Pentingnya Melakukan Detailing Interior Mobil

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Bagi yang memiliki mobil, pasti Anda akan selalu merawat dan mebersihkannya setiap hari agar mobil terlihat rapi. Selain itu Anda juga akan merasa aman dan nyaman ketika menggunakan mobil dalam perjalanan. Tak terkecuali interior mobil, bagian dari mobil ini adalah bagian yang paling penting yang harus selalu bersih dan terawat dengan melakukan detailing interior mobil.

Untuk membuat interior mobil selalu bersih dan terawat maka Anda harus melakukan detailing mobil. Apalagi interior mobil sangat rentan terhadap kotoran seperti noda makanan, abu rokok, bahkan air hujan yang masuk beserta lumpur jika Anda bepergian ketika musim hujan. Hal-hal seperti itu akan membuat kabin mobil menjadi kotor dan kenyamanan akan berkurang.

Untuk melakukan detailing interior mobil bisa menggunakan jasa layanan detailing mobil yang sudah tersedia di beberapa kota besar seperti Jogja, Bandung, Jakarta, Semarang, dan lain sebagainya. Kisaran harga auto detailing interior mobil juga sangat bervariasi tergantung layanan apa saja yang bisa dilakukan.

Detailing mobil tidak hanya bagian interior, akan tetapi exterior juga bisa dilakukan detailing seperti membersihkan bagian mesin, bemper, poles body, memasang nano coating dan lain sebagainya. Akan tetapi yang menentukan kenyamanan saat berkendara adalah bagian interior mobil. Nah ada beberapa tahapan yang harus dilakukan ketika ingin melakukan detailing mobil.

Pentingnya detailing interior mobil
Detailing interior mobil

Tahapan Detailing Interior Mobil

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa jasa detailing mobil di beberapa kota besar menawarkan layanan detailing interior maupun exterior mobil. Untuk melakukan detailing interior mobil juga kita harus sudah mengerti apa yang akan dibersihkan sehingga interior mobil akan selalu bersih dan terawat. Merawat mobil merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap pemilik mobil.

Berikut ini adalah tahapan yang dilakukan ketika kita melakukan detailing interior mobil. Di antaranya adalah:

Membersihkan Noda di Kabin

Noda kotoran seringkali merusak komponen bagian komponen yang ada di dalam kabin mobil. Selain itu abu rokok bagi seorang perokok akan mengotori interior mobil. Dengan melakukan detailing dengan membersihkan noda yang terlihat maka akan menjadikan kabin mobil Anda menjadi bersih dan terlihat seperti baru.

Memperbaiki Komponen Interior Mobil yang Rusak

Komponen interior mobil sangat banyak jenisnya, termasuk interior dan exterior mobil. Untuk bagian interior mobil, sudah tentu banyak komponen yang rusak bisa karena ulah manusia maupun umur dari mobil tersebut. Biasanya komponen yang rusak akan diperbaiki dan fungsi dari bagian interior mobil tersebut akan berfungsi kembali. Seperti contoh, memperbaiki recleaning seat, sabuk pengaman, dan lain sebagainya.

Membersihkan Jok Mobil

Jok mobil adalah komponen yang paling utama harus selalu bersih. Karena kita akan bersinggungan secara langsung setiap harinya ketika menggunakan mobil. Hal yang sering dilakukan oleh jasa detailing mobil adalah membersihkan jok mobil dari segala jenis kotoran yang menempel pada jok. Baik jok yang berbahan bludru maupun plastik sintetis.

Tahapan detailing interior mobil
Tahapan detailing interior mobil

Membersihkan Karpet Mobil dan Lantai

Bagian lantai mobil sangat rentan terhadap karat, apalagi jika datang musim penghujan dan air dari luar akan mudah masuk kedalam kabin mobil. Lama-kelamaan jika dibiarkan saja maka lantai akan berkarat dan akan merusak keutuhan lantai mobil. Jika kita mennggunakan jasa detailing interior mobil maka bagian lantai dan karpet akan dibersihkan dengan baik.

Membersihkan Dashboard Mobil

Dashboard mobil merupakan bagian interior mobil yang rentan terhadap debu, debu akan mudah menempel pada bagian dashboard karena memiliki bahan plastik. Apalagi jika dashboard mobil memiliki warna yang gelap, maka debu akan semakin terlihat dan mengurangi kenyamanan penumpang. Jasa membersihkan interior dan exterior mobil akan membersihkan dashboard sampai benar-benar bersih sehingga panel di dalam dashboard kaan berfungsi sesuai fungsinya masing-masing.

Membersihkan PLafon mobil

Plafon mobil sebagian besar memiliki bahan kain atau bludru yang sangat rentan terhadap kotoran. Apalagi jika plafon mobil selalu dipegang oleh berbagai orang yang menggunakan mobil tersebut. Dengan membersihkan plafon mobil dengan menggunakan sikat dan vacuum cleaner maka plafon akan terlihat lebih cerah dan bersinar.

Detailing interior dan exterior mobil
Detailing interior dan exterior mobil

Nah, tahapan pembersihan interior dan exterior mobil ini merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh par apemiliki mobil karena akan menambah kenyamanan dan kebersihan ketika berkendara. Dengan memiliki kabin atau interior mobil yang bersih maka setiap perjalanan kita akan merasa nyaman dan betah.

Apalagi jika keluarga besar yang kita ajak bepergian luar kota, di dalam perjalanan akan semakin nyaman baik penumpangnya maupun yang mengemudikan kendaraan. Anda bisa mencari beberapa jasa auto detailing mobil yang lengkap menyediakan layanan pembersihan seperti poles body, poles kaca, poles headlamp, pembersihan mobil dan lain sebagainya.

Jika Anda penyuka otomotif, sudah seharusnya Anda mengetahui langkah dan kita bagaimana cara merawat interior mobil maupun merawat mesin mobil. Agar di kemudian hari Anda bisa dengan nyaman menggunakan kendaraan kemanapun.

Semoga artikel tentang otomotif ini bisa bermanfaat dan silakan share kepada keluarga, kerabat, maupun teman dekat. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya

5/5 - (1 vote)

Leave a Comment