Membuat Invoice dan Pembubuhan E-Meterai dengan Paper.id

0
147

Invoice merupakan salah satu dokumen yang paling penting dalam berjalannya sebuah bisnis,  karena berdasarkan fungsi operasionalnya yaitu sebagai alat bukti atau alat tagih pembayaran yang dikeluarkan oleh penjual dan ditujukan kepada pembeli. Seiring berkembangnya teknologi, invoice saat ini sudah bisa dilengkapi dengan pembubuhan e-Meterai yang bisa dilakukan  secara online.

Mengapa invoice harus menggunakan e-meterai? Karena sesuai dengan Undang-Undang Bea Meterai nomor 10 tahun 2020, Pasal 3 Ayat (2) dijelaskan bahwa transaksi di atas Rp5.000.000,- wajib menggunakan meterai elektronik (e-Meterai). Invoice yang dibuat secara online juga harus membutuhkan pembubuhan Meterai Digital atau biasa disebut dengan e-Meterai yang dikeluarkan secara resmi oleh PERURI.

Untuk meningkatkan tingkat kelegalan invoice maka pembubuhan meterai digital di invoice online harus dilakukan, solusinya adalah membuat invoice secara online dengan menggunakan Paper.id. Invoice yang dibuat di Paper.id selanjutnya bisa dibubuhkan e-Meterai resmi dari PERURI. Pasalnya, Paper.id kini sudah bekerja sama dan dipilih oleh PERURI sebagai distributor e-Meterai resmi dan menjadi platform pertama yang menyediakan e-meterai untuk invoice. 

Pembubuhan E-Meterai di Invoice digital
Pembubuhan e-meterai di invoice menggunakan paper.id

Manfaat Menggunakan e-Meterai untuk Invoice di Paper.id

Bisnis yang sedang dijalani tentu harus memiliki dokumen yang legal dan resmi, baik itu nota pembelian, nota penjualan, invoice pembelian dan invoice penjualan. Paper.id hadir untuk memudahkan segala urusan transaksi yang berlangsung setiap hari pada bisnis yang berjalan.

Tak terkecuali dalam pembuatan invoice, Paper.id menciptakan solusi bagi para pelaku bisnis untuk mengutamakan layanan yang mudah dan terintegrasi dengan database perusahaan hanya dalam satu dashboard saja.

Dengan hadirnya e-Meterai asli dari PERURI di Paper.id, membuat Invoice menjadi lebih mudah dan memberikan beberapa manfaat. Ada beberapa manfaat lain yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan e-Meterai untuk invoice di Paper.id. Di antaranya adalah:

1. Keamanan lebihTerjamin


Terkadang di saat kita ingin membeli e-Meterai maka kita harus mengetahui terlebih dahulu distributor e-Meterai tersebut legal atau ilegal. Hal ini berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan bertransaksi apalagi jika transaksi memiliki nilai yang sangat besar. 

Dengan membuat invoice di Paper.id maka semua invoice bisa dibubuhi oleh e-Meterai yang resmi dari PERURI. Karena Paper.id sudah bekerja sama dengan PERURI sebagai distributor e-Materai yang resmi dan sah di mata hukum. Dengan begitu transaksi bisnis yang Anda lakukan akan semakin aman dan nyaman.

2. Menghemat Waktu 

Jika kita menggunakan invoice konvensional maka mengharuskan kita untuk membubuhkan meterai fisik. Nah, sementara jika tidak memiliki persediaan meterai fisik maka kita harus membelinya terlebih dahulu ke kantor pos. Hal ini akan sangat membutuhkan waktu dan tenaga ekstra.

Dengan menggunakan invoice online dan pembubuhan e-Meterai, semua waktu dan tenaga akan lebih hemat. Waktu yang terbuang jika kita membeli ke kantor POS akan bisa digantikan dengan kegiatan lain yang lebih produktif.

3. Pembubuhan e-Meterai yang Sangat Mudah

Paper.id menciptakan dashboard yang simpel dan mudah digunakan. Begitu juga saat membuat invoice penjualan serta fitur pembubuhan e-Meterai secara langsung di invoice tersebut. 

Tak membutuhkan waktu yang sangat banyak, jika bisa dihitung mungkin pembubuhan e-Meterai di invoice yang dibuat dengan menggunakan Paper.id hanya membutuhkan waktu sekitar 1 menit saja. 

Berikut ini tata cara pembubuhan e-Meterai pada invoice secara singkat.

  • Login akun Paper.id jika belum ada silakan untuk registrasi akun terlebih dahulu.
  • Buat invoice penjualan pada menu penjualan.
  • Beli e-Meterai dan bubuhkan e-Meterai 
  • E-Meterai akan langsung terpasang secara otomatis pada dokumen invoice tersebut.

4. Validasi e-Meterai yang lebih Cepat

Karena Paper.id merupakan distributor resmi e-Meterai, maka proses validasi keaslian dokumen bisa dilakukan dengan cepat hanya dalam hitungan 1 menit saja. Jika Anda sudah berhasil membubuhkan e-Meterai pada invoice yang Anda buat maka bisa langsung cek keaslian e-Meterai tersebut dengan menggunakan aplikasi PERURI Code Scanner.

Aplikasi resmi dari PERURI ini bisa mengecek keaslian e-Meterai yang ada pada invoice. Hanya tinggal scan ke e-Meterai yang sudah dibubuhkan pada dokumen digital maka akan langsung muncul nomor kode, waktu dan alamat email ketika Anda membeli e-Meterai.

Pembuatan invoice di paper.id
Pembuatan invoice di paper.id

Kesimpulan

Invoice memiliki peran krusial bagi setiap bisnis atau perusahaan modern, yang mengharuskan kita untuk terus beradaptasi dengan perkembangan zaman, mulai dari implementasi invoice digital hingga penggunaan e-Meterai. Dengan menggunakan Paper.id kita bisa mengelola berbagai macam data akuntansi, nota, hingga laporan keuangan setiap hari ataupun bulan.

Banyak juga manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan e-Meterai langsung dari aplikasi invoice Paper.id. Penggunaan meterai digital ini sangat membantu kita dalam menjalankan operasional dan cash flow perusahaan secara efektif dan efisien.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, segera daftar akun di Paper.id dan jalankan bisnis Anda dengan mudah bersama Paper.id.

5/5 - (2 votes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here