Wisata di Jogja memang gak ada habisnya, dari mulai pantai, candi, gunung, dan banyak wisata lain yang harus di-explore oleh kalian yang hobi berpetualang. Banyak tempat yang tersembunyi di Jogja yang belum terekspose, bahkan keindahannya belum begitu tersebar sampai ke penjuru nusantara.

Hari libur Imlek kemarin, aku sudah memantapkan niat untuk mengunjungi Gunung Bagus Paliyan, Gunungkidul. Sebuah hutan rakyat perkebunan jagung yang digarap oleh warga sekitar menyerupai sebuah bukit indah di Pulau Sumba. Memang akhir-akhir ini Gunung Bagus Paliyan mendadak viral di media sosial karena keindahan pemandangannya.

Gunung Bagus Paliyan Gunungkidul
Gunung Bagus Paliyan Gunungkidul

Untuk menghapus rasa penasaran, aku mulai mengarungi jalanan yang diterpa hujan di pagi hari. Memang kemarin bertepatan dengan hari Imlek yang identik dengan hujan. Tapi aku tetap semangat untuk pergi ke Bukit Telettubies Gunung Bagus Paliyan. Ya memang karena penasaran yang besar itu sebenarnya. Benar ga sih, sama ga sih yang aku lihat di media sosial dengan kenyataannya, hehehe.

Gunung Bagus Paliyan Bukit Telettubies nan Indah

Keindahan Gunung Bagus tidak kalah dengan keindahan bukit telettubies yang banyak nge-hits di sosial media. Tanaman jagung yang menyerupai hamparan permadani hijau begitu terlihat sangat indah. Pemandangan ini yang bisa membuat otak dan pikiran jadi fresh. Yak, memang salah satu tujuan traveling / piknik adalah menyegarkan pikran otak yang sudah terlalu penuh dengan berbagai macam realita kehidupan sehari-hari.

Gunung Bagus Paliyan adalah area hutan rakyat yang morfologinya terdiri dari bukit-bukit kecil. Semua lahan di area ini sedang ditanami jagung. menurut warga sekitar area ini sebenarnya memang untuk area hutan jati. Nah, untuk mengisi kekosongan karena pohon jati sudah di babat, maka untuk sementar area ini ditanami jagung varietas unggul. Sehingga saat tumbuhan jagung tumbuh besar, area ini terlihat begitu memukai dan instagramable banget. Menyerupai bukit telettubies yang sering nongol di layar kaca.

Ladang Jagung Gunung Bagus
Ladang Jagung Gunung Bagus

Sebelum ditanami jagung area ini adalah sebuah hutan jati. Sehingga beberapa waktu lalu saat ditanami hutan jati, keindahannya belum terlihat seperti sekarang. Akan tetapi bibit-bibit jati sudah mulai terlihat ditanam di sebagian titik area ini. Karena memang diproyeksikan untuk dijadikan hutan jati lagi kedepannya.

Kawasan RPH Gunung Bagus Paliyan

Gunung Bagus Paliyan ini adalah sebuah area hutan rakyat milik Dinas Kehutanan DIY. Area ini terletak di kawasan RPH (Resort Pemangkuan Hutan) Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya tidak jauh dari Balai Desa Giring.

oh iya sebagai wawasan aja nih buat kalian. Apa itu RPH? Resort Pemangkuan Hutan ini adalah program dari pemerintah yang mengelola hutan mulai dari SDM, penanaman, mandor, persemaian dan lainnya. Karena untuk sekarang ini pengelolaan hutan harus benar-benar diawasi untuk memajukan aspek ekonomi, aspek ekologi, dan aspek sosial.

Beberapa bukit karst kecil yang berkumpul di area ini menambah suasana indah jika kita berada di sana. Dan sekarang, kawasan Gunung Bagus Paliyan ini merupakan spot foto yang paling banyak dicari untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Terbukti dengan viral-nya Gunung Bagus beberapa waktu lalu.

Area RPH Giring, Gunungkidul
Area RPH Giring, Gunungkidul

Rute Perjalanan Menuju Gunung Bagus dari Jogja

Jalan menuju Gunung Bagus sangat bagus, sudah beraspal halus. Sehingga baik motor maupun mobil bisa melewati area ini. Letaknya sangat dekat dengan Wisata Pantai Baron, sehingga selain mengunjungi Pantai Baron, kalian bisa mengunjungi Gunung Bagus pada perjalanan pulangnya. Akan tetapi jika ingin mendapatkan suasana sepi dan fresh, sebaiknya memilih waktu pagi hari untuk mengunjungi Gunung Bagus ini.

Gunung Bagus via Satelite

Jika kalian berasal dari Jogja, rute perjalanan menuju Gunung Bagus sangatlah mudah, Rute paling cepat adalah melewati Jl Wonosari – melewati Bukit Bintang Pathuk – Bunderan Siyono Wonosari ambil arah ke kanan(arah selatan) – melewati Jl Kyai Legi – Perempatan lampu merah pancuran kemudian ambil arah ke Jl Ki Ageng Giring – melewati Jl Ki Ageng Giring – smpai di pertigaan Wereng ambil arah kanan menuju Jl Raya Wonosari-Paliyan – kemudian mentok pertigaan menuju jalan Giring Singkil – terus lurus meleati jalan Giring Singkil sejauh 3Km. Area Gunung Bagus Paliyan tepat berada di jalan Giring Singkil yang merupakan sebuah ladang jagung di kawasan RPH Giring.

Untuk transportasi umum belum ada yang mengantarkan sampai Gunung Bagus ini, jadi disarankan membawa kendaraan sendiri baik roda 2 maupun roda 4. Untuk lebih jelasnya, silakan gunakan google maps. karena aku juga sampai di tujuan hanya dengan menggunakan google maps. Berikut lampiran google maps untuk kordinat tepatnya.

Harga tiket masuk Gunung Bagus Paliyan

Area RPH Gunung Bagus ini bukan merupakan sebuah destinasi wisata. Akan tetapi keindahan alamnya bisa dikatakan sebuah tempat wisata. Sehingga di Gunung Bagus ini belum ada tiket masuk untuk masuk ke areanya. Namun, ada retribusi parkir yang dikelola secara baik oleh warga setempat. Untuk kendaraan roda 2 cukup mengeluarkan Rp.2000 sekali parkir. Dan untuk kendaraan roda 4 cukup mengeluarkan Rp.3000 sekali parkir.

Cukup murah kan? karena warga sekitar sudah sangat aktif membantu para pengunjung untuk bisa merasakan kenyamanan saat mengunjungi Gunung Bagus ini.

Fasilitas umum di Gunung Bagus

Karena area ini sangat sederhana, maka fasilitas umum yang ada juga masih belum lengkap. Ya karena memang tempat ini belum menjadi sebuah destinasi wisata resmi. Sudah ada wacana akan dijadikan tempat destinasi wisata oleh Dinas Pariwisata. Dan masih ditinjau untuk dihitung berapa biaya dibutuhkan untuk area baru yang viral di media sosial ini.

Fasilitas umum yang terdapat di Gunung Bagus terdapat lahan parkir dadakan yang dibuat oleh warga, tersedia juga beberapa lapak warung yang menjajakan berbagai makanan ringan dan minuman dari warga setempat. Toilet juga sudah ada meskipun hanya merupakan sebuah gubug kecil yang dibuat oleh warga, dipatok sebesar Rp 2000 untuk menggunakannya. Jadi jangan khawatir repot jika mengunjungi Gunung Bagus ini. Karena warga setempat sudah mengelola sendiri fasilitas yang dibuat di Gunung Bagus ini.

Bakso Bakar Gunung Bagus
Bakso Bakar Gunung Bagus

Identik dengan bukit telettubies dan spot selfie, di Gunung Bagus juga ada spot foto dengan boneka telettubies. Menambah kesan dunia teletubbies yang sesungguhnya. Kalian bisa berfoto bersama boneka teletubbies dengan mengeluarkan uang seikhlasnnya. Hal ini bisa meningkatkan perekonimian masyarakat sekitar Gunung Bagus. Di sisi lain kalian juga bisa mendapatkan memori indah saat mengunjungi tempat ini.

Spot selfie di atas bukit.

Nah, bagi kalian yang mengunjungi Gunung Bagus, tentunya kaliann mencari spot foto yang bisa menghasilkan foto yang instagramable banget kan? Tenang, disini kalian bisa naik ke sebuah bukit. Dari sini kalian bisa melihat hamparan bukit kecil yang hijau dari atas bukit.

Top Selfie Gunung Bagus
Top Selfie Gunung Bagus

Pemandangan yang sangat luar biasa jika kalian berada di atas bukit ini dan pastinya bisa menghasilkan foto yang indah sesuai selera kalian. Untuk naik ke atas bukit, masyarakt juga sudah menyiapkan pagar pembatas sehingga aman bagi semua kalangan, dan jangan merusak tanaman jagung ya, satu hal yang harus diingat, jangan buang sampah sembarangan. Disini sudah disediakan tong sampah di titik tertentu. Mari kita selalu jaga kebersihan dimanapun, tempat yang bagus ini tidak pantas untuk dikotori. Kita sebagai manusia sudah seharusnya menjaga kebersihan.

Gunung Bagus sebuah tujuan wisata baru yang recommended

Bagaimana kawan? setelah melihat review singkatku tentang Gunung Bagus Paliyan Gunungkidul ini, pasti kalian ingin segera mengunjungi area ini kan? Silakan bagi yang hobi fotografi, jalan-jalan, traveling, maupun hanya sekedar melepaskan penat.Gunung Bagus di Jogja ini salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Gunung Bagus Jogja
Gunung Bagus Jogja

Lebih dekat dengan alam akan menjadikan kita mensyukuri apa yang telah diciptakan oleh Tuhan. So, kapan kalian ke Gunung Bagus? Jika ada yang ada ditanyakan silakan ajukan di kolom komentar ya, aku akan jawab sesuai pengetahuanku tentunya,hehehe. Oh iya, itu foto langitnya kok sama semua ya? Wkwkwkwk Sampai jumpa di artikel traveling ku selanjutnya ya. Selamat Traveling!