Tips Menjaga Kehamilan Trimester Pertama

0
27

Menjaga kehamilan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh seorang ibu hamil agar calon bayi yang ada di dalam kandungan tetap sehat. Apalagi saat ibu menghadapi masa hamil muda, pastinya akan ada banyak keluhan yang tidak pernah dirasakan sebelumnya. Oleh karena itu menjaga kehamilan adalah faktor penting yang harus diperhatikan selama masa trimester 1, trimester 2 dan trimester 3.

Dalam masa hamil yang baru berumur 1 sampai 3 bulan atau lebih sering disebut dengan trimester 1, janin yang ada di dalam kandungan sangat rentan sekali. Ibu harus selalu memastikan bahwa kandungan harus tetap terjaga untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Salah satunya adalah dengan melakukan NIPT Test.

Nipt merupakan singkatan dari Non Invasive Prenatal Test. Nipt test merupakan salah satu kemajuan teknologi di bidang medis yang memungkinkan untuk bisa mengetahui jenis kelamin calon bayi, bahkan saat usia kandungan masih menginjak beberapa minggu. Saat trimester pertama adalah waktu yang paling penting untuk pertumbuhan janin bayi karena dalam masa pertumbuhan dan perkembangan.

Selain itu, menjaga kehamilan yang dialami oleh keluarga muda yang belum banyak pengalaman harus sering mengikuti tips parenting maupun tips kehamiulan agar kiat yang akan dijalankan selama kehamilan berjalan sesuai dengan rencana. Ada banyak cara dan tips menjaga masa kehamilan yang bisa dilakukan oleh ibu agar menghindari ganggunan pada janin bayi maupun kesehatan ibu.

Menjaga kehamilan trimester pertama
Tips menjaga kehamilan

Tips Menjaga Kehamilan yang Harus Dilakukan

Cara dan tips harus selalu dipelajari oleh calon ayah dan ibu hamil ketika memasuki trimestert pertama usia kehamilan. Usia kehamilan yang sangat penting dalam menentukan kesehatan dan pertumbuhan janin bayi. berikut ini adalah beberapa tips menjaga kehamilan yang harus dilakukan oleh ibu. Di antaranya adalah:

Konsumsi Air Putih yang Cukup

Saat memsukai trimester pertama hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mengkonsumsi air putih lebih dari biasanya. Ibu hamil wajib meminum air putih 8 gelas dalam seharinya. Manfaat air putih ternyata sangat banyak untuk ibu hamil. Karena ibu hamil sangat banyak membutuhkan cairan yang cukup untuk kesehatan janin yang berada dalam kandungan.

Jauhi Asap Rokok

Asap rokok merupakan polutan yang sangat berbahaya dan bisa mengancam janin yang berada dalam kandungan. Zat racun yang banyak terkandung dalam sebatang rokok bisa berjumlah jutaan. Oleh karena itu ibu hamil wajib menghindari asap rokok untuk selalu menjaga kehamilannya.

Menjaga Asupan Makanan Setiap Hari

Makanan yang bergizi dan banyak megandung vitamin merupakan menu wajib yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil. mengapa? karena untuk perkembangan dan pertumbuhan janin, diperlukan asupan vitamin dan mineral yang bisa memicu kesehatan janin bayi. Seimbangkan antara asupan makanan, dan sebaiknya banyak konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A,B,C,D.

Istirahat yang Cukup dan Teratur

Banyak gangguan yang akan dirasakan oleh ibu hamil saat hamil di trimester pertama. Salah satunya adalah adaptasi perut dan rahim yang tidak seperti biasanya. Rasa mual dan keinginan untuk muntah merupakan hal yang wajar dan umum terjadi pada ibu hamil pada usia kehamilan antara 1 sampai 3 bulan. Dengan istirahat yang cukup akan membantu proses adaptasi ibu hamil dalam menjaga janin bayi.

Konsumsi Makanan yang Matang

Penngolahan makanan yang baik perlu dijadikan perhatian yang sangat penting bagi asupan protein ibu hamil. Dalam makanan yang belum dimasak masih banyak mengandung bakteri yang memungkinkan akan menyerang janin bayi yang menyerang jaringan sel yang sangat rentan. Makanan yang akan dikonsumsi oleh ibu hamil harus dipastikan sudah diolah dengan baik dan sudah matang untuk membunuh bakteri jahat yang bisa menganggu pertumbuhan dan perkembangan janin.

Hindari Gerakan Berat

Ketika memasuki masa hamil, sebaiknya ibu hamil harus beristirahat yang cukupd an menghindari pekerjaan rumah yang erat seperti mengepel, mengangkat beban yang berta, dan lain sebagainya. Kekuatan janin akan ditentukan jika ibiu hamil di awal kehamilan selalu menjaga gerakan berat yang bisa menimbulkan gangguan pada janin bayi.

Kesimpulan

Dengan menjaga kehamilan, seorang ibu harus benar-benar menjaga janin yang akan menjadi calon bayi. Semua tips menjaga kehamilan harus dilakukan agar pertumbuhan dan perkembangan janin selalu terjaga. Dengan melakukan tips menjaga kehamilan seperti yang telah dijelaskan di atas, maka secara tidak langsung akan memberikan efek positif terhadap calon bayi.

Serta dukungan dari suami sangat dibutuhkan pada usia kehamilan awal, dengan kerjasama yang baik antara suami dan istri, maka kehamilan akan selalu terjaga. Demikian artikel mengenai kesehatan kehamilan semoga bisa bermanfaat bagi bunda ya. Sampai jumpa di artikel kesehatan selanjutnya.

5/5 - (2 votes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here