebuah bukit.

Menurut prasasti tersebut disebutkan bahwa Raja Rakai Panangkaran mundur sebagai Raja pada saat itu untuk mencari ketenangan batin dan fokus pada masalah religi. Salah satu caranya adalah dengan membangun wihara yang dinamakan Abhayagiri Wihara di tahun 792.

Diketahui bahwa Rakai Panangkaran memiliki kepercayaan agama Budha, dan Wihara tersebut digunakan sebagai tempat ibadah agama Budha. Dapat dilihat pula warisan corak Budha di Candi Ratu Boko dengan adanya Arca Dyani Budha.

Meski begitu, terdapat pula corak agama Hindu di Candi Ratu Boko seperti Arca Durga, Ganesha dan Yoni. Jadi bisa disimpulkan bahwa Ratu Boko adalah perpaduan antara candi Hindu dan candi Budha.

Keunikan Bangunan Candi Ratu Boko

Bangunan candi Ratu Boko memang sangat berbeda dengan bangunan candi Hindu yang ditemukan di sekitar, ada yang beasumsi bahwa memang kraton candi Ratu Boko ini benar-benar murni sebuah komplek tempat tinggal para Raja dan Permaisuri. Bisa dilihat dari beberapa bangunan unik yang terdapat di komplek Ratu Boko ini.

Gerbang masuk candi yang unik

Gerbang masuk yang terbuat dari batu tersusun memang menjadi ciri khas candi Ratu Boko. Gerbang ini bisa dibayangkan sangat megah pada zamannya. Tersusun rapi dari batuan andesit yang kuat hingga berpuluh tahun lamanya

Memang gerbang ini sangat artistik, campuran gaya candi Hindu mendominasi desain arsitektur ini. Dua patung singa menghiasi gerbang ratu boko. Dua patung yang sering ditemukan juga di candi Hindu lainnya. Disinyalir dua patung ini menjadi sebuah simbol penjaga sebuah bangunan suci pada masanya.

Gerbang ini merupakan bangunan yang memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi, Karena memiliki arsitektur yang unik daripada bangunan candi lain yang ditemukan di sekitar Ratu Boko.

Gerbang masuk candi ratu boko
Gerbang masuk candi ratu boko

Candi Batu Kapur di Kraton Ratu Boko

Bangunan lain yang menyita perhatian adalah terdapat Candi Batu Kapur. bangunan ini terletak di bagian sisi timur komplek candi Ratu Boko. Dinamakan batu kapur karena pondasi bangunan ini berasal dari batu kapur.

Para peneliti juga menemukan sebuah fakta, bahwa sebenarnya dahulu kala bangunan ini disinyalir memiliki struktur dari bahan kayu untuk pilar atap. Tapi seiring berjalannya waktu, kayu tersbut hancur tak bersisa. Yang tersisa hanyalah struktur bangunan batu kapur yang terdapat di candi Batu Kapur ini.

Candi
Pembakaran di Kraton Ratu Boko

Selain gerbang megah dan candi Batu Kapur. Masih ada bangunan yang lain daripada yang lain. Yaitu Candi Pembakaran. Mengapa disebut candi Pembakaran? Menurut cerita bahwa candi Pembakaran ini digunakan untuk membakar jasad seorang yang telah meninggal dunia. Juga pada saat ditemukan, bagian dasar candi ini ditemukan bekas abu dari sisa pembakaran.

Di area candi Pembakaran ini juga terdapat Sumur Suci, Mungkin pada jaman dulu kala, sumur ini digunakan sebagai sumber mata air untuk melakukan berbagai aktifitas sehari-hari masyarakat yang berada di komplek candi Ratu Boko ini.

Candi Ratu Boko Sebagai Destinasi Wisata Sejarah yang Menarik

Kraton Ratu Boko atau sering disebut Candi Ratu Boko memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Karena memang di media online candi ini sudah sering disebutkan. Nilai sejarah yang tersirat pada bangunan ini menjadi sebuah magnet di bidang pariwisata. Tentunya ini akan menaikkan derajat Candi Ratu Boko sebagai destinasi wisata yang seru dan sekaligus bisa untuk merawat cagar budaya peninggalan nenek moyang kita.

Baca Juga:

Lokasi Candi Ratu Boko

Ratu Boko terletak di Jl. Raya Piyungan – Prambanan No.KM.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi Candi Ratu Boko sangat dekat dengan komplek candi lainnya, seperti candi Ijo, candi Prambanan, candi Plaosan, candi Sari, candi Kalasan dan lain sebagainya.

Ratu boko bisa dijangkau mudah dengan menggunakan transportasi yang tersedia di candi Prambanan. Shuttle bis yang disediakan oleh Taman Wisata Candi memudahkan para wisatawan untuk mengunjungi candi Ratu Boko dengan menggunakan tiket terusan candi Ratu Boko dan candi Prambanan.

Untuk lebih memahami letak candi Ratu Boko, bisa dilihat pada peta google maps dibawah ini.

Rute menuju candi Ratu Boko

Untuk kalian yang berasal dari Jogja, kalian cukup mengikuti jalan solo sampai kalasan (kawasan candi Prambanan). Setelah sampai pertigaan candi Prambanan. Ikuti arah ke selatan menuju candi Ratu Boko. Kira-kira 10KM menuju ke selatan dari perempatan candi Prambanan Kalasan.

Untuk kalian yang berasal dari Solo, cukup megikuti jalan nasional. Sesamainya di kawasan candi Prambanan / terminal Prambanan. Ambil jalur ke Selatan (Jl. Piyungan- Kalasan). Kurang lebih 10KM kalian akan sampai ke komplek candi Ratu Boko.

Untuk mencapai candi Ratu Boko, kalian bisa menggunakan kendaraan umum yang bisa dinaiki di terminal Prambanan. trayek yang dipilih adalah angkutan dengan jurusan Piyungan. Biang ke drivernya untuk diturunkan di jalan menuju candi Ratu Boko.

Tetapi sebagian besar, yang menuju candi ratu Boko adalah rombongan bis, dan wisatawan dengan tour guide yang sudah menguasai di bidangnya. Akan lebih mudah jika kalian ingin simple, maka bisa menggunakan motor untuk sampai ke candi Ratu Boko.

Harga Tiket dan Fasilitas Candi Ratu Boko

Setelah membaca penjelasan diatas, pastinya kalian bertanya-tanya. Berapa sih harga tiket candi Ratu Boko 2020? Untuk memasuki kawasan wisata candi Ratu Boko, kalian memang bisa membeli tiket terusan dari candi Prambanan, atau hanya tiket tunggal yang berada di loket candi Ratu Boko.

Harga tiket candi Ratu Boko

Harga tiket masuk Candi Ratu Boko Rp 40.000 /orang, ini adalah tiket tunggal yang dapat dibeli langsung di komplek kraton candi Ratu Boko. Keindahan candi Ratu Boko bisa dinikmati dari mulai jam 07.00 – 17.00. Kalian bisa menikmati seluruh kawasan Candi Ratu Boko ini dengan puas. Dan tata tertib tetap harus dijaga ya. Jangan sekali-kali merusak benda cagar budaya.

Fasilitas Umum Candi Ratu Boko

Fasilitas umum di candi Ratu Boko antara lain yang tersedia adalah parkir mobil dan motor, Musholla, Toilet dan ruang terbuka hijau yang luas. Dengan lengkapnya fasilitas ini, maka kunjungan kalian akan terasa lebih nyaman.

Untuk keamanan, area kompleks candi Ratu Boko sudah dilengkapi dengan CCTV dan juga banyak security yang bertugas. Sehingga saat kalian menikmati indahnya sunset dan sunrise di candi Ratu Boko. Jangan khawatir dengan kendaraan anda yang ditinggal di tempat parkir. Akan tetapi jangan sekali-kali meninggalkan barang berharga di tempat parkir. Karena meskipun sudah aman, tapi kita harus tetap waspada.

Mengapa harus ke Candi Ratu Boko

Peninggalan sejarah di Indonesia sangat bnayak sekali, benda cagar budaya yang kini dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan meruapkan salah satu aset berharga bagi kita semua. Sejarah yang tersirat secara nyata dari nenek moyang kita jaman dahulu kala jelas nyata terpampang dengan bukti fisik artefak yang dilindungi oleh negara.

Cara kita mencintai benda cagar budaya adalah mengunjungi caga budaya tersebut dan melestarikan cagar budaya merupakan kewajiban kita sebagai warga negara yang baik.

Spot Foto komplek candi Ratu Boko

Komplek ratu boko, yang dihiasi dengan area hijau yang terbuka menambah kesan indah yang dihasilkan dari benda cagar budaya ini. lalu lalang pesawat terbang akan sangat jelas terlihat karena candi Ratu Boko ini berada di atas bukit yang dekat dengan bandara Adi Sutjipto Yogyakarta.

Rumput hijau dan sisa peninggalan menambah keindahan komplek ini. sesekali kita akan disuguhkan dengan tumpukan batuan yang berada di belakang kompleks candi ratu boko ini..

wisatawan candi ratu boko
wisatawan candi ratu boko

Akan sangat indah sekali bila momen sunset bisa kita abadikan bersama keluarga tercinta di sore hari. Kalian ga bakal nyesel jika menikmati indahnya sore hari di atas bukit yang syahdu ini.

Jadi kapan kalian merencanakan mengunjungi Komplek Kraton Candi Ratu Boko yang indah ini. Menikmati suasana candi saat sore hari akan terasa lebih dengan dengan dibarengi dengan senyuman keluarga kecil kalian.

Sampai jumpa di artikel berikutnya, semoga artikel tentang candi Ratu Boko ini bisa menambah wawasan kalian semua ya. Salam lestari!

Advertisements

46 COMMENTS

  1. Waktu ke Jogja kemarin mau ke Candi Boko padahal karena kan ada paketan ya dari Candi Prambanan ke Candi Boko. Tapi Pewe nggak mau euy, wong seharian di Prambanan aja nggak cukup buat ngiterin areanya. Jadilah sampe sore kami cuma di Prambanan aja. Next mesti mampir nih ke Candi Boko

    • Harus mampir mbak, soalnya Ratu Boko beda sama candi lainnya yang hampir semua identik. Wah padahal udh tinggal deket tuh mbak dair prambanan hehee.. Next harus wajib kesini mbak.

  2. Jogja memang punya banyak pilihan tempat wisata ya? Mau wisata religi, alam, kuliner.. komplit. Hmm, kayanya aku belum pernah deh ke Ratu Boko, atau lupa ya.. hehe. Terakhir menjelajah candi-candi begini zaman masih sekolah. Bisa nih masuk bucket list saat ke Yogya nanti.

    • Wajib kesini mbak kalo nanti ke jogja, skg masih masa-masa corona dirumah aja heheh
      Ratu boko ini luas banget kalo dieksplore, pasti betah disana muter-muter seharian. begitu bagusnya warisan peninggalan sejarah jaman dulu

  3. Saya beberapa kali ke Yogyakarta belum jadi singgah ke candi Ratu Boko ini padahal bagus banget arsitektur candi nya yah. Ada banyak hal juga yang bisa dipelajari tentang sejarah disini. Menarik juga sudah ada CCTV yah biar lebih terawasi keamanannya,

    • Yup, ini unik ratu boko itu, Karena dulunya merupakan kraton dan pesanggrahan.
      unik banget klo eksplore ratu boko seharian. banyak hal baru yang gak ada di candi-candi lain hehe

  4. The most beautiful sunset in the world salah satunya ada di Candi Ratu Boko kabarnya. Beruntunganya aku sekeluarga pernah merasakan sunset view di Candi Ratu Boko ini 🙂

    • Alhamdulillah bisa merasakan sunsetnya mbak, karena memang bagus banget pemandangannya disini klo sunset.

    • Banyak yg harus dikunjungi mas, sejarah budaya yang harus diingat. kita sebagai warga negara yg baik memang harus mengunjunginya hehe

  5. Makin banyak baca wisata jogja, makin mupeng. Soalnya seumur hidup aku belum pernah ke sana. Kaykanya butuh waktu liburan yg panjang deh untuk bisa menikmati semua wisata joga. Hope someday!

    • Ayo mbak direncanakan klo corona udh selesai heheh
      Jogja memang indah untuk dieksplore, ga ada habisnya

  6. kalau baca literatur & peninggalan sejarah kaya gini, serasa jadi time traveler. Memperkaya wawasan dan bikin refresh pikiran dari rutinitas harian. Cocok buat hiburan saat apa apa harus di rumah spt saat ini. Salam kenal, dari emak emak yg tertarik dgn berbagai wawasan dari para Blogger..

    • Aku kadang sering berimajinasi kak, pengen rasanya ngerasain 1 jam aja di masa lampau. Gak papa ga bisa komunikasi asal pengen liat jaman dulu peradabannya kayak gimana, hehe
      aneh memang pengenku kak 😀

  7. Ada cerita sejarah tentang Ratu Boko yang kelam yah. Tapi sekarang ditata apik begini ya engga jadi seram sih. Konon, kalau sunset di sini keren banget yah…
    Nanti ah kalau pandemic udah lewat, mau juga jalan-jalan ke sana

    • Seram sih pasti ada sedikit kisah mistis dibalik itu semua mbak, apalagi jaman dulu kan pasti lebih familiar sama hal-hal ghaib. APalagi masa kerjaan.
      Ayo mbak direncanakan ke Ratu Boko ini. DIjamin wawasan luas klo udah kesini 😀

  8. harga tiket masuknya udah naik ya? terakhir ke sana udah tahun 2016 lalu. Yang paling kuingat dulu masih bisa lihat sunset di sana. skerang masih bisa gak ya.

    • harga tiket emang naik mas, Tergantung dr PT TWC yang ngelola candi ini. PAstinya harga tiket naik tapi fasilitas umum lebih ditingkatkan lagi hehe
      Sunsetnya masih bisa mas. klo gak mendung tapi 😀 ayo mas dijadwalkan kesini

    • Selalu menjadi pusat selfie mbak di spot ini hehehe.
      karena iconic, kalo liat gerbangnya itu pasti keinget ratu boko 😀

  9. Selain bisa selfie, lihat spot asyik, ke Candi Ratu Boko Jogja bisa sekalian belajar sejarah ya? Aku paling seneng nih kalau ke candi-candi gitu, mengingatkan zaman dahulu kok keren ya bisa bikin candi hahaha
    Tiketnya worth it ya buat bisa menikmati cantiknya candi tersebut

    • Tiket emang naik sih mbak tiap tahun, tapi memang fasilitas makin ditingkatkan.
      Kesadaran akan sejarah emang harus dipupuk sejak dini. Khususnya adik-adik kita siswa SD 😀

  10. Candi adalah salah satu warisan budaya yang mesti kita lestarikan. Di tengah maraknya wisatawan lokal yang ingin ke berbagai tempat wisata hanya untuk memenuhi galeri media sosialnya, kita harus menjadi orang yang terdepan untuk menjaga warisan-warisan budaya ini. Aku sendiri senang datang ke tempat wisata sejarah karena menarik untuk melihat sejarah, aku suka sejarah. Melihat bagaimana dulu Indonesia dan apa saja budaya yang ada

    • MEnjaga warisan budaya sudah seharusnya menjadi kewajiban kita sebagai warga negara yang baik mas 😀
      Cukup melestarikannya dengan cara emngunjunginya itu sudah cukup.
      Warisan budaya Indonesia sebagian besar sudah diakui oleh dunia.

  11. Saya masih nyess, Mas Aldhi.
    jadi pas ke candi Prambanan, saya sudah kesorean. padahal rencanya mau ke Candi Ratu Boko juga. Pensaran dengan candinya, apalagi saya sering baca cerita rakyatnya. Semoga lain waktu segera ke candi Ratu Boko.

    • Harus dari pagi sih mas, pasnya abis dzuhur lah, biar agak lamaan, soalnya Ratu Boko Luas banget hehe
      Ayo dijadwalkan lagi mas

    • Iya boomingnya setelah film aadc itu,
      efek medsos memang siginifikan mbak, ayo jadwalin kesini hehe

  12. Hal yang bikin saya kangen terus sama jogja itu ya.. makanannya sama tempat wisatanya. Semoga ada kesempatan lagi main ke Jogja sama bawa anak-anak belajar sejarah, saya rasa Candi Ratu Boko bisa dimasukkan list, apalagi dia deket sama Prambanan, Rinci banget ulasannya 😀

    • Ratu Boko wajib dieksplore mbak, karena memang banyak yang harus diekplore. sambil time traveling ke masa lampau kiranya bisa menjawab rasa penasaran mbak Husnusl 😀

  13. Iya sih. Candi ini makin ngetop setelah tampil di film AADC. Semoga pemda mau memberikan keringanan bagi sutradara utk syuting di destinasi wisata seperti ini. Selain promosi gratis, destinasi tersebut akan banyak dikenal masyarakat.

    • Karena pengenalan cagar budaya salah satunya melalui media film mas, itulah cara kita melestarikan cagar budaya. Dengan menonton filnya saja wawasan akan timbul buat kita hehee
      Ayo direncanakan berkunjung ke Ratu Boko mas 😀

  14. Tulisannya lengkap banget mengenai Candi Ratu Boko ini, dan membuat saya penasaran untuk mengunjunginya.
    Saya baru mengunjungi Borobudur dan Prambanan saja nih, dan itu sudah lamaaa sekali.
    Kapan lagi ya saya ke Yogya? Mungkin nanti pas ada gelaran Ngayogjazz…sekalian mampir ke Candi Ratu Boko ini boleh juga…

    Salam dari Sukabumi,

    • Iya mas harus lebih dieksplore Ratu Boko ini,
      banyak yang bisa jadi wawasan baru di komplek candi ini.
      Ngayogjazz udh lama banget sih, gatau nih semoga pendemi ini segera berakhir, dan event2 segera berjalan seperi biasanya 😀

Comments are closed.