Kemudahan Memiliki Identitas Digital untuk Urusan Bisnis

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Dokumen identitas pengenal diri baik fisik maupun digital merupakan hal yang wajib dimiliki oleh warga negara Indonesia yang berumur di atas 17 tahun untuk pengurusan yang berhubungan dengan bisnis. 

Di dalam dunia bisnis, sebagai pelaku bisnis kita harus memiliki identitas yang jelas. Begitupun jika kita memiliki relasi bisnis, kita harus mengenal mereka salah satunya melalui identitas fisik yang jelas dan legal. Hal ini diperlukan untuk meminimalisir kejahatan, kriminalitas, penipuan, sampai penyalahgunaan hak interaksi sesama relasi bisnis yang kita kenal.

Di negara Indonesia sendiri semua masyarakat harus sudah memiliki identitas diri berwujud fisik yang sudah sering kita kenal seperti e-KTP, visa, passport, SIM, dan lain sebagainya.

E-KTP merupakan identitas dokumen diri berwujud fisik  yang legal sangat berperan penting dalam dunia bisnis. Data diri seorang pelaku bisnis biasanya digunakan untuk verifikasi dalam pengurusan data kependudukan, pajak, legalitas perusahaan, pengajuan kartu kredit, pembukaan rekening bank, dan lain sebagainya.

mudahnya memiliki identitas digital untuk kegiatan bisnis
Identitas Digital untuk Bisnis

Pentingnya Privy Identitas Digital untuk Perkembangan Bisnis

Seiring teknologi yang semakin berkembang dan sistem kependudukan yang sudah serba digital, mengharuskan kita memiliki identitas digital yang bisa digunakan dan memiliki kekuatan hukum yang kuat. 

Untuk menciptakan kegiatan bisnis yang bersih, serta menghindari berbagai macam penipuan online maka identitas diri dalam dunia digital sangat penting dan memiliki peranan yang sangat vital demi berkembangnya kegiatan ekonomi dalam sektor bisnis.

Saat ini banyak bisnis yang memiliki platform digital seperti affiliate, marketplace, jual beli online dan lain sebagainya. Selain itu pengurusan dokumen seperti penandatanganan pernyataan, penandatanganan Akta, dan lain sebagainya bisa lebih mudah dilakukan dimana saja dengan menggunakan tanda tangan digital.

Identitas digital sangat berbeda dengan identitas fisik. Pada identitas digital kita harus memiliki username dan password pada sebuah akun digital yang memiliki legalitas dan kekuatan hukum yang kuat.

Salah satunya yaitu dengan Privy identitas digital yang merupakan lembaga yang sudah memiliki sertifikasi legal sebagai Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE). Privy bisa mengeluarkan sertifikat digital yang bisa digunakan untuk keperluan bisnis yang legal. 

Hal ini demi mendukung sistem digital yang sudah mulai banyak digunakan di berbagai sektor seperti perbankan, instansi pemerintah, bisnis, dan lain sebagainya. Identitas digital adalah bentuk digital dari identitas yang berwujud fisik. Identitas digital juga sudah memiliki verifikasi khusus yang dilakukan oleh lembaga tertentu seperti Privy.

Identitas Digital Terverifikasi melalui Sertifikat Elektronik
Pentingnya identitas digital di bidang bisnis

Pengertian Identitas Digital

Seperti yang telah kita ketahui bahwa identitas diri seseorang saat ini bisa diaplikasikan ke dalam bentuk digital. Yang sekarang sudah berjalan untuk instansi yaitu identitas kependudukan digital, data diri seseorang sudah terekam oleh negara untuk digunakan sebagaimana mestinya dan tidak dipergunakan untuk hal-hal yang bersifat negatif.

Identitas digital tidak hanya untuk pribadi, akan tetapi bisa juga untuk perusahaan. Dan identitas digital ini bisa digunakan untuk semua layanan digital dengan aman dan nyaman. Seperti contohnya transaksi online, atau berbagai kasus lainnya yang tidak mengharuskan yang bersangkutan untuk hadir secara offline.

Memang tidak bisa dipungkiri, kepercayaan yang tumbuh di dunia bisnis ketika kita bertransaksi secara digital, tidak lepas dari peran Privy identitas digital yang bisa menjamin keaslian diri seseorang maupun perusahaan dengan melakukan autentikasi dan verifikasi dengan pihak ketiga seperti Privy sesuai prosedur sebelumnya.

Langkah Mendapatkan Identitas Digital Menggunakan Privy

Setelah mengetahui apa itu identitas digital dan bagaimana sistem penggunaannya dalam urusan bisnis, maka sudah saatnya Anda mengetahui bagaimana cara mendapatkan identitas digital untuk keperluan bisnis.

Untuk mendapatkan identitas digital sangat mudah, Anda bisa menggunakan layanan dari Privy. Privy melakukan verifikasi dan autentikasi data identitas pengguna atau entitas perusahaan dengan menggunakan sistem Digital Certificate Issuance.

Berikut ini langkah yang harus dilalui ketika melakukan pendaftaran identitas diri menggunakan Privy. Di antaranya adalah:

Proses Verifikasi KTP dan Dokumen Identitas

Hal yang harus dilakukan sebelum mendaftarkan identitas diri digital adalah download serta install aplikasi Privy untuk membuat  Identitas Digital di smartphone yang Anda miliki. Anda bisa download di Play store maupun App store. Kemudian registrasi akun dengan mengisi form yang dibutuhkan, lalu lakukan verifikasi.

Proses verifikasi data diri dengan menggunakan sistem Digital Certificate Issuance sangat mudah dilakukan. Pengguna hanya melakukan foto KTP asli yang dimiliki, yang kemudian akan dideteksi oleh Optical Character Recognition (OCR). Privy secara otomatis akan mengonversi teks dalam gambar dengan akurat.

Pendaftaran identitas digital menggunakan Privy
Cara dan langkah pendaftaran identitas digital di Privy

Verifikasi dan Pengenalan Wajah

Setelah melakukan foto KTP, maka secara otomatis Privy akan merekam no KTP, dan beberapa data lainnya yang tercantum di KTP. Data selanjutnya yang dibutuhkan adalah pengenalan data biometrik wajah dengan deteksi liveness.

Secara otomatis sistem akan melakukan pengenalan wajah dengan deteksi liveness untuk mencegah penipuan dan pencurian identitas oleh orang lain. Proses ini dilakukan secara digital dan terintegrasi dengan data dukcapil.

Penerbitan Sertifikat Elektronik

Setelah data pengguna terverifikasi dan terhubung dengan dukcapil, maka pengguna berhak mendapatkan sertifikat elektronik level 4 yang dikeluarkan melalui Privy. Yang dimana dalam hal ini Privy bertindak sebagai Penyedia Sertifikat Elektronik (PSrE) yang terintegrasi dengan dukcapil dan Kominfo.

Anda telah selesai melalui pendaftaran dan sudah memiliki identitas digital, e-Meterai digital, tanda tangan digital, sertifikat digital yang sudah terverifikasi secara legal. Dan kemudian bisa digunakan untuk berbagai keperluan termasuk dalam urusan bisnis. Begitu mudahnya mendapatkan identitas digital hanya menggunakan satu aplikasi yaitu Privy. 

Digital Certificate Issuance yang Mudah didapatkan saat registrasi
Privy Digital Certificate Issuance Terpercaya

Kesimpulan

Sistem digital yang sudah banyak dilakukan dalam dunia bisnis menjadi titik awal berkembangnya bisnis dalam satu dekade ke depan. Oleh karena itu untuk menciptakan proses bisnis yang aman dan sehat diperlukan identitas digital yang wajib dimiliki oleh personal maupun perusahaan.

Dengan menggunakan aplikasi Privy identitas digital, kita bisa secara mudah mendapatkan identitas digital dalam bentuk sertifikat digital, tandatangan digital, e-meterai digital, dan produk digital lainnya. Identitas perusahan maupun personal yang terverifikasi dan terintegrasi dengan dukcapil maupun Kominfo akan meminimalisir tindak kejahatan seperti penipuan dan pemalsuan dokumen. 

Identitas digital yang terverifikasi bisa digunakan untuk mendukung dalam kegiatan ekonomi di berbagai sektor bisnis. Yuk segera miliki identitas digital dengan mudah menggunakan aplikasi Privy. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya ya.

5/5 - (2 votes)

30 pemikiran pada “Kemudahan Memiliki Identitas Digital untuk Urusan Bisnis”

  1. Serem sih kjahatan digital sekrg ya kalau ga pinter jg kitanya. Dg kemudahan menggunakan identitas digital yg terverifikasi smg bisa meminimalisir nya yaaa

    Balas
  2. Memang sudah saatnya semua beralih ke digital agar lebih mudah dalam setiap kepengurusan administrasi atau yang laiinya. Dengan adanya Privvy ini membantu banget yaa

    Balas
  3. Uda kudu banyak berubah mengikuti zaman nih..
    Termasuk yang bergerak di bidang bisnis karena kini ada Privy Identitas Digital untuk Perkembangan Bisnis. Selain menghemat waktu dan biaya percetakan, semua juga mudah divalidasi.

    Balas
  4. Keren banget ya Privy mas Aldhi, Penyedia Sertifikat Elektronik (PSrE) yang legal dan terintegrasi dengan dukcapil serta Kominfo. Dah gitu pas daftar aku gak cuma punya identitas digital aja jadinya, tapi juga bisa bikin ttd digital sampe penggunaan e-meterai. Canggih

    Balas
  5. Di era digital ini, memiliki identitas digital menjadi semakin penting, tidak hanya untuk individu tetapi juga untuk bisnis. Identitas digital dapat membantu bisnis dalam berbagai aspek, mulai dari meningkatkan kepercayaan pelanggan hingga mempermudah transaksi online.

    Balas
  6. Menggunakan identitas digital saat ini sudah jadi kebutuhan ya.
    Tinggal kita memproteksinya aja supaya keamanannya jangan sampai bocor secara semua data sekarang ini sudah bisa terintegrasi kan ya

    Balas
  7. Wah, kehadiran Privy identitas digital bener-bener jadi solusi keren buat keamanan bisnis online, ya! Dengan sistem yang udah terverifikasi legal, jadi bisa lebih tenang dan yakin saat bertransaksi atau berurusan online. Nggak kebayang kan kalo identitas digital kita bocor, bisa repot banget tuh. Makanya, penting banget punya yang aman kayak gini!

    Balas
  8. Jujur dulu sebelum ada Privy, tanda tangan digital tuh pake kertas yang ditandatangani trs difoto deh. Baru dikirim. Rawan banget kalo diambil ya dgn metode spt itu.

    Dgn Privy, tanda tangan digital yg kita bikin, tersimpan rapi dalam database mereka. Shg saat digunakan utk pengurusan dokumen, kita tinggal hubungkan aja dgn akun Privy, langsung beres deh pengurusan dokumennya. Bahkan dokumen lainnya kyk e-materai hingga sertifikat digital.

    Balas
  9. Banyak sekali ya kemudahan yang dihadirkan oleh Privy. Termasuk identitas digital yang kemudian bisa memudahkan kita dalam mengurus berbagai dokumen perusahaan. Sejauh ini, saya baru berkenalan dengan Privy untuk tanda tangan digital dan e-meterai saja. Jadi ingin mengulik lebih jauh karena sudah mulai berasa manfaatnya dalam menyelesaikan pekerjaan.

    Balas
  10. Selain ada tanda tangan digital dan materai digital, di Privy juga menyediakan identitas digital ya wah mantap nih Privy memudahkan orang yang suka menyelesaikan urusan serba online

    Balas
  11. Identitas diri dalam dunia digital memang penting untuk menciptakan kegiatan bisnis yang bersih, serta menghindari berbagai macam penipuan online. Selain itu memiliki peranan yang sangat vital demi berkembangnya kegiatan ekonomi dalam sektor bisnis.

    Balas
  12. Penting banget punya identitas diri dalam dunia digital buat menghindari berbagai kemungkinan penipuan online ya. Ternyata menggunakan layanan Privy cukup mudah ya buat mendapatkan identitas digital dalam bentuk sertifikat digital. Nanti bisa tanda tangan digital juga.

    Balas
  13. Gampang banget ya proses verifikasi kalau bikin akun di PrivyId. Data kita dijamin aman. Kalau mau ttd digital, udah ada file ttd kita, tinggal insert. Udah gitu ada QR code-nya, jadi engga sembarangan asal insert image ttd kita.

    Balas
  14. Punya identitas digital sekarang ini memudahkan segala urusan banget. Karena kadang ada saja klien yang meminta persetujuannya secara online. Nggak lagi harus dengan KTP fisik ataupun scanannya.

    Balas

Tinggalkan komentar