Marketing Adalah: Pengertian, Fungsi dan Manfaat serta Jenisnya

2
70

Dalam sebuah bisnis marketing adalah salah proses penting yang bertujuan untuk mengenalkan barang atau jasa agar dikenal oleh masyarakat luas. Agar sebuah bisnis dapat memiliki performa yang maksimal, selain ditentukan oleh marketing plan yang matang tentunya harus disertai dengan cara yang benar.

Sebuah strategi marketing yang efektif tentunya akan membuat sebuah citra bisnis menjadi lebih bagus dan meningkatkan omzet penjualan. Oleh karena itu, memahami strategi marketing yang efektif adalah salah satu hal penting untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

Dalam rangkaian proses marketing ini, tentunya memiliki beberapa tahapan yang meliputi, identifikasi produk, penentuan permintaan dan harga produk atau jasa. Selain itu, Anda juga harus memilih saluran distribusi, selalu berinovasi, dan juga  menentukan strategi promosi yang efektif.

Marketing adalah
Marketing adalah

Marketing Adalah: Pengertian 

Marketing merupakan cara untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat. Usaha tersebut tentunya dilakukan dengan beberapa cara yaitu mulai dari mempromosikan produk, mendistribusikan produk, penjualan produk, hingga mengembangkan strategi penjualan produk.

Untuk menetapkan strategi marketing ini tentunya juga harus melalui proses riset pasar, dan juga menganalisis target konsumen dari produk yang dibuat. Selain itu, perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat konsep marketing atau pemasaran ini juga beragam. Dua konsep marketing ini dibatasi oleh medianya yaitu online dan offline.

Apa Saja Fungsi dan Manfaat dari Marketing?

Fungsi dari marketing atau pemasaran ini yaitu sebagai penghubung antara pihak brand produk dan juga calon konsumen. Oleh karena itu, dalam proses marketing terdapat beberapa tahapan atau proses identifikasi dan segmentasi pelanggan untuk mengetahui apa saja produk yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa manfaat dari kegiatan marketing atau pemasaran:

  • Menambah nilai produk dan nilai jasa atau layanan yang ditawarkan.
  • Membantu menemukan target pasar dan memahami produk dan layanan yang diinginkan calon konsumen.
  • Sebagai sarana untuk meningkatkan citra produk atau brand
  • Untuk Membangun hubungan baik dengan target pemasaran
  • Untuk meningkatkan nilai kepercayaan produk atau layanan kepada calon konsumen
  • Meningkatkan volume penjualan produk atau layanan

Apa Saja Jenis-Jenis Marketing?

Saat terjun pada teknis pengembangan bisnis, tentunya owner maupun timnya harus memiliki strategi marketing yang cocok untuk bisnis yang dijalankan. Berikut adalah beberapa jenis marketing yang dapat diterapkan untuk bisnis Anda:

  1. Inbound Marketing, adalah metode pemasaran yang difokuskan untuk menarik konsumen dengan melibatkan mereka secara langsung.
  2. Outbound Marketing, merupakan metode pemasaran menggunakan media, seperti televisi, radio, media cetak, email, dan lain-lain.
  3. Digital Marketing, merupakan metode pemasaran dengan memanfaatkan teknologi elektronik atau internet, seperti media sosial, email, dan lain-lain.
  4. Search Engine Marketing (SEM), merupakan metode pemasaran yang bertujuan agar layanan bisnis Anda berada di awal halaman mesin pencarian atau SERP.
  5. Content Marketing, merupakan instrumen utama dalam digital marketing dan inbound marketing.
  6. Social Media Marketing, merupakan metode marketing dengan cara membuat konten untuk kegiatan promosi produk atau jasa yang ditawarkan melalui media sosial.
  7. Video Marketing, merupakan metode pemasaran yang menggunakan konten video untuk membantu kegiatan pemasarannya. Contohnya seperti diunggah melalui YouTube, TikTok, Instagram Reels, dan lain-lain.
  8. Voice Marketing, merupakan metode pemasaran dengan memanfaatkan layanan media besar. Contohnya seperti google home, Alexa, Amazon, Alibaba, dan lain-lain.

Demikian informasi mengenai marketing adalah:  pengertian, fungsi dan manfaat serta jenisnya. Apakah Anda sudah mengetahui, strategi marketing manakah yang efektif untuk bisnis Anda? Semoga informasi ini dapat dijadikan sebagai referensi dan bermanfaat bagi Anda.

Rate this post

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here