Hak Merek Adalah: Pengertian dan Pentingnya untuk Bisnis

0
21

Hak merek adalah sesuatu yang cukup penting bagi bisnis agar memiliki merek dagang yang berbeda. Sederhananya, merek menjadi sebuah identitas pembeda bagi suatu bisnis dengan bisnis lainnya. Merek menjadi simbol atau ciri khas yang membuat pelanggan lebih mengenali produk.

Kegiatan penciptaan merek ini tentunya melibatkan profil bisnis, produk dan layanan yang disediakan, penentuan nama bisnis, dan perancangan identitas produk seta standardisasi produk. Selanjutnya, setelah terbentuk sebuah merek saatnya untuk melakukan branding untuk mengenalkan citra produk pada pelanggan.

Sebuah merek memiliki fungsi penting bagi perusahaan. Oleh karena itu adanya hak merek dapat menjadi payung hukum. Gunanya untuk melindungi bisnis dari tindakan pencurian hak sebagian atau seluruh merek yang dimiliki. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Hak merek adalah
Hak merek adalah pembeda identitas bisnis

Hak Merek Adalah: Pengertian

Di dalam UU No.20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis telah diatur mengenai seputar hak atas merek. Tujuan pembuatan aturan ini adalah untuk menciptakan persaingan usaha yang sehat, adil, memberikan perlindungan kepada para pelaku UMKM dan konsumen.

Di dalam hukum, Hak merek didefinisikan sebagai tanda berupa grafis yaitu logo yang berbentuk huruf, angka, nama, kata dan susunan warna. Biasanya logo ini dibuat dalam bentuk dua atau tiga dimensi, suara, hologram, maupun kombinasi dari unsur-unsur tersebut.

Instrumen hak merek dilahirkan untuk melindungi eksistensinya melalui badan hukum yang ada. Saat perusahaan telah memiliki hak atas merek tersebut, maka perusahaannya dapat bebas menggunakannya untuk kepentingan komersial. 

Bahkan, perusahaannya juga dapat melarang pihak lain untuk memanfaatkan mereknya. Jadi, ketika ada perusahaan lain yang menggunakan merek tersebut, maka perusahaan Anda dapat mengajukan gugatan dan melarangnya untuk menggunakan merek tersebut.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa, hak merek merupakan hak eksklusif pemilik brand atau merek yang telah terdaftar sehingga ia dan usahanya dapat memakannya dalam aktivitas perdagangan produk barang atau jasanya.

Apa Fungsi dan Pentingnya Hak Merek?

Memilihi hak merek dapat dilakukan dengan mendaftarkannya pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual atau DJKI. Pendaftaran merek dagang atau brand ini tentunya memiliki beberapa fungsi, di antaranya:

  • Sebagai bukti kepemilikan usaha yang memiliki hak atas merek yang telah didaftarkan.
  • Menjadi dasar penggugatan atau penolakan terhadap merek serupa yang didaftarkan oleh perusahaan lain.
  • Untuk mencegah perusahaan lain saat akan menggunakan merek yang sama, baik sebagian atau seluruhnya.

Lalu, apa pentingnya hak merek bagi sebuah bisnis atau perusahaan? Berikut adalah alasan-alasannya:

  • Mencegah perusahaan atau orang lain untuk menggunakan merek dagang yang serupa.
  • Membuat perusahaan memiliki hak eksklusif untuk menggunakan sendiri merek yang telah didaftarkan atau mengizinkan orang lain untuk menggunakannya dengan memberikan izin lisensi.
  • Pelaku usaha maupun perusahaan dapat terlindungi oleh hukum agar tidak terjadi penyalahgunaan dalam komersialisasi.
  • Menempatkan posisi perusahaan agar lebih tinggi daripada perusahaan kompetitor.
  • Mempermudah agar memperoleh pendanaan dari investor.

Siapa yang Dapat Mendaftar Hak Merek?

Sebuah merek dapat melakukan permohonan untuk pengajuan hak atas merek itu sendiri. Namun, jika tidak dilengkapi surat kuasa khusus, maka Anda tidak bisa mendaftarkan merek ciptaan orang lain. Sedangkan jika sebuah merek yang belum di daftarkan ke pihak DJKI, maka merek tersebut bebas digunakan oleh siapa saja. 

Hal tersebutlah yang menjadi urgensi pendaftaran hak atas merek ini dan mengapa dalam pendaftarannya terdapat istilah first to file. Artinya adalah hak merek ini dapat diperoleh siapa saja yang lebih dahulu melakukan pengajuan permohonan sepanjang mengikuti dan tidak melanggar perundang-undangan yang berlaku.

Demikian informasi mengenai Hak Merek Adalah: Pengertian dan Pentingnya untuk Bisnis. Setelah mengetahui informasi tersebut, apakah Anda mulai mempertimbangkan untuk segera mendaftarkan merek Anda pada DJKI? Semoga informasi ini dapat menjadi referensi dan bermanfaat bagi Anda.

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here