Ulasan Tentang Merek Dagang untuk Pemula yang Harus Diketahui

0
190

Ulasan Tentang Merek Dagang untuk Pemula – Fungsi utama dari merek dagang adalah untuk membedakan barang atau jasa atau jasa yang disediakan oleh pedagang dari yang disediakan oleh pedagang lain. Oleh karena itu, merek dagang merupakan elemen penting dari bisnis apa pun karena merek tidak hanya mengidentifikasi pedagang.

Tetapi juga mengkomunikasikan kepada konsumen bahwa barang atau jasa yang menggunakan Merek Dagang tersebut berasal dari sumber yang unik, yang dapat dibedakan dari semua sumber lain untuk barang atau jasa tersebut.

Seringkali istilah merek dagang digunakan untuk merujuk pada merek dagang dan merek layanan. Perbedaan merek dagang vs merek layanan benar-benar sangat kecil, dan merek ini pada dasarnya adalah hal yang sama.

Perbedaannya adalah merek dagang mempromosikan barang atau produk, sedangkan merek layanan mempromosikan layanan. Tampaknya penggunaan umum untuk merujuk merek layanan sebagai merek dagang atau merek layanan. Namun, kebalikannya tidak benar; dan Anda tidak dapat menyebut merek yang ditempelkan pada barang sebagai merek jasa.

Ulasan Tentang Merek Dagang
Merek Dagang

Simbol umum yang terkait dengan merek dagang menunjukkan bahwa merek tersebut adalah merek dagang terdaftar dan karenanya dilindungi oleh undang-undang merek dagang. Hanyalah simbol yang digunakan untuk menunjukkan bahwa merek tersebut digunakan oleh perusahaan sebagai merek dagang. Ini tidak menunjukkan bahwa merek tersebut terdaftar atau dilindungi berdasarkan undang-undang merek dagang.

Tidak ada persyaratan bahwa Anda menggunakan salah satu simbol, namun ada dua keuntungan penting untuk menggunakannya. Pertama, simbol memberikan pemberitahuan kepada dunia bahwa Anda mengklaim simbol tersebut sebagai merek dagang, dan ini akan menghalangi orang lain untuk mencoba menggunakan nama tersebut untuk bisnis mereka sendiri.

Kata merek dagang sering digunakan secara bergantian dan salah. Merek dagang, hak cipta, dan paten adalah semua bentuk berbeda dari properti tidak berwujud yang dapat dibeli dan dijual, dilisensikan, atau dieksploitasi untuk keuntungan komersial. Mereka masing-masing, bagaimanapun, melindungi kepentingan yang sama sekali berbeda.

Apa yang Dimaksud Merek Dagang?

Paten melindungi penemuan, penemuan, dan desain baru, sedangkan hak cipta melindungi karya asli kepengarangan seperti lukisan, program komputer, patung, dan desain arsitektur. Merek dagang sama sekali tidak melindungi ciptaan atau daya cipta.

Bahkan, merek dagang dapat diperoleh tanpa masukan kreatif atau inovatif dari pemiliknya. Misalnya, ketika publik secara spontan mulai menyebut “Coca Cola” sebagai “Coke”, istilah baru tersebut menjadi pengidentifikasi sumber untuk produk tersebut, dan dengan demikian secara otomatis menjadi merek dagang.

Meskipun tidak wajib mendaftarkan merek dagang untuk menggunakannya, pendaftaran merek dagang menambah nilai besar bagi bisnis. Niat baik dan reputasi bisnis dapat berkurang atau ternoda jika orang lain mencoba menggambarkan barang dan jasa mereka sendiri sebagai milik Anda dengan mengadopsi merek yang serupa atau identik dengan bisnis Anda.

Beberapa manfaat utama dari mendaftarkan merek dagang meliputi:

• Pemilik merek berhak untuk mencegah orang lain menggunakan merek yang serupa atau identik tanpa izinnya setelah merek tersebut didaftarkan.
• Membangkitkan persepsi yang sah di kalangan masyarakat tentang kepemilikan dan kualitas produk yang otentik.
• Mencegah orang lain untuk menyalin dan menggunakan merek dagang karena pemilik merek dagang terdaftar dapat menuntut dan mengumpulkan ganti rugi dari organisasi yang melanggar merek dagang.
• Pendaftaran merek dagang mengurangi kemungkinan pihak lain mengklaim bahwa merek dagang Anda melanggar merek dagang mereka.
• Memberi pemilik hak untuk menggunakan simbol.

Ini memberikan peringatan kepada pihak-pihak yang berkepentingan yang ingin mengajukan merek dagang serupa atau identik karena kantor merek dagang Singapura akan menolak untuk mendaftarkan merek serupa yang membingungkan. Selain itu, merek Anda akan muncul di Daftar Merek Dagang lokal ketika bisnis mempertimbangkan untuk mengadopsi merek yang mirip dengan milik Anda.

Mungkin itu saja yang dapat saya jelaskan tentang pengertian Merek Dagang, semoga bermanfaat abgi anda dan semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan anda tentang merek dagang ini. Sekian dari saya terima kasih.

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here