Tips Memilih Bengkel Mobil yang Tepat

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Memiliki mobil atau kendaraan bermotor mengharuskan kita untuk merawat mobil secara rutin maupun memperbaiki komponen mobil yang rusak. Memilih bengkel mobil yang tepat merupakan sebuah pertimbangan yang harus dipikirkan secara matang mengingat saat ini banyak bengkel mobil yang berbuat curang mengenai spare part atau suku cadang maupun pengerjaan yang tidak sesuai standar.

Pemilihan bengkel untuk mobil harus tepat selain itu budget yang dikelaurkan juga harus sesuai dengan apa yang telah dikerjakan oleh bengkel tersebut. Bengkel mobil sangat bermacam-macam dan banyak tersedia di kota besar seperti Jogja, Bandung, Jakarta, Surabaya, dan beberapa kabupaten lainnya.

Bengkel mobil adalah layanan yang disediakan khusus untuk melakukan perbaikan mobil maupun melakukan perawatan rutin yang wajib dilakukan agar mobil kembali dalam keadaan prima. Perawatan seperti tune up, scan mesin, ganti oli, spooring, balancing, dan beberapa layanan yang dibutuhkan mobil. Dengan memiliki mobil dengan keadaan yang prima, maka mobil akan nyaman ketika digunakan bepergian ke luar kota atau hanya sekedar di dalam kota.

Jenis bengkel mobil pun sangat beragam, kebanyakan bengkel mobil memiliki kekhususan tersendiri untuk setiap komponen mobil. Seperti bengkel kaki kaki, bengkel power steering, bengkel radiator, bengkel bodykit cat dan las, bengkel detailing mobil, bengkel interior mobil, dan bengkel umum untuk melakukan perawatan mesin rutin. Karena pada kendaraan mobil setiap komponen atau bagian mobil memiliki spesialisasi khusus agar lebih fokus dengan apa yang diperbaiki.

Oleh karena itu, kita harus pintar dan jeli ketika ingin memilih bengkel mobil. Apalagi jika yang diperbaiki merupakan komponen mobil yang harus memerlukan keahlian khusus untuk bisa memperbaiki dan mengembalikan fungsi mesin mobil atau komponen tersebut ke keadaan yang sebelumnya.

Tips dan trik memilih bengkel mobil terbaik
Tips memilih bengkel mobil

Tips Memilih Bengkel Mobil yang Berkualitas

Ketersediaan bengkel yang sangat banyak di beberapa kota besar akan menjadi salah satu pertimbangan yang harus dipikirkan dengan matang untuk memilih bengkel mana yang cocok dalam melakukan perbaikan maupun perawatan mobil yang kita miliki.

Berikut ini ada beberapa kiat khusus atau tips yang harus dilakukan ketika memilih bengkel mobil yang berkualitas dan tepat untuk mobil yang kita miliki. Di antaranya adalah:

Memiliki Reputasi yang Bagus

Bengkel yang baik merupakan bengkel yang sudah banyak memiliki pelanggan. Di antara pelanggan tersebut pasti memiliki pengalaman masing-masing ketika memperbaiki kendaraan di bengkel tersebut. Hal yang paling mudah dilakukan adalah melakukan sortir review dan rating di google.

Bengkel yang bagus merupakan bengkel yang paling tidak mendapatkan bintang mininal lima di google maps review. Selain itu, review dan rekomendasi dari rekan atau kerabat adalah hal yang paling penting karena mereka sudah merasakan pengalaman langsung ketika memmiliu bengkel tersebut.

Ketersediaan Suku Cadang

Suku cadang untuk berbagai merek mobil sangat beragam. Ada yang original dari masing masing pabrikan mobilm atau pun yang imitasi tapi memiliki kualitas premium. Dengan memilih bengkel yang menyediakan spare part atau suku cadang maka akan lebih mudah ketika akan mengganti komponen mesin mobil yang harus diganti.

Kita tidak perlu mencari penyedia suku cadang karena sudah tersedia di bengkel tersebut. Kita tinggal memilih akan menggunakan suku cadang asli atau yang kualitas premium sesuai budget dan kebutuhan saja.

Pemilihan bengkel terbaik untuk mobil
Bengkel berkualitas buka 24 jam

Memiliki Alat yang Lengkap

Tidak semua bengkel memiliki alat untuk memperbaiki mobil dengan lengkap. Bengkel konvesional biasanya hanya memiliki alat yang seadanya dan mendukung kegiatan perbaikan yang sering dilakukannya. Berbeda dengan bengkel resmi dari pabrikan merek mobil tertentu seperti toyota, honda, hino, isuzu dan lain sebagainya.

Dengan memilih bengkel yang memiliki peralatan yang lengkap dan bahkan dilengkapi dengan teknologi informasi dan komputer maka bisa dipastikan bahwa bengkel tersebut merupakan bengkel profesional. Kita bisa menggunakan jasa dan layanan mereka disaat melakukan perbaikan atau perawatan untuk hasil yang maksimal.

Memberikan Garansi

Sebagian bengkel yang menuual jasa atau layanan perbaikan mesin mobil menawarkan garansi perbaikan atau spare part jika dalam beberapa waktu ke depan terjadi masalah kembali. Bengkel yang berani melakukan ini sudah dipastikan merupakan bengkel yang berpengalaman dan memiliki reputasi yang baik.

Dengan memanfaatkan garansi yang ditawarkan kita akan lebih aman dan nyaman ketika menggunakan mobil tanpa khawatir mobil akan memiliki masalah.

Bengkel yang Buka 24 Jam dan Bisa Dipanggil

Salah satu keitimewaan bengkel yang banyak memiliki pelanggan adalah bengkel yang buka selama 24 Jam nonstop dan bisa dipanggil kemanapun sesuai dengan jangkauan area yang ditawarkan. Musibah atau kerusakan seringkali terjadi secara mendadak, apalagi jika kita sedang bepergian ke luar kota. Dengan memilih bengkel yang menyediakan layanan 24 jam kita bsia menghubunginya kapan saja dengan menjelaskan keluhan kerusakan yang terjadi.

Biasanya montir atau mekanik akan melakukan kunjungan panggilan, apabila tidak bisa teratasi mereka menawarkan jasa towing untuk menarik mboil dan memperbaiki kendaraan di bengkel mereka.

Memilih Bengkel Mobil
Bengkel mobil rekomendasi terbaik

Nah, ketika memilih bengkel terbaik sepertinya kita harus melakukan riset terlebih dahulu. Selain itu pengalaman teman dalam memilih bengkel akan menjadi sebuah rekomendasi yang bagus untuk melakukan perawatan maupun perbaikan terhadap mobil yang kita miliki. Dari tips memilih bengkel mobil terbaik seperti yang telah dijelaskan di atas, maka untuk selanjutnya kita tidak akan salah pilih bengkel lagi karena sudah banyak pertimbanngan yang dilakukan.

Semoga mobil dan kendaraan yang dimiliki tetap dalam kondisi prima, dan semoga artikel otomotif ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya.

5/5 - (1 vote)

Leave a Comment