Gunung Bagus Paliyan: Sumba Ala Gunungkidul

Wisata di Jogja memang gak ada habisnya, dari mulai pantai, candi, gunung, dan banyak wisata lain yang harus di-explore oleh kalian yang hobi berpetualang. Banyak tempat yang tersembunyi di Jogja yang belum terekspose, bahkan keindahannya belum begitu tersebar sampai ke penjuru nusantara.

Hari libur Imlek kemarin, aku sudah memantapkan niat untuk mengunjungi Gunung Bagus Paliyan, Gunungkidul. Sebuah hutan rakyat perkebunan jagung yang digarap oleh warga sekitar menyerupai sebuah bukit indah di Pulau Sumba. Memang akhir-akhir ini Gunung Bagus Paliyan mendadak viral di media sosial karena keindahan pemandangannya.

Gunung Bagus Paliyan Gunungkidul
Gunung Bagus Paliyan Gunungkidul

Untuk menghapus rasa penasaran, aku mulai mengarungi jalanan yang diterpa hujan di pagi hari. Memang kemarin bertepatan dengan hari Imlek yang identik dengan hujan. Tapi aku tetap semangat untuk pergi ke Bukit Telettubies Gunung Bagus Paliyan. Ya memang karena penasaran yang besar itu sebenarnya. Benar ga sih, sama ga sih yang aku lihat di media sosial dengan kenyataannya, hehehe.

Gunung Bagus Paliyan Bukit Telettubies nan Indah

Keindahan Gunung Bagus tidak kalah dengan keindahan bukit telettubies yang banyak nge-hits di sosial media. Tanaman jagung yang menyerupai hamparan permadani hijau begitu terlihat sangat indah. Pemandangan ini yang bisa membuat otak dan pikiran jadi fresh. Yak, memang salah satu tujuan traveling / piknik adalah menyegarkan pikran otak yang sudah terlalu penuh dengan berbagai macam realita kehidupan sehari-hari.

Gunung Bagus Paliyan adalah area hutan rakyat yang morfologinya terdiri dari bukit-bukit kecil. Semua lahan di area ini sedang ditanami jagung. menurut warga sekitar area ini sebenarnya memang untuk area hutan jati. Nah, untuk mengisi kekosongan karena pohon jati sudah di babat, maka untuk sementar area ini ditanami jagung varietas unggul. Sehingga saat tumbuhan jagung tumbuh besar, area ini terlihat begitu memukai dan instagramable banget. Menyerupai bukit telettubies yang sering nongol di layar kaca.

Ladang Jagung Gunung Bagus
Ladang Jagung Gunung Bagus

Sebelum ditanami jagung area ini adalah sebuah hutan jati. Sehingga beberapa waktu lalu saat ditanami hutan jati, keindahannya belum terlihat seperti sekarang. Akan tetapi bibit-bibit jati sudah mulai terlihat ditanam di sebagian titik area ini. Karena memang diproyeksikan untuk dijadikan hutan jati lagi kedepannya.

Kawasan RPH Gunung Bagus Paliyan

Gunung Bagus Paliyan ini adalah sebuah area hutan rakyat milik Dinas Kehutanan DIY. Area ini terletak di kawasan RPH (Resort Pemangkuan Hutan) Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya tidak jauh dari Balai Desa Giring.

oh iya sebagai wawasan aja nih buat kalian. Apa itu RPH? Resort Pemangkuan Hutan ini adalah program dari pemerintah yang mengelola hutan mulai dari SDM, penanaman, mandor, persemaian dan lainnya. Karena untuk sekarang ini pengelolaan hutan harus benar-benar diawasi untuk memajukan aspek ekonomi, aspek ekologi, dan aspek sosial.

Beberapa bukit karst kecil yang berkumpul di area ini menambah suasana indah jika kita berada di sana. Dan sekarang, kawasan Gunung Bagus Paliyan ini merupakan spot foto yang paling banyak dicari untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Terbukti dengan viral-nya Gunung Bagus beberapa waktu lalu.

Area RPH Giring, Gunungkidul
Area RPH Giring, Gunungkidul

Rute Perjalanan Menuju Gunung Bagus dari Jogja

Jalan menuju Gunung Bagus sangat bagus, sudah beraspal halus. Sehingga baik motor maupun mobil bisa melewati area ini. Letaknya sangat dekat dengan Wisata Pantai Baron, sehingga selain mengunjungi Pantai Baron, kalian bisa mengunjungi Gunung Bagus pada perjalanan pulangnya. Akan tetapi jika ingin mendapatkan suasana sepi dan fresh, sebaiknya memilih waktu pagi hari untuk mengunjungi Gunung Bagus ini.

Gunung Bagus via Satelite

Jika kalian berasal dari Jogja, rute perjalanan menuju Gunung Bagus sangatlah mudah, Rute paling cepat adalah melewati Jl Wonosari – melewati Bukit Bintang Pathuk – Bunderan Siyono Wonosari ambil arah ke kanan(arah selatan) – melewati Jl Kyai Legi – Perempatan lampu merah pancuran kemudian ambil arah ke Jl Ki Ageng Giring – melewati Jl Ki Ageng Giring – smpai di pertigaan Wereng ambil arah kanan menuju Jl Raya Wonosari-Paliyan – kemudian mentok pertigaan menuju jalan Giring Singkil – terus lurus meleati jalan Giring Singkil sejauh 3Km. Area Gunung Bagus Paliyan tepat berada di jalan Giring Singkil yang merupakan sebuah ladang jagung di kawasan RPH Giring.

Untuk transportasi umum belum ada yang mengantarkan sampai Gunung Bagus ini, jadi disarankan membawa kendaraan sendiri baik roda 2 maupun roda 4. Untuk lebih jelasnya, silakan gunakan google maps. karena aku juga sampai di tujuan hanya dengan menggunakan google maps. Berikut lampiran google maps untuk kordinat tepatnya.

Harga tiket masuk Gunung Bagus Paliyan

Area RPH Gunung Bagus ini bukan merupakan sebuah destinasi wisata. Akan tetapi keindahan alamnya bisa dikatakan sebuah tempat wisata. Sehingga di Gunung Bagus ini belum ada tiket masuk untuk masuk ke areanya. Namun, ada retribusi parkir yang dikelola secara baik oleh warga setempat. Untuk kendaraan roda 2 cukup mengeluarkan Rp.2000 sekali parkir. Dan untuk kendaraan roda 4 cukup mengeluarkan Rp.3000 sekali parkir.

Cukup murah kan? karena warga sekitar sudah sangat aktif membantu para pengunjung untuk bisa merasakan kenyamanan saat mengunjungi Gunung Bagus ini.

Fasilitas umum di Gunung Bagus

Karena area ini sangat sederhana, maka fasilitas umum yang ada juga masih belum lengkap. Ya karena memang tempat ini belum menjadi sebuah destinasi wisata resmi. Sudah ada wacana akan dijadikan tempat destinasi wisata oleh Dinas Pariwisata. Dan masih ditinjau untuk dihitung berapa biaya dibutuhkan untuk area baru yang viral di media sosial ini.

Fasilitas umum yang terdapat di Gunung Bagus terdapat lahan parkir dadakan yang dibuat oleh warga, tersedia juga beberapa lapak warung yang menjajakan berbagai makanan ringan dan minuman dari warga setempat. Toilet juga sudah ada meskipun hanya merupakan sebuah gubug kecil yang dibuat oleh warga, dipatok sebesar Rp 2000 untuk menggunakannya. Jadi jangan khawatir repot jika mengunjungi Gunung Bagus ini. Karena warga setempat sudah mengelola sendiri fasilitas yang dibuat di Gunung Bagus ini.

Bakso Bakar Gunung Bagus
Bakso Bakar Gunung Bagus

Identik dengan bukit telettubies dan spot selfie, di Gunung Bagus juga ada spot foto dengan boneka telettubies. Menambah kesan dunia teletubbies yang sesungguhnya. Kalian bisa berfoto bersama boneka teletubbies dengan mengeluarkan uang seikhlasnnya. Hal ini bisa meningkatkan perekonimian masyarakat sekitar Gunung Bagus. Di sisi lain kalian juga bisa mendapatkan memori indah saat mengunjungi tempat ini.

Spot selfie di atas bukit.

Nah, bagi kalian yang mengunjungi Gunung Bagus, tentunya kaliann mencari spot foto yang bisa menghasilkan foto yang instagramable banget kan? Tenang, disini kalian bisa naik ke sebuah bukit. Dari sini kalian bisa melihat hamparan bukit kecil yang hijau dari atas bukit.

Top Selfie Gunung Bagus
Top Selfie Gunung Bagus

Pemandangan yang sangat luar biasa jika kalian berada di atas bukit ini dan pastinya bisa menghasilkan foto yang indah sesuai selera kalian. Untuk naik ke atas bukit, masyarakt juga sudah menyiapkan pagar pembatas sehingga aman bagi semua kalangan, dan jangan merusak tanaman jagung ya, satu hal yang harus diingat, jangan buang sampah sembarangan. Disini sudah disediakan tong sampah di titik tertentu. Mari kita selalu jaga kebersihan dimanapun, tempat yang bagus ini tidak pantas untuk dikotori. Kita sebagai manusia sudah seharusnya menjaga kebersihan.

Gunung Bagus sebuah tujuan wisata baru yang recommended

Bagaimana kawan? setelah melihat review singkatku tentang Gunung Bagus Paliyan Gunungkidul ini, pasti kalian ingin segera mengunjungi area ini kan? Silakan bagi yang hobi fotografi, jalan-jalan, traveling, maupun hanya sekedar melepaskan penat.Gunung Bagus di Jogja ini salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Gunung Bagus Jogja
Gunung Bagus Jogja

Lebih dekat dengan alam akan menjadikan kita mensyukuri apa yang telah diciptakan oleh Tuhan. So, kapan kalian ke Gunung Bagus? Jika ada yang ada ditanyakan silakan ajukan di kolom komentar ya, aku akan jawab sesuai pengetahuanku tentunya,hehehe. Oh iya, itu foto langitnya kok sama semua ya? Wkwkwkwk Sampai jumpa di artikel traveling ku selanjutnya ya. Selamat Traveling!

83 Comments

  1. Aku kembali datang di artikel ini, meninggalkan jejak sekaligus mau bilang … ‘ Howaaa kenapaa aku sebelum ke gunung Bagus ngga lihat ulang artikel iniiiiii … , jadinya aku kesasar arah gegara ngga tau nama gunungnya 🙁 ‘

      1. Inggih, mas …
        (Dah ngga usah lanjut ngomong bahasa Jawa kromo, ntar belepotan lagi jawabnya .. *menasehati diri sendiri* wwwkkk)
        Lokasinya ketje buat fefotoan, photogenic gitu 🙂

        Iya kenapa juga waktu itu ngga kuingat-ingat kalau nama gunungnya gunung Bagus, bukan gunung Paliyan.
        Padahal di foto artikel ini ada tulisan gede nama gunungnya, jadilah aku kesasar ngabisin bensin 🙁

        1. nggih mas hahaha
          aku juga pgn belajar kromo2an hahaa
          YUp gunung bagus ini lokasinya emang instagramable mas. dmn2 viral haha
          tp skg udh mulai panen sepertinya
          Paliyan itu kecamatannya sih
          aku dulu juga gatau klo namanya gunung bagus ehhee

          1. Hahaha ..
            Monggo sedoyonipun belajar bahasa Jawa kromo biar ngga hilang ngga digunain lagi dalam percakapan seharian.

            Yowis ngga apa-apa kesasar arah sejauh itu, itung-itung nambah cuci mata lihat pemandangan area Paliyan 🙂
            *menghibur diri*

            Komentar disini sekalian balas kolom dikolom komentarku yang sudah overload kebanyakan kolom berbalasan komentar bersusun hahaha 😀

            1. aku pengen sekali2 belajar private sama gurunya tentang bahasa kromo mas,, tpi entah kemana belajarnya haha
              kmren sama siapa aja mas ke gunung bagus paliyan itu?
              iya nih kolom komentarku bersusun hahaha
              jadinya bisa panjang bgt kl bales2an mas

  2. Wahh kapan nih bisa main-main ke Gunung Kidul hehee, tempat ini yang pernah hits di sosmed itu ya mas, berarti luas banget itu ya vegetasi jagungnya. Mana kalau mau foto bisa lebih mudah lewat jalan kecil yang sudah tersedia di situ ya mas, khawatirnya mau ambil foto malah nginjek tanaman jagungnya hheee
    TFS loh mas buat sharingnya ^_^

    1. ada jalan setapak mbak , jadinya bisa foto bebas tanpa nginjak2 dan merusak hehe
      pokoknya bersahabat bgt dgn alam hehehe

  3. Yogya emang adem dan suasannya sejuk untuk bersantai.
    Tapi klw wisata kesana harus pake kendaraan pribadi, karna setiap spot jaraknya lumayan jauh.

    Namun gunung bagus paliyan ini kok kayak bukit di film teletubies iya,, Tingky wingky, dipsy, lala dan po..
    #kidszamanold

    Hahahahah`

  4. Eh iya mas gunungnya kayak film kartun di Teletubies,
    Tapi kalau wisata ke yogya harus menggunakan kendaraan pribadi agar lebih hemat, karena setiap jarak antar wisata nya lumayan jauh.
    Tidak cukup hanya ke satu wisata.

    1. yup bener mas, harus pakai kendaraan pribadi, karena blm ada kendaraan umum. paling ada ojek hehee
      ini gunung bagus spot instagramable banget mas

  5. Cantik nian si Gunung Bagus…
    Bukit Teletubbies ternyata isinya kebun Jagung yaa…hihii…aku pikir rumput.
    Kan jadi gak bisa dibuat guling-guling ala Poo (teletubbies yang merah)

    1. jogja itu ada mitos mas, barang siapa foto di tugu golong gilig pasti bakal balik lagi ke jogja hehehe
      tapi gtau bener apa nggak itu 😀

    1. sayangnya kmren cuma kamera HP wkkwkw
      ga ada yg bgituan, eh bukan ga ada, blm punya kali ya,, amin deh suatu saat bisa punya heheh

    1. Iya mas, cuma parkir aja bayarnya
      sama kl mau foto teletubbies bayar seikhlasnya,
      bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar juga sebenarnya hehe

  6. Temenku yang asal gunung kidul sering cerita soal objek-objek wisata di daerahnya yang lumayan banyak. Dan memang betul sekali, cocok seperti yang yang diposting di blog mas aldi ini.

    Banyak lokasi-lokasi yang bagus untuk berfoto selfie dan spot-spot yang bisa diabadikan dalam bentuk karya fotografi.

    Semoga suatu saat nanti bisa berkunjung ke tempat ini.

    1. Iya mas, di Gunungkidul memang kaya akan tempat wisata, bisa dibilang ga ada habisnya hehhee
      SPot baru ini kebanyakan sekarang dibuat oleh warga, jadi warga memang berperan aktif terhadap pariwisata kabupaten Gunungkidul
      ayo mas main ke jogja hehehe

  7. Gunung kidul secantik ini ya sekarang. Jalanannya juga udah beraspal.
    kampung ku di gunung kidul loh mas, tapi udah lamaa buaaaannggeet gak mudik. kalo begini sih jadi pengen mudik aku tuu..

  8. memang bagus ya… kayak savana hijau, tapi ini uniknya bergelombang karena dipenuhi bukit hijau yang menawan.. pagi-pagi, segelas kopi, sambil gitaran nyanyi1, pasti asik sekali.

    1. Syahdu abiss mas hehe
      Ngopi trus duduk d bangku yg ada d atas bukitnya.. menikmati sepoi angin sambil bersenandung lagu lawas.
      Kenikmatan yg hqq hehe

  9. aku kira itu tadi rumput ,ternyata jagung . trus kirain bukit tapi namanya gunung
    kalo pas lagi ijo gini keren yah , pas panen bakal keren juga kayaknya

    1. Instagaramable banget mas, cocoknya kl pagi2 masih seger.. kl udh siangan malah agak panas jdnya ga sesyahdu pagi hari.heehe

    1. Iya mbak dr kemarin d moderasi kok hhee
      Nah iya aq jg smpt diskusi sm mas Himawan.. gmn nnti kl komen oake g+ hehe
      Sprtiny hrs aku ubah ke blogspot redirectny

  10. Sekarang memang sedang musim jagung, Mas. Ditanamnya di awal musim penghujan. Bisa November atau Desember. Suami mulai menanam bulan Desember. Sebelumnya repot harus membersihkan lahan dulu di 3 kebun bagi hasil milik orang lain yang beda tempatnya, selain pekarangan depan rumah.
    Nanti kalau musim panen jagung suasananya pasti akan berubah, pun jika kemarau akan datang maka batang jagungnya mengering jadi kecokelatan.
    Semoga saja kala musim jagung usai tetap ada alternatif lain agar tempat itu tetap beroleh pengunjung. Mungkin nanam bunga matahari atau apalah saja yang tetap bikin panoramanya elok.
    Sayang di tempat saya tak begitu bagus konturnya jadi tak seperti Gunung Bagus Paliyan yang bisa jadi spot foto. Saya juga cuma bisa jepret panorama luar rumah ala kadarnya kayak pagi tadi, berkabut banget usai hujan deras kemarin malam.

    1. Oh kl jagung itu d november desember brrti y mbak. Struktur tanah disini emng beda2 mbak tiap area.. ini merupakan bukit karst.. dan kl g salah area ini pda jaman dahulu merupakan dasar laut yg terangkt karena penumbukan lempengan.. menurut para ahli sih gitu. Karena batu2nya berongga dan salah satu ciri batuan bawah laut itu berongga.
      Bunga matahari bagus bgt kl misal udh berbunga. Seperti ya haris mencoba3 ya pemerintah.. mau ditanam apa selanjutnya biar makin elok hehee
      Kl musim ujan bagus y mbak ada kabut2nya gt. Apalagi kl abs subuh..jawa barat emng top..karna kbnykan dataran tnggi.

      1. Semoga saja pemerintah daerah selalu inovatif. Soal batuan karst, saya baru tahu bahwa mulanya merupakan batuan dasar laut. Indah juga tempatnya.
        Setelah kemarau selalu ada banyak alternatif tanaman lain, insya Allah kian astik jika tempatnya dikelola dengan baik.

        Moderasi untuk menyaring komen sampah, ya. Saya pernah terpaksa hapis komen yang menyertakan tautan. Kalau masih terulang barangkali harus dimoderasi juga.

        1. IYa mbak soalnya ada lempeng tektonik yg membuat dasar laut d gunungkidul terangkat keatas..
          dilihat dari jenis batuannya kebanyakan berpori heheh
          Iya mbak ini moderasi untuk milihin mana yg blum aku bls sebenenrnya hehehhe
          apa tautannya gbs mbak?ini bisa kok tautan ke blognya mbak Rohyati 🙂

    1. Yup bener mas, ini bisa refresh seketika
      Apalagi kl sama keluarga . Pokoknya tmptnya rekomendasi banget gunung bagus ini..
      Makasih kunjungannya mas

  11. Bener-bener kayak taman di Telettubies ya. Saya suka nih tempat-tempat unik seperti ini, pengen deh nabung untuk keliling spot-spot kece seperti ini

  12. Saya pikir cuma Candi saja yang bisa dijadikan objek wisata di Joga, eh ternyata gunung dan perbukitan bisa.. Lalu yang menarik, foto yang saya lihat sedikit sampah yang terlihat (malahan gak ada pun sampahnya) Jadi semakin cocok dijadikan objek wisata

    1. Iya mas karena memamg sudah ada papan nama himbauan untuk tidak buang samlah. Sebagai traveler yg baik semua harus menjaga kebersihan dimanapun kapanpun. Aku suka miris aja kl liat sampah berserakan dmn2, apalagi tmpt wisata

  13. ladang jagung yang terbentang luas di Gunung Bagus Paliyan bisa di berdayakan oleh blogger seperti admin nih….dengan mempromosikan dan menjualnya online lewat blognya….peluang bagus deh kalau saya yang ada disonoh…udah jadi bandar jagung kayanya mah

    1. Wah ayo mas mampir ke jogja, hehe
      Iya mas ini ladang jagung sebenarnya area milik perhutani. Karena disini merupakan kawasan hutan rakyat.
      Sebenarnya ini adalah hutan jati. Tp karena jati baru saja dipanen utk mengisi kekosongan ditanamilah jagung

  14. Ohh .. bukit ini tuh berupa ladang jagung …
    Kebetulan sekali ya lahannya menempati perbukitan unik bentuknya.
    Memang ketje buat lokasi foto-foto.

    Struktur lahan di Yogya banyak yang unik, ya …
    Sebetulnya di daerah lain juga ada, tapi karena pemanfaatnya yang tepat jadi kelihatan menarik.

    Aku jadi teringat lokasi kebun tebu Kulon Progo.
    Ketje banget saat kembang tebu bermekaran serempak.

    1. Iya mas jadi sebelum jagung ini jati..
      Tapi karena jati sudah dipanen november 2018 kmren,setelahnya ditanam jagung dl.. tp disana udah ada bibit jati yg udah ditanam jg. Tp masih kecil.
      Kebun tebu d kulon progo dmn tuh mas? Apa dekat pabrik gula kah?

      1. Kalo diperhatikan dulunya lahan ini lahan hutan jati…, sepertinya aku pernah melewati gunung ini saat ke deretan pantai Baron, mas.
        Cuma saat itu masih berupa pepohonan jati , jadi belum terlihat bentuk bukitnya.

        Di GunKid memang struktur perbukitannya dan pantai2nya juaraaaak yaa …
        Cuma rute jalannya itu yang perlu hati2 dilaluinya.
        Aku pernah loh tersesat salah rute sampai tengah malam hahahaa …, untungnya saat itu berdua sama sodaraku 😀

        Kebun tebu di Kulonprogo ngga ada pabrik gulanya didekat sana, mas.
        Hasil panenya disetor ke pabrik gula Madukismo.
        Keren banget lansekapnya …, di blogku ada kok postnya 🙂

        1. Betul mas dulunya itu ini hutan jati. Dan sampe skg pun kedepannya akan menjadi hutan jati krn sudah trtanam bibit jati yg masih kecil.
          D gunkid akg jalannya udh bagus mas, beraspal semua dan pastinya sdh masuk google maps jd jgn khawatir tersesat hehe
          Oalah pg madukismo itu dkt rumahku mas, d bantul.. disana masih ada lori yg beroperasi..sekali2 pgn kesana ah

    1. Iya mas, instagramable bgt hehe
      Ajak teman dan sanak saudara buat menikmati keindahan alam d jogja ini hehe
      Makasih kunjungannya mas Adi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *