Cara Memilih VPS yang Baik: Pengertian dan Fungsi

0
162

Apa itu VPS? Bagaimana cara memilih VPS yang baik untuk website bisnis maupun blog pribadi? Bagi kalian yang memiliki blog pribadi pasti akan memilih hosting yang baik untuk performa website.

Karena salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja website adalah pemilihan hosting yang bersifat shared atau privat. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan VPS.

Jika kalian sudah merasakan traffic yang cukup besar ke blog yang dimiliki, tentu kapasitas bandwith juga harus diperhatikan. Selain itu hosting yang baik dan murah juga harus dipertimbangkan sebelum menentukan ke arah mana blog pribadi atau website akan digunakan. Jika memungkinkan, cara terbaik adalah pindah dari shared hosting ke VPS.

Cara Memilih VPS
Cara Memilih VPS yang Baik

Tak banyak yang mengetahui apa fungsi VPS yang banyak disediakan oleh layanan hosting di Indonesia. Mungkin bagi orang yang pemula di bidang blog, hosting yang umum digunakan adalah yang paling baik. Ternyata saat ini performa website yang baik adalah salah satu yang mempengaruhi kinerja dan posisi artikel di mesin pencarian.

Lalu apa pengertian VPS? Nah, saatnya kalian mengetahui apa seluk beluk tentang VPS yang akan dibahas pada artikel ini. Mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu VPS?

Apa sebenarnya pengertian VPS? Singkatan VPS adalah Virtual Private Server. VPS adalah layanan virtual server yang disediakan oleh penyedia hosting yang memiliki berbagai kelebihan dan lebih baik dari shared hosting yang umum digunakan. Spesifikasi VPS yang disediakan oleh peneydia juga berbeda-beda, kalian bisa menentukan pilihan VPS sesuai kebutuhan.

Salah satukeunggulan VPS adalah bisa menentukan sistem operasi yang berjalan di server itu sendiri. Sehingga ketika kalian memiliki sebuah website, pengelolaan akan bebas untuk website yang kalian miliki baik menggunakan Linux maupun Windows..

VPS tak hanya digunakan untuk hosting sebuah website saja, secara global VPS sering digunakan untuk menyimpan data maupun menghubungkan layanan IoT (Internet Of Thing). Vps juga memiliki tingkat keamanan dan kecepatan yang tinggi untuk menjaga maupun efektivitas penggunaan data yang kalian butuhkan.

Selain itu penggunaan VPS sangat cocok bagi website yang sudah memiliki ratusan ribu traffic, dan otomatis harus membutuhkan performa server yang mumpuni. Dengan kata lain VPS akan menjadi sebuah solusi yange fektif dan efisien untuk pengoptimalan sebuah website.

Penggunaan VPS sangat mudah dilakukan, apalagi untuk pengguna yang sudah mengerti mengenai perintah dasar di sistem operasi Linux. Selain itu, penggunaan VPS akan lebih mudah jika kalian terbiasa menggunakan panel, seperti WHM atau Webuzo.

Apa itu VPS?
Apa itu VPS?

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli VPS

Ada banyak hal yang harus diketahui sebelum kalian migrasi maupun cara memilih VPS sebagai server pribadi bagi beberapa website yang kalian miliki. Di antaranya adalah:

Pilih VPS yang Sesuai Kebutuhan

Kebutuhan website memang berbeda-beda, ada yang digunakan sebagai toko online, blog pribadi, portal berita dan lain sebagainya. Pemilihan VPS yang sesuai dengan kebutuhan sangat dianjurkan, karena akan lebih efektif bila kalian mengetahui kinerja website yang dimiliki.

Jika website yang dimiliki sudah mencapai ribuan visitor per bulan, maka sudah bisa diartikan bahwa blog pribadi yang kalian miliki harus menggunakan VPS agar kinerja lebih optimal. Karena pengunjung akan lebih suka website yang cepat dan memiliki performa yang mumpuni.

Ketahui Paket VPS dari Penyedia Layanan

Paket VPS hosting yang disediakan setiap penyedia layanan memang beragam. baik dari segi spesifikasi VPS maupun dari harga yang ditawarkan. Hal ini sangat berhubungan dengan kebutuhan yang kalian inginkan kedepannya. Baik dari segi kapasitas Ram, CPU, Bandwith, sistem operasi, dan lain sebagainya.

Mengetahui spesifikasi VPS adalah hal utama yang harus dilakukan agar penggunaan VPS bisa optimal. karena saat ini VPS memang agak sedikit mengeluarkan biaya yang lebih daripada shared hosting yang biasa. Jika sudah mengetahui spesifikasi VPS, kalian harus menyesuaikan dengan website yang kalian miliki.

Fungsi VPS

Setelah mengetahui beberapa hal sebelum menggunakan VPS, kalian juga harus tahu apa fungsi VPS sebenanrnya. Ada beberapa kelebihan VPS yang bisa kita bandingkan dengan shared hosting biasa dan lebih banyak umum digunakan.

Ada banyak fungsi VPS yang harus kalian ketahui sebelum menggunakan VPS. Di antaranya adalah:

Dapat Menampung Traffic yang Tinggi

Jika kaliam memiliki blog yang sudah mencapai ratusan ribu visitor per harinya, tentu akan lebih efisien jika menggunakan VPS sebagai server untuk website yang dimiliki. Karena jika traffic tinggi dan masih menggunakan shared hosting, maka pada waktu yang bersamaan akan membutuhkan resource yang tinggi juga dari pengguna lain yang berada pada hosting yang sama.

Penyimpanan Data Online yang Aman

Penyimpanan data selain di harddisk adalah melalui VPS. VPS bisa digunakan sebagai media penyimpanan file dan data yang penting. Karena yang bisa mengakses data tersebut adalah penyewa VPS.

Jika kalian membutuhkan fitur penyimpanan file online seperti backup data yang penting, layanan website file sharing, penyimpanan film yang bisa diakses siapa saja, foto pribadi maupun foto wallpaper, software, dan penyimpanan file berukuran besar, maka pemilihan VPS adalah keputusan terbaik agar lebih optimal dalam penggunaanya.

Remote Desktop Server

Jika kalian menggunakan VPS, akses komputer server bisa kalian gunakan kapan saja dan dimana saja. Kalian akan diberikan kebebasan hak akses untuk mengatur komputer server yang telah disewa. Hal ini menjadi sebuah kepraktisan ketika suatu saat kalian memili hal penting untuk mengkases server.

VPS Bisa Digunakan Sebagai VPN

Singkatan VPN adalah Virtual Private Network. Yang artinya jaringan yang terhubung di internet dan hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu saja. Fungsi VPN ini bisa digunakan oleh sebuah perusahaan atau organisasi yang hanya bisa diakses oleh karyawan yang ada di perusahaan tersebut.

Dengan menggunakan VPN, data perusahaan akan lebih aman dan tidak akan tersebar kepada pengguna internet umum lainnya karena sudah diatur sedemikian rupa untuk mode privat saja. Fitur pertukaran data hanya bisa dilakukan dalam jarrngan VPN tersebut sehingga kerahasiaan data akan lebih terjaga.

Fungsi VPS
Fungsi VPS

Tips Memilih VPS yang Baik

Setelah mengetahui pengertian VPS dan fungsi VPS, saatnya kalian harus memiliki pertimbangan saat akan berpindah dari shared hosting ke VPS. Bagaimana cara memilih VPS yang baik? Berikut ini adalah tips memilih VPS yang harus dilakukan sebelum memilih VPS. Di antaranya adalah:

Menentukan Tujuan Penggunaan VPS

Memilih layanan VPS adalah hal yang sangat penting dipertimbangkan, karena hal ini berhubungan dengan tujuan penggunaan VPS akan digunakan untuk apa. Sesuai dengan penjelasan VPS pada paragraf sebelumnya, VPS tak hanya digunakan sebagai media penyimpanan data atau sebagai web server sebuah website saja. Akan tetapi bisa juga digunakan sebagai penghubung layanan IoT (Internet of Thing)

Selain itu, rencana kedepan penggunaan VPS juga harus sudah ditentukan, apakah akan digunakan sebagai server sebuah website atau lainnya. Jika website sudah memiliki ribuan pengunjung, maka sudah diwajibkan migrasi ke VPS, karena kinerja akan lebih optimal. Tetapi jika website kalian masih belum banyak [engunjung, akan lebih baik menggunakan shared hosting terlebih dahulu.

Penggunaan Bandwith

Bandwidth merupakan maksimal besar transfer yang dilakukan pada satu waktu bersamaan dalam proses pertukaran data. Data yang disimpan dalam server kadang-kadang akan diakses secara bersamaan ketika ada pengunjung dalam website. Hal ini akan memakan proses waktu yang lama jika kalian menggunakan shared hosting apalagi jika batas bandwith sudah terlampaui.

Jadi jika anda ingin memilih VPS, penggunaan bandwith yang melebihi batas tidak akan dikenai biaya tambahan, sangat berbeda dengan shared hosting. Hal ini sangat cocok jika website atau blog pribadi klaian lebih banyak pengunjungnya dalam rentang waktu satu bulan.

Perhatikan Kapasitas RAM dan CPU

RAM atau biasa disebut Random Access Memory adalah tempat sementara yang digunakan untuk memproses sebuah data di server. Server merupakan Personal Computer yang memiliki spesifikasi yang tinggi, sehingga RAM yang digunakan di VPS harus besar.

Kapasitas RAM pada VPS biasanya lebih besar karena hanya digunakan oleh sendiri, Ram yang digunakan minimal 4GB pada VPS, akan lebih meningkatkan kinerja dan performa website yang kalian miliki.

Selain itu CPU juga sangat penting untuk diperhatikan, karena server yang akan kalian gunakan sangat mempengaruhi kecepatan website. Dengan memiliki RAM dan CPU yang memiliki spesifikasi baik, maka website akan lebih cepat diakses oleh berbagai user meskipun pengunjung yang banyak mengunjungi blog yang dimiliki.

Sistem Operasi

Hal yang harus diperhatikan adalah sistem operasi yang digunakan dalam sebuah VPS. Sebagian besar VPS berjalan di sistem operasi linux, karena linux sangat sering digunakan untuk web server dan sangat populer di kalangan penyedia hosting.

Akan tetapi kalian juga bisa memilih VPS yang menggunakan sistem operasi windows. Sesuaikan dengan kebutuhan yang akan digunakan, sebenarnya baik sistem operasi Linux dan Windows memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Setidaknya kalian harus mengetahui VPS yang berjalan dan digunakan itu menggunkaan sistem operasi apa, karena akan memudahkan untuk maintenance dan pengotimalan database pada web server.

Media Penyimpanan di VPS

Media penyimpanan yang berjalan dalam VPS adalah HDD (Hard Disk Drive) dan SSD (Solid State Drive). Teknologi SSD memang lebih cepat daripada harddisk biasa, karena memiliki kapasitas transfer rate data yang besar. Sebagian besar peneydia layanan VPS menggunakan SSD sebagai media penyimpanan data, akrena performa lebih cepat dan lebih efisien.

Ketahanan ketika menangani masalah kegagalan power juga menjadi kelebihan menggunakan SSD sebagai media penyimpanan data di server VPS.

Budget dan Rencana Anggaran

Penyedia layanan hosting memiliki berbagai pilihan paket VPS yang tersedia. Dimulai dari spesifikasi yang berbeda, harga yang beragam, dan juga kebutuhan yang akan digunakan ketika kalian menyewa VPS kedepannya. Performa dan kecepatan yang baik tentunya akan sedikit merogoh kocek yang tak sedikit, akan tetapis esuai dengan kinerja yang dibutuhkan.

Sesuaikan paket pilihan VPS dengan anggaran yang dimiliki, dengan menggunakan anggaran yang sesuai rencana, maka akan bisa dipastikan investasi dalam memilih paket VPS akan membuahkan hasil di kemudian hari.

Tips Memilih VPS
Tips Memilih VPS

Kesimpulan

Setelah mengetahui berbagai keuntungan, pengertian dan fungsi VPS, tentunya kalian akan sedikit membuka wawasan mengenai Virtual Private Server. Pemilihan VPS yang tepat akan membuat rencana akan berjalan dengan baik dan terarah. Semakin berkembangnya teknologi, maka sebuah website juga harus berbanding lurus dengan performa dan kecepatan.

Penggunaan VPS akan banyak memiliki keuntungan dibandingkan dengan shared hosting pada umumnya, oleh karena itu kalian harus bijak dalam menentukan paket VPS yang tersedia di berbagai layanan hosting di Indonesia.

Semoga artikel mengenai tips dan cara memilih VPS ini bisa berguna bagi kalian maupun rekan dan sahabat. Sampai jumpa di artikel tekno berikutnya 🙂

5/5 - (27 votes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here