Kegunaan Akuntansi Bagi Dunia Bisnis

0
348

Kegunaan akuntansi bagi dunia bisnis wajib kita pahami, karena dalam menjalankan usaha kita harus memperhatikan stabilitas pengeluaran dan pemasukan uang secara seimbang. Dengan menggunakan ilmu akuntansi maka arus keuangan akan termonitor dengan baik dan sesuai dengan rencana bisnis yang akan dijalani. Ilmu akuntansi memang membutuhkan keahlian khusus, saat ini universitas dengan jurusan bidang akuntansi sudah sangat banyak seperti contohnya PPM School.

Kesuksesan sebuah usaha akan berbanding lurus dengan sistem pencatatan keuangan yang baik, dalam hal ini ilmu akuntansi memang sangat dibutuhkan dalam keberlangsungan bisnis atau usaha yang baru dirintis maupun yang sudah berjalan. Karena dalam proses managerial dan mengambil keputusan harus berdasarkan keadaan keuangan perusahaan yang salah satunya dimonitor melalui ilmu akuntansi.

Selain untuk memantau analisis keuangan harian, bulanan, bahkan tahunan. Akuntansi dalam bisnis juga diperlukan untuk merencanakan budget bulanan yang dipergunakan untuk operasional maupun untuk pembelian bahan kepada supplier. Adapun beberapa manfaat dan kegunaan akuntansi di dunia bisnis yang bisa kita rasakan.

Kegunaan akuntansi bagi dunia bisnis
Kegunaan akuntansi bagi dunia bisnis

Apa Itu Akuntansi Bisnis

Bagi Anda yang memiliki sebuah usaha dan menjalankan bisnis, pasti sangat familiar dengan bidang ilmu akuntansi bisnis. Jurusan dalam perkuliahan akuntansi memang terbagi menjadi dua, yaitu akuntansi bisnis dan akuntansi. Lalu apa itu akuntansi bisnis? Secara wawasan, akuntansi bisnis memiliki cakupan ilmu yang lebih luas daripada akuntansi biasa. Karena dalam akuntansi bisnis tidak hanya mempelajari arus keuangan, pelaporan keuangan dan lain sebagainya.

Kuliah jurusan akuntansi bisnis banyak mempelajari lebih luas dalam dunia bisnis. Seperti contohnya adalah kegiatan soft opening dan grand opening bisnis, Komunikasi dengan klien dan investor, memahami karakter calon konsumen dan lain sebagainya. Di era teknologi yang semakin canggih ini, ilmu akuntansi bisnis lebih dikaitkan dengan digital marketing karena sangat berhubungan satu sama lain.

Semakin mendekati industri 4.0 kegiatan bisnis tak hanya berfokus pada arus kas harian dan pelaporan keuangan. Saat ini profesi akuntan lebih harus memiliki kemampuan yang komplek yang mendukung sistem maupun teknologi yang dipakai dalam bisnis itu sendiri. Karena diprediksi profesi akuntan bakal tergerus oleh kecanggihan sistem dan startup yang sudah ada. Oleh karena itu, saat ini kuliah jurusan akuntansi bisnis akan lebih mempelajari bidang ilmu yang universal dan mendukung teknologi.

Kegunaan Akuntansi Bagi Dunia Bisnis

Setelah mengetahui apa itu akuntansi bisnis, saatnya Anda mengetahui kegunaan apa saja yang bisa didapatkan dalam bidang ilmu akuntansi bisnis. Memang akuntansi bisnis ini lebih universal daripada ilmu akuntansi biasa. Berikut ini adalah beberapa kegunaan dan manfaat akuntansi dalam dunia bisnis. Di antaranya adalah:

Sebagai Pengontrol Arus Keuangan Perusahaan

Dalam sebuah bisnis, cash flow atau biasa disebut dengan arus kas harus dimonitoring secara berkala bahkan harus setiap hari. Hal ini bisa didukung dengan adanya laporan keuangan pengeluaran maupun pemasukan sebagai perhitungan omset. Dalam sebuah bisnis, hal ini sangat penting dan sangat vital untuk keberlangsungan bisnis yang dijalani.

Keuangan dalam bisnis harus dikontrol dan dikendalikan dengan baik agar tidak terjadi defisit dalam laporan bulanan. Dengan menggunakan akuntansi bisnis, semua perencanaan keuangan dapat diaplikasikan dalam operasional sehari-hari seusai dengan budget yang telah dianggarkan sebelumnya.

Sebagai Acuan Evaluasi Perusahaan

Evaluasi sebuah perusahaan sangat dibutuhkan untuk menentukan langkah yang tepat dalam mempromosikan dan mengembangkan bisnis di era teknologi yang semakin berkembang ini. Acuan periode arus kas sebelumnya akan menentukan strategi bisnis yang akan dilakukan.

Dengan menggunakan akuntansi dalam bisnis, maka perusahaan yang dijalani akan menjadikan laporan keuangan periode sebelumnya sebagai titik langkah awal untuk menentukan langkah bisnis selanjutnya.

Sebagai Dasar Acuan Keputusan Managerial

Perusahaan yang sudah berkembang akan menentukan berbagai keputusan managerial dengan melihat laporan kas harian, mingguan, maupun bulanan. Hal ini akan sangat efektif dilakukan karena akan menyesuaikan keputusan berdasarkan keadaan uang perusahaan yang dapat dimonitor dengan proses akuntansi dalam bisnis.

Dalam posisi manager, Anda diharuskan untuk membuat keputusan yang bijak dan tepat dalam strategi perusahan yang direncanakan. Dengan mengetahui keadaan perusahaan, maka manager perusahaan bisa dengan bijak menentukkan keputusan demi kebaikan perusahaan ke depannya.

Sebagai Bahan Informasi untuk Pihak Eksternal

Perusahaan yang berkembang memungkinkan untuk investor dalam menginvestasikan dananya dalam perusahaan atau bisnis yang Anda jalani. Salah satu yang paling sering ditanyakan adalah laporan keuangan dan keadaan uang perusahaan dalam dua kuartal terakhir.

Perusahaan yang sehat dan stabil pasti selalu memperhatikan arah arus uang yang masuk dan keluar, dengan begitu para investor akan percaya untuk menanamkan modal kepada bisnis yang Anda jalani. Bisa dibayangkan jika perusahaan Anda tidak menjalankan akuntansi bisnis untuk evaluasi laporan keuangan. Investor pasti enggan untuk menanamkan modal di perusahaan yang Anda miliki.

Sebagai Acuan Pengalokasian Sumber Daya

Sumber daya dalam perusahaan seperti modal dan investasi dana dari para investor harus jelas dalam hal pembagian laba dan keuntungan. Untuk menghitung laba dan rugi, pastinya dibutuhkan ilmu akuntansi bisnis yang mumpuni. Inilah salah satu kegunaan akuntansi bagi dunia bisnis yang bisa didapatkan.

Anda secara langsung akan mengetahui berapa untung dan rugi yang diketahui dalam periode tertentu. Dengan mengetahui informasi sumber daya ini maka kedepannya Anda bisa menentukan untuk membeli mesin atau merekrut karyawan demi efektivitas perusahaan yang berjalan.

Kesimpulan

Di dalam dunia bisnis, keguanaan akuntansi memang sangat diperlukan dalam beberapa hal vital dalam perusahaan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa akuntansi dalam bisnis memang sangat penting untuk perusahaan agar terus bertahan. Perusahaan yang stabil dalam operasionalnya maupun dalam arus kas keuangan maka bisa dipastikan perusahaan tersebut akan bertahan.

Bagi Anda yang ingin mengaplikasikan akuntansi dalam bisnis yang dijalani, maka sebaiknya untuk mempelajari beberapa ilmu dalam akuntansi. Salah satunya dengan kuliah akuntansi bisnis di PPM School Of Management. Saat ini PPM Schol Of Management mengadakan perkuliahan dengan jurusan akuntansi bisnis yang bisa membuka wawasan dan ilmu tentang dunia akuntansi khususnya dan di dunia bisnis pada umumnya.

Yuk segera cari informasi mengenai kuliah akuntansi yang bisa berguna bagi bisnis online maupun offline yang akan Anda jalani kedepannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

5/5 - (2 votes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here