Mengenal Arti Hosting dan Cara Kerjanya

0
220

Proses membuat sebuah website maupun blog tidak lepas dari peran sebuah layanan hosting. Istilah tersebut mungkin sudah tidak asing di telinga Anda, khususnya para pemilik website maupun blog.

Layanan tersebut memiliki fungsi utama untuk memastikan website atau blog bisa ditampilkan di internet. Artinya, layanan ini dan website saling berkaitan. Lalu, bagaimana cara kerjanya? Silahkan simak penjelasan artikel ini hingga selesai.

Arti Hosting dan Cara Kerjanya
Arti Hosting dan Cara Kerjanya. Sumber: http://unsplash.com/

Pengertian dan Penjelasan

Layanan tersebut sangat dibutuhkan oleh para setiap orang yang ingin membangun sebuah website. Dengan memanfaatkan paket dari layanannya, maka seseorang bisa mengelola website untuk berbagai tujuan.

Layanan tersebut meliputi pengelolaan data situs maupun aplikasi website. Kemudian data-data tersebut nantinya akan ditampilkan di internet. Artinya, layanan ini akan membantu website atau blog milik Anda agar bisa online.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Tidak terlalu sulit untuk mengenal bagaimana cara kerja dari layanan ini. Di sini kami akan coba menjelaskan cara kerjanya ke dalam bahasa yang ringan dan mudah dimengerti.

Ketika pengguna internet ingin mengakses sebuah website atau blog, hal pertama yang dilakukan yaitu menuliskan nama domain. Selain itu, juga bisa dengan cara menulis kata kunci tertentu di Google.

Baca juga: Strategi Pemasaran UKM dengan Media Promosi Online

Setelah menulis nama domain maupun kata kunci tertentu, maka akan muncul website atau blog yang diinginkan. Munculnya halaman website tersebut berkat peran dari layanan ini.

Sederhananya, domain adalah alamat sedangkan hosting adalah rumahnya. Jadi semua data website milik Anda disimpan di ‘rumah’ tersebut dan sebaiknya gunakanlah hosting terbaik Indonesia untuk menyimpan data-data website Anda.

Pelayanannya juga menawarkan sebuah ruang server untuk menyimpan semua data dan aset yang digunakan untuk membuat website. Host tersebut nantinya akan muncul ketika ada orang yang mengetik nama domain maupun kata kunci tertentu di mesin pencari.

cara kerja hosting
Cara kerja hosting. Sumber: http://unsplash.com/

Untuk mendapatkan layanan ini, seseorang harus membayar biaya sewa setiap bulannya. Selain itu juga ada paket tahunan untuk yang ingin menggunakan jasa dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Jika Anda tidak menggunakan atau membayar layanannya lagi, maka website Anda tidak bisa diakses lagi.

Apa Saja Fungsinya?

Layanan ini memiliki banyak fungsi vital pada sebuah website maupun blog. Fungsinya tidak lepas dari pengembangan sebuah website untuk kebutuhan pribadi maupun untuk sebuah perusahaan.

Fungsi Hosting
Fungsi Hosting

Untuk mengenali fungsinya lebih dalam, berikut sudah kami rangkum di bawah ini:

Untuk Membuat Sebuah Halaman Website

Fungsinya yang pertama yaitu untuk membantu menciptakan sebuah website yang lengkap. Maksud “lengkap” di sini yaitu website yang menyimpan berbagai dokumen dan informasi terkait pengguna maupun bisnis.

Dengan menggunakan paket tersebut, maka halaman website yang Anda buat bisa muncul di search engine dan diakses oleh para pengunjung di internet.

Digunakan untuk Pengembangan Situs E-commerce

Fungsi dari website saat ini tergolong banyak. Sebut saja salah satu yang paling populer saat ini yaitu digunakan untuk membangun situs jual beli online atau e-commerce.

Fungsi dari layanan ini untuk situs jual beli online sangat besar. Layanan ini bisa memastikan website yang Anda miliki bisa terindeks di halaman mesin pencari. Dengan begitu, bisnis dan produk Anda bisa ditemukan secara mudah.

Baca Juga : Yuk Jualan Online dan Ketahui Cara Menarik Pembeli eCommerce dengan Mudah

Di sisi lain, e-commerce saat ini memberikan dampak yang positif pada peningkatan penjualan. Pasalnya, pemasaran dan promosi di internet bisa mendorong pendapatan yang lebih tinggi.

Membantu untuk Memiliki Email Profesional

Selain berfungsi untuk menampilkan website di internet, layanan ini juga memiliki fungsi lain yang tak kalah penting. Anda juga bisa membuat email yang lebih profesional untuk bisnis. Contohnya seperti [email protected]

email profesional
Email profesional. Sumber: http://unsplash.com/

Email tersebut terlihat lebih formal dan juga profesional. Namun sebelum membuatnya, Anda harus memiliki nama domain dan paket layanan tersebut terlebih dahulu.

Melindungi Website dari Serangan Cyber

Fungsi lain dari layanan ini yaitu bisa melindungi website yang Anda miliki dengan menggunakan SSL (Secure Socket Layer). Fungsi dari SSL sendiri yaitu untuk melindungi data pada website Anda agar tidak dicuri.

SSL bisa menjamin keamanan website Anda dari serangan malware, virus dan juga serangan DDOS. Perlindungan ini sangat penting terutama untuk website yang bersifat penting seperti e-commerce.

Menjaga Website Anda Agar Tetap Online

Server host akan menjaga data atau informasi Anda pada website agar tetap online dan bisa diakses oleh siapa saja. Dengan layanan ini website atau blog yang Anda buat akan selalu online dan mudah diakses.

Meski terkadang kerap ada gangguan website mati, namun hal tersebut hanyalah masalah kecil saja. Umumnya website akan hidup atau online kembali tanpa memakan waktu lama, terutama jika Anda memilih layanan yang tepat dan profesional.

Siapa yang Cocok Menggunakan Layanan Ini?

Melihat dari fungsi dan cara kerjanya, kita bisa menarik kesimpulan bahwa jasa yang satu ini cocok untuk yang bergelut di bidang berikut:

Jual Beli Online

Pembuatan toko online berupa website akan membutuhkan layanan ini. Nantinya semua data-data seperti gambar maupun template atau desain web Anda akan disimpan pada server.

Anda juga bisa memiliki toko online yang indah dengan memanfaatkan layanan tersebut. Selain itu, layanan ini juga membantu bisnis Anda untuk tetap online 24 jam dalam seminggu.

Membuat Blog Pribadi maupun Perusahaan

Blog saat ini tidak hanya digunakan untuk kepentingan perorangan saja. Kini juga banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan sebagai media untuk membuat konten yang relevan dengan bisnisnya.

Layanan ini akan membantu untuk membantu blog Anda atau suatu perusahaan muncul di halaman mesin pencari.

Membuat Website Sebagai Media untuk Promosi

Website tidak hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang menjual barang-barang saja. Saat ini juga sering digunakan oleh perusahaan yang menjual layanan. Contohnya seperti bisnis di bidang travel.

Website utuk promosi
Website untuk promosi. Sumber: http://unsplash.com/

Website bisa Anda gunakan untuk promosi penawaran menarik kepada pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa mencantumkan informasi penting lain untuk menarik minat pembeli.

Dimana Mendapatkan Layanannya?

Untuk yang ingin mendapatkan layanan ini, Anda bisa menemukannya di perusahaan yang menyediakan paket layanan tersebut lengkap dengan domain. Paketnya biasanya ditawarkan dalam durasi tertentu mulai dari bulanan, 1 tahun tahun, 2 tahun hingga 3 tahun.

Baca Juga : Manfaat Website Untuk Perusahaan dan Bisnis UMKM

Umumnya tersedia beberapa paket yang ditawarkan. Artinya hosting spesifikasinya berbeda-beda sehingga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Adapun perbedaan spesifikasinya yaitu terletak pada SSD Storage, RAM dan virtual CPU saja.

Harga yang ditawarkannya pun berbeda-beda sesuai dengan jenis paket yang ditawarkan oleh perusahaan terkait.

Kesimpulan

Layanan ini sangat penting sekali untuk Anda yang ingin membangun sebuah website atau blog. Fungsi utamanya yaitu menyimpan data dan informasi website Anda kemudian menampilkannya di internet. Perannya sangat vital sekali bagi yang ingin memiliki website.

Demikian penjelasan seputar apa itu hosting, fungsi dan juga cara kerjanya untuk website. Informasi ini sedikit banyaknya bisa menambah wawasan Anda terkait pembuatan website maupun blog.

5/5 - (4 votes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here